RPP k13 kelas 6 Revisi 2018 tema 2, 3 , 4 , 5 Semester Ganjil
Alhamdulillah masih bisa berbagi informasi pendidikan melalui blog ini, salah satunya tentang perangkat pembelajaran kelas 6 revisi 2018 yang banyak dicari oleh guru-guru SD yang mengajar di sekolah pelaksana kurikulum 2013.
Sebenarnya rpp k13 kelas 6 revisi 2018 yang admin share kali ini adalah melanjutnya postingan sebelumnya yakni tema 1. Nah untuk lebih jelasnya dibawah ini adalah contoh rpp k13 tema 2 subtema 1 pembelajaran 1 kelas 6 revisi 2018.
Semoga bisa menjadi referensi bagi guru Indonesia khususnya Guru SD guna melengkapi perangkat pembelajaran kelas 6 tahun 2018/2019 mendatang.
Bagi bapak dan ibu yang membutuhkan file lengkap RPP k13 kelas 6 Revisi 2018 tema 2, 3 , 4, 5 Semester Ganjil silahkan hubungi FB saya di alamat ini "https://web.facebook.com/perangkatguru". atau wa ke 085273216532
- RPP K13 SEMESTER GANJIL KELAS 6 TEMA 2 SUBTEMA 1-4 PEMBELAJARAN 1-6 DOC - SIMPAN RPP
- RPP K13 SEMESTER GANJIL KELAS 6 TEMA 3 SUBTEMA 1-4 PEMBELAJARAN 1-6 - SIMPAN RPP
- RPP K13 SEMESTER GANJIL KELAS 6 TEMA 4 SUBTEMA 1-4 PEMBELAJARAN 1-6 - SIMPAN RPP
- RPP K13 SEMESTER GANJIL KELAS 6 TEMA 5 SUBTEMA 1-4 PEMBELAJARAN 1-6 - SIMPAN RPP
NO | KOMPETENSI DASAR (KD) | INDIKATOR |
1 | 3.4 Menggali informasi penting dari buku sejarah menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana. | 3.4.1 Menyebutkan informasi penting menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana pada peta pikiran. |
2 | 4.4 Memaparkan informasi penting dari buku sejarah secara lisan, tulis, dan visual dengan menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana serta memperhatikan penggunaan kosakata baku dan kalimat efektif. | 4.4.1 Mengembangkan informasi pada peta pikiran melalui tulisan dengan detail. |
NO | KOMPETENSI DASAR (KD) | INDIKATOR |
1 | 3.3 Mengalisis cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan. | 3.3.1 Menyebutkan ciri-ciri tumbuhan terkait habitatnya. |
2 | 4.3 Menyajikan karya tentang cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungannya, sebagai hasil penelusuran berbagai sumber. | 4.3.1 Menulis laporan hasil pengamatan terhadap ciri-ciri satu jenis tumbuhan terkait habitatnya. |
NO | KOMPETENSI DASAR (KD) | INDIKATOR |
1 | 3.4 Memahami makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera. | 3.4.1 Menyebutkan makna Proklamasi Kemerdekaan. |
2 | 4.4 Menyajikan laporan tentang makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera. | 4.4.1 Melaporkan dan mempresentasikan makna Proklamasi Kemerdekaan dalam kehidupan sehari-har. |
v Karakter siswa yang diharapkan : | Religius Nasionalis Mandiri Gotong Royong Integritas |
Kegiatan | Deskripsi Kegiatan | Alokasi Waktu |
Pendahuluan | ¡ Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius ¡ Menyanyikan lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Tanah Airku”. Nasionalis ¡ Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran. ¡ Pembiasaan Membaca 15 menit. Literasi ¡ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Persatuan dalam Perbedaan”. ¡ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan. Communication | 10 menit |
Inti | § Guru membawa bendera Merah Putih ke dalam kelas. § Guru mengajukan pertanyaan: § ‘Kapan bendera Merah Putih dikibarkan?’ § ‘Apa makna bendera Merah Putih bagi Indonesia?’ § Siswa diminta untuk mengamati gambar tulisan asli dari teks proklamasi selama satu menit. § Kemudian, setiap siswa menjawab pertanyaan dan menukarkannya dengan teman di sebelahnya dan mendiskusikan jawabannya. § Guru membimbing diskusi, berjalan berkeliling dari kelompok satu ke kelompok lain untuk memastikan bahwa setiap anggota berpartisipasi secara aktif. § Guru mengajak satu atau dua siswa untuk menyampaikan hasil diskusinya. Kemudian, memberi penguatan kepada seluruh siswa mengenai jawaban yang diharapkan. Guru dapat memberi kesempatan kepada seluruh siswa untuk memberikan komentar dari jawaban yang ada. Guru tidak menjawab langsung, namun memberi kesempatan kepada siswa lain untuk mencoba menjawab pertanyaan yang diajukan oleh temannya. Guru dapat menguatkan jawaban-jawaban yang ada. § Siswa kemudian membaca teks tentang Proklamasi Kemerdekaan dan mengisi peta pikiran. § Bersama temannya, siswa mendiskusikan peta pikiran masing-masing. Guru berkeliling untuk memastikan semua siswa aktif. § Guru melakukan penilaian terhadap satu kelompok saat mereka berdiskusi. Saat menilai, guru menggunakan rubrik. Siswa yang belum dinilai pada kesempatan ini dapat dinilai saat mereka melakukan diskusi di kesempatan lain. § Guru meminta satu atau dua siswa untuk menyampaikan hasil diskusinya. § Siswa mengembangkan informasi pada peta pikiran dalam bentuk tulisan. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk mempresentasikannya di kelompok masing-masing. § Produk dinilai dengan daftar periksa dan disosialisasikan kepada siswa. § Siswa melanjutkan kegiatan dengan membaca ulang teks tentang Proklamasi Kemerdekaan dan menuliskan maknanya bagi bangsa Indonesia. § Guru membimbing diskusi secara klasikal dan memberikan penguatan. 1. Sebagai Puncak Perjuangan Indonesia Bangsa Indonesia telah dijajah selama bertahun-tahun oleh negara-negara Eropa sampai Jepang. Penduduk dengan latar belakang yang berbeda bersatu untuk melawan penjajah. Proklamasi Kemerdekaan merupakan hasil dari perjuangan para pahlawan. 2. Pengakuan Kepada Dunia Luar Dengan membacakan teks proklamasi, Indonesia mengumumkan kepada dunia luar bahwa Indonesia adalah negara yang merdeka. Pengakuan ini (de facto) diikuti oleh pengakuan dari negara lain (de jure). 3. Menaikkan Martabat Bangsa Pembacaan teks proklamasi memberikan pesan kepada negara lain bahwa Indonesia adalah negara yang bebas dari penjajahan, negara yang memiliki martabat, dan negara yang mandiri. 4. Perjuangan sebagai Negara Baru Indonesia adalah negara yang dibangun oleh rakyat dan untuk rakyat. Negara Indonesia adalah negara mandiri yang tidak tergantung kepada negara lain. 5. Tonggak Sejarah Negara Indonesia Pembacaan teks proklamasi merupakan awal dari masa kemerdekaan Indonesia yang terbebas dari belenggu penjajahan. § Siswa menuliskan paling sedikit tiga makna Proklamasi Kemerdekaan dalam kehidupan sehari-hari mereka. § Guru mengajak siswa untuk mendiskusikannya dan memberikan saran apabila dibutuhkan. § Produk dinilai dengan menggunakan daftar periksa dan disosialisasikan kepada siswa. § Setiap siswa membaca teks tentang Bunga Teratai. § Siswa secara berkelompok akan berpetualang di lingkungan sekolah. § Guru telah menyiapkan beberapa pos. Pada setiap pos sudah tersedia berbagai jenis tumbuhan atau gambar tumbuhan beserta informasi tentang cara tumbuhan tersebut beradaptasi. § Tugas setiap kelompok adalah mengumpulkan informasi sebanyak mungkin, mencatatnya, dan mendiskusikannya dalam kelompok. § Guru meminta siswa memilih satu jenis tanaman dan membuat catatan tentang ciri tanaman tersebut serta bagaimana tanaman tersebut beradaptasi. § Siswa kemudian menulis laporan berdasarkan informasi pada peta pikiran. § Siswa mempresentasikan hasil temuan mereka di depan kelas. § Tugas dinilai dengan daftar periksa dan disosialisasikan kepada siswa. § Siswa melakukan refleksi dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam Buku Siswa. § Guru dapat menambahkan pertanyaan refleksi berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran di Buku Guru. | 35 Menit X 30 JP |
Penutup | ¡ Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas ¡ Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi) ¡ Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti. ¡ Melakukan penilaian hasil belajar ¡ Menyanyikan lagu daerah “Ampar-Ampar Pisang” ¡ Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius | 15 menit |
Mengetahui Kepala Sekolah ____________________________ NIP. _________________________ | …………, ………….2018 Guru Kelas VI ____________________________ NIP. _________________________ |
No | Nama | Perubanan tingkah laku | |||||||||||
Santun | Peduli | Tanggung Jawab | |||||||||||
K | C | B | SB | K | C | B | SB | K | C | B | SB | ||
1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | ||
1 | ................... | | | | | | | | | | | | |
2 | ................... | | | | | | | | | | | | |
3 | …………….. | | | | | | | | | | | | |
4 | …………….. | | | | | | | | | | | | |
5 | …………….. | | | | | | | | | | | | |
Dst | …………….. | | | | | | | | | | | | |
- Bahasa Indonesia
- IPS
- IPA
- Catatan pengamatan sikap (Peduli)
file rpp k13 kelas 6 tema 2,3,4,5 revisi 2018 telah tersedia, pantau terus blog ini untuk mengikuti update terbaru file perangkat pembelajaran dari kami
Sumber https://www.guru-id.com/
Belum ada Komentar untuk "RPP k13 kelas 6 Revisi 2018 tema 2, 3 , 4 , 5 Semester Ganjil"
Posting Komentar