5 Khasiat Dahsyat Minum Kopi Hitam bagi Kesehatan

5 Manfaat Minum Kopi Hitam bagi Kesehatan_Siapa yang tidak kenal minuman berkafein yang satu ini? Saat ini, bisa dibilang kalau kopi sudah menjadi salah satu minuman yang sangat dicintai oleh seluruh masyarakat baik tua atau muda. Fakta menyebutkan bahwa kebanyakan orang hanya tahu bahwa salah satu khasiat yang dimiliki oleh kopi adalah sangat manjur untuk membuat orang untuk tetap terjaga. Maka tak heran, orang-orang yang kerjanya lembur setiap malam pasti selalu minum kopi.

Namun tahukah Anda bahwa kopi tidak hanya memiliki manfaat untuk dapat membuat Anda terus terjaga di sepanjang malam saja? Kenyataannya, pasti tidak banyak orang yang tahu tentang manfaat lain dari kopi.

Padahal, kopi memiliki segudang manfaat yang bisa membuat terkejut banyak orang. Apa sajakah? Berikut ini 5 khasiat kopi yang belum diketahui kebanyakan orang :

1. Bisa membantu dalam pembakaran lemak
Salah satu manfaat kopi yang satu ini pasti membuat Anda geleng-geleng kepala alias tidak percaya. Yaps, bisa membantu dalam pembakaran lemak merupakan salah satu manfaat kopi yang jarang diketahui oleh banyak orang.

Namun apa dasarnya? Sebuah penelitian menyebutkan bahwa kandungan kafein yang terdapat di dalam kopi sangat berfungsi untuk meningkatkan metabolisme tubuh antara 3% sampai 11%.

Tidak hanya mampu dalam meningkatkan sistem metabolism pada tubuh saja, menurut penelitian lainnya kopi juga mampu meningkatkan pembakaran lemak sekitar 10% pada orang yang mengalami obesitas dan sekitar 9% pada orang yang memiliki tubuh seimbang.

Namun bukan berarti kalau Anda mau kurus harus minum kopi secara terus menerus, tidak begitu. Olahraga juga sangat diperlukan jika Anda ingin memiliki tubuh ideal.

Tetapi ingat, terlalu banyak minum kopi juga tidak baik. Sewajarnya, saja.

 Manfaat Minum Kopi Hitam bagi Kesehatan 5 Khasiat Dahsyat Minum Kopi Hitam bagi Kesehatan
2. Menurunkan risiko kanker usus besar 
Sebuah jurnal yang diterbitkan di Amerika menyebutkan bahwa dengan meminum kopi setidaknya empat sampai lima cangkir dalam sehari dapat membantu dalam menurunkan risiko terjangkit penyakit kanker usus besar sebesar 15 %.

Meskipun begitu, pada dasarnya risiko seseorang menderita penyakit kanker tetap akan selalu ada. Jadi, bukan berarti minum kopi sebanyak mungkin dapat membebaskan Anda mengidap penyakit kanker ya.

3. Membantu dalam melindungi hati 
Penelitian dari yang berasal dari University of Minnesota menyebutkan bahwa meminum kopi dalam jumlah yang banyak sangat berperan untuk melindungi hati Anda dari yang sebuah penyakit kanker hati atau Karsinoma Hepatoseluler.

Namun hal ini belum dapat dijelaskan secara spesifik. Jadi, akan jauh lebih baik jika Anda lebih banyak berkonsultasi lebih dulu dengan dokter. Oke?

4. Mampu meningkatkan kinerja dari fisik
Salah satu manfaat lainnya yang dimiliki kafein adalah mampu meningkatkan kinerja dari hormon epinefrin (hormon adrenalin) dalam tubuh Anda.

Perlu Anda ketahui bahwa hormon adrenalin merupakan hormon yang berfungsi untuk membuat fisik Anda menjadi lebih bertenaga. Jadi dengan adanya kafein dapat membantu meningkatkan kinerja dari fisik Anda dengan jumlah rata-rata sebesar 11% sampai 12%.

Oleh karena itu, bagi seseorang yang ingin melakukan fitness sangat disarankan untuk meminum kopi lebih dulu. Sebab, manfaatnya akan didapat setelah Anda meminum kopi tersebut.

5. Membantu mengurangi depresi
Penyakit depresi bisa saja dialami oleh setiap orang. Penyakit ini merupakan penyakit psikis yang secara signifikan mengganggu kehidupan banyak orang.

Namun bukan berarti penyakuit depresi tidak bisa disembuhkan atau dicegah. Melalui sebuah penelitian yang dipublikasi tahun 2011 oleh jurnal Harvard menyebutkan bahwa seorang wanita yang minum empat setidaknya empat cangkir kopi dalam sehari dapat menurunkan risiko mengalami penyakit depresi sebesar 20%.

Dalam sebuah penelitian lain juga menyebutkan bahwa seseorang yang minum empat cangkir  atau kopi dalam sehari dapat menurunkan kemungkinan bunuh diri sebesar 53%. Namun tidak sertamerta Anda meminum banyak kopi setiap harinya. Ada baiknya berkonsultasi dengan dokter atau orang yang bekerja dalam bidang kesehatan lebih dulu. Tujuannya untuk lebih aman saja ke depannya.

Itu tadi lima manfaat kopi yang tidak banyak diketahui orang. Namun bukan berarti minum kopi sebanyak mungkin adalah hal yang baik. Minumlah sewajarnya saja. Kopi memang baik, tetapi hidup dengan cara berkualitas sambil minum kopi akan jauh lebih baik.
Sumber https://www.websitependidikan.com/

Belum ada Komentar untuk "5 Khasiat Dahsyat Minum Kopi Hitam bagi Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel