Format rpp k13 kelas 3 tema 2 Revisi 2018 Menyayangi Tumbuhan dan Hewan
Update Juni 2018 - RPP k13 tema 2 revisi 2018 kelas 3. Assalamualaikum sahabat guru yang kami kagumi. Tak terasa Semester genap tahun pelajaran 2017/2018 akan segera berakhir dan akan disusul dengan pelajaran baru pada bulan juli nanti semester ganjil tahun 2018/2019.
Salah satu tugas guru di tahun pelajaran baru adalah mempersiapkan perangkat pembelajaran semester ganjil. Salah satu dokumen yang cukup penting dalam pendukung kegiatan belajar dan mengajar di kelas adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).
Dan pada posting kali ini akan admin bagikan contoh rpp k13 kelas 3 tema 2 semster ganjil yang telah revisi berdasarkan buku tematik kelas 3 yang dikeluarkan kemdikbud tahun 2018.
Bagi bapak dan ibu yang membutuhkan file lengkap rpp kelas 3 semester ganjil tema 2 DOC silahkan hubungi saya di alamat ini "https://web.facebook.com/perangkatguru". atau wa ke 085273216532
Dibawah ini merupakan contoh rpp k13 kelas 3 revisi 2018 tema 2 subtema 1 pembelajaran 1 Manfaat Tumbuhan bagi Kehidupan Manusia. Semoga bermanfaat.
NO | KOMPETENSI DASAR (KD) | INDIKATOR |
1 | 3.8 Menguraikan pesan dalam dongeng yang disajikan secara lisan, tulis, dan visual dengan tujuan untukkesenangan | 3.8.1 Membaca dongeng dengan lafal, intonasi, dan ekspresi. |
2 | 4.8 Memeragakan pesan dalam dongeng sebagai bentuk ungkapan diri menggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif | 4.8.1 Mengidentifikasi informasi isi dongeng yang didengar. |
NO | KOMPETENSI DASAR (KD) | INDIKATOR |
1 | 3.2 Mengetahui bentuk dan variasi pola irama dalam lagu | 3.2.1 mengidentifikasi bentuk pola irama sederhana dengan bernyanyi. |
2 | 4.2 Menampilkan bentuk dan variasi irama melalui lagu | 4.2.1 memeragakan pola irama sederhana pada lagu ”Cemara”. |
NO | KOMPETENSI DASAR (KD) | INDIKATOR |
1 | 3.1 Menjelaskan sifat- sifat operasi hitung pada bilangan cacah | 3.1.1 Menemukan sifat pertukaran pada penjumlahan. |
2 | 4.1 Menyelesaikan masalah yang melibatkan penggunaan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah | 4.1.1 menggunakan sifat pertukaran pada penjumlahan untuk menyelesaikan masalah. |
v Karakter siswa yang diharapkan : | Religius Nasionalis Mandiri Gotong Royong Integritas |
Kegiatan | Deskripsi Kegiatan | Alokasi Waktu |
Pendahuluan | ¡ Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius ¡ Menyanyikan lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Tanah Airku”. Nasionalis ¡ Guru menginformasikan kegiatan yang akan dilakukan pada hari itu. ¡ Pembiasaan Membaca 15 menit. Literasi ¡ Guru melakukan ice breaking melalui kegiatan bernyanyi atau bermain tebak-tebakan atau kegiatan lain. Creativity and Innovation ¡ Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan. Communication ¡ Guru melakukan apersepsi, siswa diingatkan kembali tentang hal-hal yang perlu diperhatikan ketika membaca teks dengan suara lantang. ¡ Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membaca teks: a. Lafal - Mengucapkan kata dengan tepat - Menggunakan frasa yang tepat (bukan kata demi kata) b. Intonasi suara Kalimat yang diakhiri dengan tanda titik intonasi suaranya datar. Kalimat yang diakhiri tanda tanya intonasi suaranya menurun. Kalimat yang diakhiri tanda seru intonasi suaranya agak naik. c. Ekspresi Siswa membaca dengan penuh perasaan. d. Tanda baca - Jika saat membaca bertemu tanda koma (,) maka pembaca berhenti membaca sebentar, lalu dilanjutkan kembali. - Jika saat membaca bertemu tanda titik (.) maka pembaca berhenti membaca kemudian pembaca mulai membaca kalimat berikutnya. § Suara lantang dan dapat didengar oleh orang lain dengan jelas. | 10 menit |
Inti | § Siswa membaca teks dongeng secara bergantian dengan suara lantang. Setiap siswa membaca satu paragraf. Pada kegiatan ini guru melakukan penilaian. Mandiri § Siswa dan guru mendiskusikan kata-kata yang belum dipahami siswa. Communication § Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan isi dongeng yang telah dibacanya. § Siswa menyimak penjelasan guru tentang sifat pertukaran pada penjumlahan. § Guru membawa 2 buah kotak ke dalam kelas. Kotak pertama berisi 35 helai daun kering. Kotak kedua berisi 15 helai daun kering. Guru dan siswa menghitung bersama banyaknya daun kering di kotak pertama dan kedua. Salah satu siswa menjadi sukarelawan untuk menuliskan penjumlahan berdasarkan banyaknya daun kering di kedua kotak. 35 + 15 = 50 Creativity and Innovation § Guru mengubah letak kotak pertama dengan kotak kedua. Salah satu siswa menjadi sukarelawan menuliskan penjumlahan berdasarkan pertukaran tempat kedua kotak. Guru mengoreksi penjumlahan yang telah ditulis siswa. 15 + 35 = 50 Jadi, 35 + 15 = 15 + 35 § Guru memberikan contoh lagi dengan penjumlahan lain: 120 + 930 = 1050 930 + 120 = 1050 Jadi, 120 + 930 = 930 + 120 § Guru memberikan kesempatan kepada siswa jika ada hal yang ingin ditanyakan. § Guru menjawab pertanyaan-pertanyaan siswa. § Siswa mengerjakan latihan soal-soal dengan memperhatikan sifat pertukaran pada penjumlahan. Guru menilai hasil pekerjaan siswa. Mandiri § Siswa dan guru mendiskusikan pohon cemara sebagai tumbuhan yang banyak memiliki manfaat. Communication § Kayu cemara dapat digunakan untuk membuat perabot rumah tangga. Daun cemara dapat dijadikan teh yang banyak mengandung vitamin C. Pohon cemara dapat diolah menjadi minyak yang dapat digunakan untuk mengobati penyakit sinus dan juga batuk. § Guru mencontohkan cara menyanyi lagu Cemara ciptaan AT. Mahmud yang diikuti oleh siswa. Pada saat guru menyanyikan lagu Cemara pada bait pertama dan kedua, sambil menunjukkan kertas origami (bisa kertas lain) berwarna biru. Saat guru menyanyikan bait ketiga, guru menunjukkan kertas origami (bisa kertas lain) berwarna kuning. Guru menunjukkan kertas origami (bisa kertas lain) berwarna hijau saat menyanyikan bait keempat. Hal ini dilakukan dengan tujuan mengenalkan pola irama yang ada pada lagu cemara. § Siswa menyanyikan lagu Cemara bersama-sama yang dipandu oleh guru. Mandiri § Guru membimbing siswa menyanyikan lagu Cemara dimana syair diganti dengan senandung la…la…la…la…….la sambil menepuk meja. Siswa melakukan kegiatan ini untuk memeragakan pola irama sederhana pada lagu. § Siswa dibagi dalam beberapa kelompok. Tiap kelompok menyanyikan lagu Cemara secara bergantian. § Siswa menyanyi lagu Cemara secara individual bila waktu masih tersedia. § Guru dan siswa melakukan kegiatan refleksi kegiatan hari itu. Dalam kegiatan refleksi, guru memberikan beberapa pertanyaan berikut ini: a. Apa yang kamu pelajari hari ini? b. Bagaimana perasaanmu saat kegiatan membaca nyaring/mengerjakan soal-soal penjumlahan dengan sifat pertukaran/menyanyikan lagu cemara? c. Kegiatan apa yang paling kamu sukai? d. Informasi apa yang ingin kamu ketahui lebih lanjut? e. Bagaimana caramu untuk mendapatkan informasi tersebut? § Pertanyaan yang diajukan guru pada kegiatan refleksi dapat dijawab siswa secara lisan atau tulisan. Jika guru menginginkan siswa menulis jawaban pertanyaan refleksi, sebaiknya siswa memiliki sebuah buku tulis khusus untuk refleksi. | 35 Menit X 30 JP |
Penutup | § Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas § Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi) § Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti. Communication § Melakukan penilaian hasil belajar § Menyanyikan lagu daerah “Ampar-Ampar Pisang” Nasionalis § Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius | 15 menit |
Mengetahui Kepala Sekolah indra bayang, S.Pd. NIP. 1957070978589 | …………, ………….2018 Guru Kelas III Nina bobok, S.Pd. NIP. 19789733222 |
No | Nama | Perubanan tingkah laku | |||||||||||
Santun | Peduli | Tanggung Jawab | |||||||||||
K | C | B | SB | K | C | B | SB | K | C | B | SB | ||
1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | ||
1 | ................... | | | | | | | | | | | | |
2 | ................... | | | | | | | | | | | | |
3 | …………….. | | | | | | | | | | | | |
4 | …………….. | | | | | | | | | | | | |
5 | …………….. | | | | | | | | | | | | |
Dst | …………….. | | | | | | | | | | | | |
Untuk password RAR file lengkap rpp kelas 3 tema 2 revisi 2018 semester 1 silahkan hubungi saya melalui menu facebook di alamat ini "https://web.facebook.com/perangkatguru". atau WA ke 085273216532
- RPP K13 SEMESTER GANJIL KELAS 3 TEMA DUA SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 1 - 6 DOC - SIMPAN RPP
- RPP K13 SEMESTER GANJIL KELAS 3 TEMA DUa SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 1-6 DOC - SIMPAN RPP
- RPP K13 SEMESTER GANJIL KELAS 3 TEMA DUA SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 1-6 DOC - SIMPAN RPP
- RPP K13 SEMESTER GANJIL KELAS 3 TEMA DUA SUBTEMA 4 PEMBELAJARAN 1-6 DOC - SIMPAN RPP
Untuk saat ini format file rpp k13 kelas 3 revisi 2018 tema 2 sudah tersedia, silahkan ikuti terus update postingan di blog IndoINT.com. Semoga bermanfaat
Sumber https://www.guru-id.com/
Belum ada Komentar untuk "Format rpp k13 kelas 3 tema 2 Revisi 2018 Menyayangi Tumbuhan dan Hewan"
Posting Komentar