Contoh Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas XI Semester 2 Beserta Jawaban Part-2
Melanjutkan tulisan Contoh Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas XI Semester 2 Beserta Jawaban bagian pertama (soal nomor 1-10), bagian kedua dimulai dari soal nomor 11.
11. Dalam diskusi kelas, kamu ditugasi oleh guru menjadi moderator. Diskusi tersebut membicarakan masalah “Bahaya narkotika”.
Kalimat yang tepat untuk digunakan membuka diskusi adalah ...
a. Teman-teman yang berbahagia, pada saat ini kita akan mendiskusikan “Bahaya narkotika”.
b. Teman-teman, sebaiknya diskusi ini kita buka saja meskipun yang hadir belum lengkap.
c. “Bahaya narkotika” merupakan tema diskusi kita hari ini.
d. Marilah kita mulai mendiskusikan masalah “Bahaya narkotika” ini.
e. Sebaiknya diskusi ini kita buka setelah semua peserta lengkap.
Jawaban: a
12. Kalimat yang santun untuk mendukung pendapat seorang penyaji adalah ....
a. Pendapat saudara penyaji patutu didukung walaupun kurang bukti yang akurat.
b. Saya mendukung pendapat kawan karib kita ini demi persahabatan.
c. Saya setuju pendapat saudara penyaji diterima karena dia cukup dikenal.
d. Saya menerima dan mendukung saudara penyaji karena data yang duajukan akurat.
e. Saya bisa menerima pandapat mendukung saudara penyaji karena dia berpengalaman.
Jawaban: d
13. Kalimat yang tepat untuk mempersilahkan penyaji membaca makalah adalah ....
a. Kepada saudara penyaji dipersilahkan membaca makalah.
b. Saudara penyaji silahkan segera membaca makalah.
c. Saudara penyaji, 30 menit waktu yang saya sediakan.
d. Saudara penyaji silahkan membacakan makalah.
e. Saudara penyaji, kami persilahkan membacakan makalah.
Jawaban: a
14. Cara pengarang menampilkan perwatakan setiap tokoh dalam karyanya dapat dilakukan dengan cara berikut, kecuali ....
a. melukiskan bentuk lahir dari tokoh
b. melukiskan pikiran dan perasaan para tokoh
c. menggambarkan reaksi tokoh lain terhadap tokoh utama
d. membawa pembaca pada alur cerita yang jelas kan logis
e. melukiskan keadaan di sekeliling kehidupan tokoh utama
Jawaban: d
15. Harsono : (marah) Apa kau tidak bisa lihat, kah? Matamu di mana, ditaruh dalam saku?
Pekerja : Maaf Tuan, saya tidak melihat Tuan.
Harsono : (makin marah dan memegang baju pekerja itu) Apa kau buta?
Citra : (yang selama ini diam saja) Mas Hr, lepaskan orang itu. Dia baru saja aku marahi. Sudah cukup.
Harsono : (terkejut dengan suara Citra) Apa?
Berdasarkan penggalan drama di atas, watak Harsono adalah ....
a. pemarah
b. pemaaf
c. tidak berperasaan
d. tidak peduli
e. acuh
Jawaban: a
16. Amanat yang bisa kita petik dari dialog di atas adalah sebagai berikut, kecuali ....
a. pandai-pandailah bersopan santun
b. belajarlah mengendalikan emosi
c. hargailah orang lain
d. pedulilah dengan sesama
e. jangan terbiasa bersikap kasar
Jawaban: a
17. Kualitas anak-anal pemilik masa depan, sangat ditentukan oleh perlakuan kita terhadap mereka saat ini. Maju mundurnya suatu bangsa di masa depan sangat dipengaruhi oleh kesiapan fisik, mental, sosial, maupun intelektual generasi yang saat ini masih berada dalam fase kanak-kanak.
Dalam karya tulis, uraian di atas merupakan bagian ....
a. tujuan penulisan
b. latar belakang
c. permasalahan
d. kata pengantar
e. penutup
Jawaban: b
18. 1) Pendahuluan
2) Kata pengantar
3) Daftar pustaka
4) Halaman judul
5) Penutup
6) Daftar isi
7) Bagian isi
Urutan yang tepat dalam penulisan karya tulis adalah ....
a. 4-2-6-1-7-5-3
b. 4-2-5-1-7-6-3
c. 4-6-2-7-1-5-3
d. 4-2-6-1-5-7-3
e. 4-3-5-6-1-2-7
Jawaban: a
19. Topik karya tulis: Pengangguran intelektual disinyalir terus meningkat.
Kesimpulan yang tepat untuk karya tulis di atas berisi tentang ....
a. Penjelasan pengangguran selalu bertambah dan saran solusi.
b. Penyebab semakin bertambahnya pengangguran intelek dan pelukisan nasib para pengangguran.
c. Penyebab intelektual semakin banyak yang menganggur dan imbauan untuk menyediakan lapangan kerja.
d. Penjelasan pengangguran intelektual semakin bertambah dan imbauan membuka lapangan kera baru.
e. Penyebab pengangguran intelektual semakin banyak dan saran, serta solusi penanganan pengangguran.
Jawaban: e
20. Pada tahun 1950 A.A. Navis mulau mengikuti perkembangan kesusastraan secara aktif, sebagai pegarang cerpen dan sandiwara radio. Cerita-ceritanya dalam Mimbar Indonesia, Siasat, Kisah, Sastra, dan lain-lainnya. Ia sebagai pemenang hadiah majalah Kisah pada tahun 1955.
Penggalan biografi A.A. Navis di atas menggambarkan ....
a. riwayat kelahiran
b. riwayat kepengarangan
c. riwayat pendidikan
d. riwayat keluarga
e. kisah usia remaja
Jawaban: b
Lanjut ke soal nomor 21-30 => Contoh Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas XI Semester 2 Beserta Jawaban Part-3 Sumber https://umar-danny.blogspot.com/
11. Dalam diskusi kelas, kamu ditugasi oleh guru menjadi moderator. Diskusi tersebut membicarakan masalah “Bahaya narkotika”.
Kalimat yang tepat untuk digunakan membuka diskusi adalah ...
a. Teman-teman yang berbahagia, pada saat ini kita akan mendiskusikan “Bahaya narkotika”.
b. Teman-teman, sebaiknya diskusi ini kita buka saja meskipun yang hadir belum lengkap.
c. “Bahaya narkotika” merupakan tema diskusi kita hari ini.
d. Marilah kita mulai mendiskusikan masalah “Bahaya narkotika” ini.
e. Sebaiknya diskusi ini kita buka setelah semua peserta lengkap.
Jawaban: a
12. Kalimat yang santun untuk mendukung pendapat seorang penyaji adalah ....
a. Pendapat saudara penyaji patutu didukung walaupun kurang bukti yang akurat.
b. Saya mendukung pendapat kawan karib kita ini demi persahabatan.
c. Saya setuju pendapat saudara penyaji diterima karena dia cukup dikenal.
d. Saya menerima dan mendukung saudara penyaji karena data yang duajukan akurat.
e. Saya bisa menerima pandapat mendukung saudara penyaji karena dia berpengalaman.
Jawaban: d
13. Kalimat yang tepat untuk mempersilahkan penyaji membaca makalah adalah ....
a. Kepada saudara penyaji dipersilahkan membaca makalah.
b. Saudara penyaji silahkan segera membaca makalah.
c. Saudara penyaji, 30 menit waktu yang saya sediakan.
d. Saudara penyaji silahkan membacakan makalah.
e. Saudara penyaji, kami persilahkan membacakan makalah.
Jawaban: a
14. Cara pengarang menampilkan perwatakan setiap tokoh dalam karyanya dapat dilakukan dengan cara berikut, kecuali ....
a. melukiskan bentuk lahir dari tokoh
b. melukiskan pikiran dan perasaan para tokoh
c. menggambarkan reaksi tokoh lain terhadap tokoh utama
d. membawa pembaca pada alur cerita yang jelas kan logis
e. melukiskan keadaan di sekeliling kehidupan tokoh utama
Jawaban: d
15. Harsono : (marah) Apa kau tidak bisa lihat, kah? Matamu di mana, ditaruh dalam saku?
Pekerja : Maaf Tuan, saya tidak melihat Tuan.
Harsono : (makin marah dan memegang baju pekerja itu) Apa kau buta?
Citra : (yang selama ini diam saja) Mas Hr, lepaskan orang itu. Dia baru saja aku marahi. Sudah cukup.
Harsono : (terkejut dengan suara Citra) Apa?
Berdasarkan penggalan drama di atas, watak Harsono adalah ....
a. pemarah
b. pemaaf
c. tidak berperasaan
d. tidak peduli
e. acuh
Jawaban: a
16. Amanat yang bisa kita petik dari dialog di atas adalah sebagai berikut, kecuali ....
a. pandai-pandailah bersopan santun
b. belajarlah mengendalikan emosi
c. hargailah orang lain
d. pedulilah dengan sesama
e. jangan terbiasa bersikap kasar
Jawaban: a
17. Kualitas anak-anal pemilik masa depan, sangat ditentukan oleh perlakuan kita terhadap mereka saat ini. Maju mundurnya suatu bangsa di masa depan sangat dipengaruhi oleh kesiapan fisik, mental, sosial, maupun intelektual generasi yang saat ini masih berada dalam fase kanak-kanak.
Dalam karya tulis, uraian di atas merupakan bagian ....
a. tujuan penulisan
b. latar belakang
c. permasalahan
d. kata pengantar
e. penutup
Jawaban: b
18. 1) Pendahuluan
2) Kata pengantar
3) Daftar pustaka
4) Halaman judul
5) Penutup
6) Daftar isi
7) Bagian isi
Urutan yang tepat dalam penulisan karya tulis adalah ....
a. 4-2-6-1-7-5-3
b. 4-2-5-1-7-6-3
c. 4-6-2-7-1-5-3
d. 4-2-6-1-5-7-3
e. 4-3-5-6-1-2-7
Jawaban: a
19. Topik karya tulis: Pengangguran intelektual disinyalir terus meningkat.
Kesimpulan yang tepat untuk karya tulis di atas berisi tentang ....
a. Penjelasan pengangguran selalu bertambah dan saran solusi.
b. Penyebab semakin bertambahnya pengangguran intelek dan pelukisan nasib para pengangguran.
c. Penyebab intelektual semakin banyak yang menganggur dan imbauan untuk menyediakan lapangan kerja.
d. Penjelasan pengangguran intelektual semakin bertambah dan imbauan membuka lapangan kera baru.
e. Penyebab pengangguran intelektual semakin banyak dan saran, serta solusi penanganan pengangguran.
Jawaban: e
20. Pada tahun 1950 A.A. Navis mulau mengikuti perkembangan kesusastraan secara aktif, sebagai pegarang cerpen dan sandiwara radio. Cerita-ceritanya dalam Mimbar Indonesia, Siasat, Kisah, Sastra, dan lain-lainnya. Ia sebagai pemenang hadiah majalah Kisah pada tahun 1955.
Penggalan biografi A.A. Navis di atas menggambarkan ....
a. riwayat kelahiran
b. riwayat kepengarangan
c. riwayat pendidikan
d. riwayat keluarga
e. kisah usia remaja
Jawaban: b
Lanjut ke soal nomor 21-30 => Contoh Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas XI Semester 2 Beserta Jawaban Part-3 Sumber https://umar-danny.blogspot.com/
Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas XI Semester 2 Beserta Jawaban Part-2"
Posting Komentar