Contoh dan Petunjuk Penyusunan Setiap Komponen RPP Kurikulum 2013

Berikut ini adalah berkas Contoh dan Petunjuk Penyusunan Setiap Komponen RPP Kurikulum 2013. Download file format .docx Microsoft Word dan PDF. Untuk RPP Revisi 2019/2020 tentunya ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penyusunan RPP antara lain Komponen RPP, Keterampilan Abad 21 (Komunikasi, Kreatif, Kolaboratif, Berfikir Kritis), Penguatan Karakter, dan Integrasi Literasi. Mudah-mudahan Contoh dan Petunjuk Penyusunan Setiap Komponen RPP Kurikulum 2013 ini bisa menjadi salah satu tambahan contoh atau referensi.

 Berikut ini adalah berkas Contoh dan Petunjuk Penyusunan Setiap Komponen RPP Kurikulum  Contoh dan Petunjuk Penyusunan Setiap Komponen RPP Kurikulum 2013
Contoh dan Petunjuk Penyusunan Setiap Komponen RPP Kurikulum 2013

Contoh dan Petunjuk Penyusunan Setiap Komponen RPP Kurikulum 2013

Komponen RPP berdasarkan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016, adalah sebagai berikut:
  1. Identitas Sekolah yaitu nama satuan pendidikan;
  2. Identitas Mata Pelajaran atau tema/subtema;
  3. Kelas/Semester; 
  4. Materi Pokok;
  5. Alokasi Waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai;
  6. Tujuan Pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan KD, dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan; (Catatan: walaupun tujuan pembelajaran disebutkan sebelum KD dan IPK, namun secara substansial tujuan pembelajaran merupakan penjabaran rinci dari indicator pencapaian kompetensi sehingga secara hirarki dituliskan setelah KD dan IPK)
  7. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi;
  8. Materi Pembelajaran, memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi;
  9. Metode Pembelajaran, digunakan oleh pendidik untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai KD yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan KD yang akan dicapai;
  10. Media Pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran;
  11. Sumber Belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan;
  12. Langkah-langkah Pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup; dan 
  13. Penilaian Hasil Pembelajaran.

Berikut ini kutipan teks dari isi berkas Contoh dan Petunjuk Penyusunan Setiap Komponen RPP Kurikulum 2013:

Sekolah             : … (Misal: SMP …)
Mata Pelajaran  : ... (Misal: IPA)
Kelas/Semester : … (Misal: VII/Satu)
Materi Pokok    : ... (Misal: Pengukuran)
Alokasi Waktu  : … (Misal: 6 Pertemuan (15 JP))

A. Kompetensi Inti
Petunjuk: Tulis keempat KI.
CONTOH
  1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
  3. Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
  4. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Petunjuk:
  1. Rumuskan 2 (dua) atau lebih indikator pencapaian kompetensi untuk setiap KD.
  2. Indikator merupakan jabaran dari KD.
  3. Indikator pencapaian kompetensi adalah: (a) perilaku yang dapat diukur dan/atau diobservasi untuk kompetensi dasar (KD) pada kompetensi inti (KI)-3 dan KI-4; dan (b) perilaku yang dapat diobservasi untuk disimpulkan sebagai pemenuhan KD pada KI-1 dan KI-2.
  4. Indikator KD dari KI-3 mencakup pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan/atau metakognitif sesuai tuntutan/kandungan KD dengan kemampuan kognitif mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, dan/atau mencipta.

    Download Contoh dan Petunjuk Penyusunan Setiap Komponen RPP Kurikulum 2013

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Contoh dan Petunjuk Penyusunan Setiap Komponen RPP Kurikulum 2013 ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:

    Contoh dan Petunjuk Penyusunan Setiap Komponen RPP Kurikulum 2013



    Download File:

    Contoh dan Petunjuk Penyusunan Setiap Komponen RPP Kurikulum 2013.docx
    Contoh dan Petunjuk Penyusunan Setiap Komponen RPP Kurikulum 2013.pdf


    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Contoh dan Petunjuk Penyusunan Setiap Komponen RPP Kurikulum 2013. Semoga bisa bermanfaat.

    Sumber https://www.berkasedukasi.com/

    Belum ada Komentar untuk "Contoh dan Petunjuk Penyusunan Setiap Komponen RPP Kurikulum 2013"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel