Peralatan yang Harus Dibawa Saat Mudik

Peralatan yang Harus Dibawa Saat Mudik_Pusa Ramadan tengah umat Islam laksanakan beberapa hari ini. Beberapa hari lagi Hari Raya Idul Fitri akan tiba dan pastinya memberikan keceriaan tersendiri bagi kalangan-kalangan tertentu yang menyambut kedatangannya. Bulan Puasa ramdan dan Perayaan Idul Fitri umat Islam ini tak hanya memberi berkah bagi muslim saja tapi juga semua kaum yang ada. Momen sahur dan buka puasa dapat dimanfaatkan seluruh orang untuk menjajakannya makanan mereka dan meraup rupiah.

Bulan puasa atau bulan Ramadhan khas dengan munculnya iklan sirup salah satu produk ternama dengan aneka episodenya. Bulan ini juga identik dengan acara-acara televisi yang hadir sebelum waktu berbuka dan saat waktu sahur tiba. Bulan puasa diyakini sebagai bulan yang suci dan bulan yang membuka segala pintu ampunan dari Sang Pemilik Hidup.

Bulan yang hadir selama kurang lebih satu bulan ini akhirnya selalu ditunggu-tunggu yaitu hari lebaran atau hari kemenangan. Dikatakan hari kemenangan karena telah berhasil melewati kewajiban yaitu puasa selama satu bulan lamanya dan menahan segala nafsu dan godaan. Pada hari lebaran yang paling ditunggu anak-anak usia dini adalah salam templek yang berupa uang.

Tradisi yang ada di setiap daerah mengenai perayaan hari lebaran berbeda-beda, namun yang utama harus dilakukan ialah sholat ied. Setelah sholat menyambut hari yang fitri, biasanya para jama’ah akan saling berbaris bersalaman sebagai tanda permohonan maaf. Mereka akan berjajar memanjang di area sekitar tempat melakukan sholat hingga terjadi antrian yang panjang.
Pusa Ramadan tengah umat Islam laksanakan beberapa hari ini Peralatan yang Harus Dibawa Saat Mudik
Tradisi lain yang merabah dan populer yaitu pulang kampung atau biasa disebut dengan istilah mudik yang berasal dari Bahasa Jawa. Mudik adalah singkatan dari Bahasa Jawa memiliki arti Mulih Disik atau dalam Bahasa Indonesia Pulang Dulu. Tradisi mudik dilakukan beberapa hari jelang Hari Raya Idul Fitri tiba yang biasanya menimbulkan kemacetan di segala titik lokasi.

Sebelum mudik, pastikan Anda mempersiapkan diri dengan cara:
1. Menjaga kesehatan
Hal paling utama yang wajib dilakukan saat merencanakan mudik yaitu menjaga kesehatan badan agar tetap fit sampai hari itu tiba. Hal ini terlebih bagi Anda yang mudik ke kampung halaman yang berjarak jauh dari kota dimana Anda tinggal. Bagi pemudik yang melakukan perjalanan singkat pun tetap harus menjaga kesehatan tubuh.

Hal ini dikarenakan saat waktu mudik tiba, kemacetan akan terjadi di hampir semua lokasi sehingga tubuh yang sehat sangat diperlukan. Tubuh yang fit akan memberikan tenaga tersendiri agar Andatetap mampu menyelesaikan perjalanan sampai tujuan. Kemacetan yang terjadi pun dapat melebihi puluhan kilo meter sehingga bila tubuh tidak sehat akan sangat mengganggu.

2. Membeli tiket 
Hal ini harus dilakukan bila Anda mudik menggunakan angkutan umum entah itu jalur darat, udara maupun laut. Pembelian tiket untuk mudik sangat krusial karena setiap tahun tiket hari lebaran telah habis bahkan sebelum memasuki bulan puasa. Hal inilah yang wajib Anda ketahui sehingga pembelian tiket harus dilakukan jauh0jauh hari sebelumnya.

Selain pembelian yang harus dilakukan cepat, harga tiket yang dipatok saat menuju hari lebaran pun lebih mahal dari biasanya. Hal ini telah biasa terjadi sejak dahulu karena cap hari raya besar telah menempel dan dijadikan ajang untuk mencari keuntungan. Namun, bila pembelian tiket Anda lakukan jauh dari hari keberangkatan harganya tentu belum melonjak tinggi.

3. Persiapan peralatan yang harus dibawa saat mudik
Bila tanggal dan alat transportasi serta tiket telah disiapkan untuk mudik, hal selanjutnya yaitu peralatan yang harus dibawa. Peralatan yang harus Anda bawa yang utama yaitu baju untuk bermalam di kampung halaman tercinta dan alat-alat di bawah ini:

a. Perkakas mobil atau motor
Hal ini tentu dilakukan khusus bagi Anda pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi yaitu mobil atau motor. Perjalanan yang dilakukan mungkin cukup panjang dan kendaaran dapat mengalami masalah sewaktu-waktu misalnya ban pecah atau ban kempes dan mesin mati. Sehingga adanya perkakas sangat membantu Anda saat perjalanan pulang kampung.

Namun, sebelumnya Anda wajib melakukan pengecekan kondisi kendaraan layak atau tidak untuk digunakan selama perjalanan mudik. Hal yang perlu dicek diantaranya kondisi aki, lampu-lampu yang ada, ban hingga kelengkapan surat-surat yang dimiliki. Perkakas yang dimaksud yaitu dongkrak, pompa, obeng dan kawan-kawan serta beberapa ban cadangan.

b. Gadget
Hal ini harus dibawa untuk dua (2) alasan yaitu sebagai alat komunikasi dan sebagai alat penghilang bosan saat melakukan perjalanan mudik. Gadget seperti telepon genggam dapat Anda gunakan untuk berselancar di internet dan sekedar mendengarkan musik serta ngegame. Jadi, pastikan Anda telah membawa gadget yang dimiliki saat Anda pergi mudik.

c. Perlengkapan P3K
Ala-alat P3K harus dibawa karena selama perjalanan kita tidak tahu apa yang akan terjadi ke anggota keluarga yang ada. Perlengkapan yang ada dapat berisi obat-obatan pribadi dan obat-obatan ringan seperti betadine, hansaplas dan sebagainya. Ditambahkan pula di dalam kotak P3K seperti vitamin dan penghilang rasa mual agar perjalanan tetap nyaman.

d. Bantal dan guling
Membawa peralatan seperti bantal dan guling memang cukup menyita banyak tempat di kendaraan, namun ini sangat membantu. Bagi Anda yang mudik menggunakan mobil tak ada salahnya membawa kedua barang ini untuk menambah rasa nyaman selama perjalanan. Bila dirasa terlalu repot, Anda dapat membawa sekedar bantal leher yang kecil dan ringan.

e. Kartu tol
Kartu tol yang telah digalakkan pemerintah bersama dengan salah satu bank memang sangat membantu saat waktu-waktu mudik tiba. Dengan kartu tol Anda tidak perlu mencari uang pas saat pembayaran sehingga waktu Anda lebih efisien dan transaksi masuk tol cepat. Adanya kartu tol dapat Anda jadikan pilihan yang bijaksana saat hendak pulang kampung.

f. Makanan dan minuman
Perjalanan mudik pastinya sangat menguras waktu dan tenaga karena kemacetan yang ada hampir di seluruh ruas jalan. Sehingga, membawa makanan dan minuman yang cukup sangat disarankan agar Anda tetap memiliki stamina yang baik. Makanan yang dibawa dapat berupa snack-snack ringan atau roti bahkan dapat pula membawa nasi dan lauk pauknya.

g. Alat sholat dan mandi
Alat ini perlu dibawa semua pemudik yang hendak melakukan perjalanan baik dekat maupun perjalanan yang cukup jauh. Alat sholat yang Anda bawa akan memudahkan Anda saat waktu sholat tiba sehingga tidak perlu mengantri pinjaman alat sholat. Sebelum melakukan sholat Anda dapat membersihkan diri dahulu menggunakan alat mandi yang ikut serta.

h. Powerbank, headset dan sejenisnya
Teknologi yang semakin canggih memberi efek yang baik terutama dalam hal keefisienan waktu seperti adanya powerbank. Alat untuk mengisi daya baterai tanpa harus menggunakan colokan listrik ini wajib Anda bawa saat berpergian jauh. Ukurannya yang mungil tidak akan memakan banyak tempat di tas Anda, namun manfaat yang diberikan cukup besar.

Demikian sekilas tentang Peralatan yang Harus Dibawa Saat Mudik. Semoga bermanfaat
Sumber https://www.websitependidikan.com/

Belum ada Komentar untuk "Peralatan yang Harus Dibawa Saat Mudik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel