Apa Penyebab Penyakit Kencing Manis?

Penyebab Kencing Manis_Penyakit kencing manis adalah jenis penyakit kronis yang menyerang sistem metabolisme tubuh. Baik anak-anak maupun orang dewasa memiliki kemungkinan dan potensi yang sama  besar terjangkit penyakit kencing manis ini. Nah, untuk lebih jelasnya mengenai penyakit kencing manis, terlebih mengenai penyebab kencing manis, berikut kami bagikan ulasan selengkapnya.

Tentang Penyakit Kencing Manis
Sebelum kita membahas tentang penyebab kencing manis, alangkah baiknya jika kita ketahui dulu secara mendetail mengenai seluk beluk penyakit ini. Penyakit kencing manis terjadi karena tubuh tidak lagi mampu untuk mengubah makanan menjadi sumber energy bagi tubuh yang disebabkan karena terjadinya gangguan pada metabolisme tubuh.

Pada dasarnya tubuh memiliki kemampuan untuk mengolah gula dan karbohidrat yang berasal dari makanan untuk dijadikan glukosa yang akan memberikan energy bagi tubuh. Dengan bantuan insulin dan hormone, glukosa akan dikonversi menjadi energi dalam aliran darah.

Namun hal ini tidak berlaku bagi para penderita kencing manis dimana tubuhnya tidak lagi bisa memproduksi insulin di pancreas dengan maksimal, sehingga mengakibatkan tubuh tidak bisa mengkonversi glukosa untuk dijadikan energi bagi tubuh.

Glukosa yang tidak terkonvesi menjadi energi, lama-kelamaan akan menumpuk dalam darah sehingga menyebabkan kadar glukosa menjadi sangat tinggi. Penumpukan glukosa dalam darah inilah yang disebut dengan penyakit kencing manis yang menjadi awal dari beberapa gangguan lainya seperti gangguan pada ginjal, stroke, jantung dan masih banyak lagi.
Penyakit kencing manis adalah jenis penyakit kronis yang menyerang sistem metabolisme tubu Apa Penyebab Penyakit Kencing Manis?
Penyebab Kencing Manis
Tanpa disadari banyak kebiasaan buruk yang ternyata menjadi penyebab kencing manis dan berikut beberapa diantaranya

1. Mengonsumsi teh manis berlebihan
Mengonsumsi teh secara berlebihan menyebabkan kadar gula darah akan melonjak tinggi. Satu gelas teh manis kurang lebih mengandung kalori sebanyak 250-300.

2. Gorengan
Gorengan menjadi salah satu penyebab utama terjadinya penyakit kardiovaskular (PKV) yang akan menyebabkan terjadinya penyumpatan pada pembuluh darah coroner dengan resiko utamanya adalah dislipidemia.

Dislipidemia disebabkan karena terjadinya kelainan metabolisme lipid yang salah satu gejalanya adalah terjadinya peningkatan kadar kolesterol total, trigliserida, LDL (kadar kolesterol jahat) dan menyebbakan penurunan pada HDL (kolesterol baik) dalam darah.

Dislipidemia terjadi karena kebiasaan dalam memngkonsumsi makanan rendah serat namun tinggi lemak seperti gorengan.

3. Ngemil
Biskuit, keripik kentang dan berbagai macam jenis kue manis sering Anda jadikan sebagai camilan. Padahal biskut, keripik kentang dan kue manis memiliki kandungan hidrat arah yang tinggi dan tanpa diserta dengan kandungan gizi, vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

4. Kurangnya Waktu Tidur
Waktu tidur yang kurang akan menyebabkan metabolisme dalam tubuh menjadi terganggu sehingga akan menurunkan kemampuan tubuh dalam memproses glukosa dam akibatnya akan meningkatkan resiko penyebab kencing manis.

5. Pil Kontrasepsi
Sebagian besar pil kontrasepsi dibuat dengan mengkombinasikan hormone estrogen dan progestin, atau hanya terdiri dari hormone progestin saja. Pil jenis ini akan menyebabkan perubahan kadar gula dalam darah karena cara kerja pil kontrasepsi yang cara kerjanya berlawanan dengan insulin. Dimana pancreas dipaksa lebih keras untuk memproduksi insulin dan apabila kondisi ini terjadi secara terus menerut akan menyebkan pancreas akan mengalami penurunan fungsinya.

6. Minuman Bersoda
Selain meningkatkan risiko obesitas, minuman bersoda juga akan memperbesar kemungkinan bagi Anda untuk mengalami diabetes. Hal ini disebabkan karena kandungan pemanis yang terdapat didalam minuman bersoda cukup tinggi dengan asupan kalori cair. Selain itu, minum soda juga tidak akan membuar perut Anda mejadi kenyang.
Sumber https://www.websitependidikan.com/

Belum ada Komentar untuk "Apa Penyebab Penyakit Kencing Manis?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel