Kisi Kisi Soal PPG Lengkap Tahun 2018
Bapak Ibu Guru yang berbahagia, Kali ini disampaikan Kisi-kisi Seleksi Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan Tahun 2018 yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Kelembagaan IPTEKDIKTI Kementeritan Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi dan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2018
PPG merupakan pendidikan bagi semua guru baik PNS atau NON PNS yang semestinya dapat diikuti oleh semua jajaran pengajar yang diharapkan dapat menjadikan suri toladan bagi generasi negara kita karena tanpa adanya guru yang benar - benar Propsional sulit menciptakan generasi yang handal dan bermoral PANCASILA , yang ada banyak orang pintar tapi tidak bermoral PANCASILA akan banyak lahirnya bibit - bibit KORUPTOR maka dengan adanya pendidikan ini diharapkan akan melahirkan guru yang benar - benar Profesional.
Berikut sekilas tentang kisi - kisi yang bisa di Download pada link yang ada pada halaman ini
PENJARINGAN BAKAT DAN MINAT
NO SUB KOMPETENSI
CAPAIAN PEMBELAJARAN INDIKATOR ESENSIAL
1 Bakat Kemampuan Penalaran dan Pemecahan
masalah
1. Berpikir analitis kritis
2. Berpikir Kreatif
3. Pengambilan keputusan secara etis
Perlakuan terhadap siswa 4. Menghargai perbedaan individu
5. Memotivasi siswa
6. Bersahabat
Kemampuan Penyesuaian Diri 7. Terbuka terhadap perubahan yang positif
8. Membangun kerjasama dengan berbagai pihak
2 Minat Minat terhadap profesi tertentu: 9. Keterlibatan dalam bidang kependidikan atau non-
kependidikan dengan perasaan senang
10. Sikap positif terhadap profesi guru
KISI-KISI SOAL UJIAN PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG)
SUB TES POTENSI AKADEMIK
NO KOMPETENSI SUB KOMPETENSI INDIKATOR ESENSIAL
1 Verbal Hubungan kata
1. dapat menentukan kata yang memiliki kesamaan arti dengan stem soal
2. dapat memilih sepasang kata yang memiliki hubungan analogis sama
seperti rangkaian dua kata pada stem
3. dapat memilih satu kata yang memiliki ciri atau sifat yang berbeda dengan 4
pilihan kata yang lain
Analitis
4. dapat menarik kesimpulan berdasarkan seperangkat pernyataan yang
berupa fakta-fakta yang saling berhubungan
Logis
5. dapat menarik kesimpulan dari dua premis yang diberikan
2 Numeric Deret
6. dapat menentukan satu angka yang merupakan kelanjutan dari deret angka
dengan pola tertentu (per satu angka)
7. dapat menentukan satu angka yang merupakan kelanjutan dari deret angka
dengan pola tertentu (per dua angka/satu angka sebagai jangkar)
8. dapat menentukan angka-angka yang merupakan kelanjutan dari 2 deret
angka dengan 2 pola tertentu
Aritmatika
9. dapat menemukan solusi dari operasi hitung sederhana (penjumlahan dan
pengurangan)
NO KOMPETENSI SUB KOMPETENSI INDIKATOR ESENSIAL
10. dapat menemukan solusi dari operasi hitung sederhana (pengalian dan
pembagian)
11. dapat menemukan solusi dari operasi hitung sederhana menggunakan
desimal dan pecahan
12. dapat menemukan solusi dari soal cerita yang memerlukan strategi operasi
hitung
3 Figural Hubungan Bentuk
13. dapat menentukan gambar untuk mengisi kotak kosong dengan mengikuti
pola rotasi searah jarum jam dan penambahan elemen dengan jumlah
stimulus awal sebanyak 4
14. dapat menentukan gambar untuk mengisi kotak kosong dengan mengikuti
pola pencerminan dan penambahan elemen dengan jumlah stimulus awal
sebanyak 3
Serial
15. dapat menentukan gambar untuk mengisi kotak kosong sebagai kelanjutan
serial dengan pola penambahan elemen dan perubahan bentuk/warna
dengan jumlah awal stimulus sebanyak 3
16. dapat menentukan gambar untuk mengisi kotak kosong sebagai kelanjutan
serial dengan pola rotasi berlawanan arah jarum jam dan perubahan bentuk
dengan awal stimulus sebanyak 4
4 Verbal Hubungan kata
17. dapat menentukan kata yang memiliki kesamaan arti dengan stem soal
18. dapat memilih sepasang kata yang memiliki hubungan analogis sama
seperti rangkaian dua kata pada stem
KISI-KISI SOAL UJIAN PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG)
SUB TES : PEDAGOGIK
NO KOMPETENSI SUB KOMPETENSI INDIKATOR ESENSIAL
1 Merencanakan
pembelajaran
Merumuskan indikator kompetensi dan
capaian pembelajaran berdasarkan
standar kompetensi lulusan;
1. Dengan mencermati standar kompetensi lulusan peserta
dapat merumuskan indikator kompetensi
2. Berdasarkan rumusan indikator kompetensi peserta
dapat merumuskan capaian pembelajaran (tujuan
pembelajaran)
Menetapkan materi, proses, sumber,
media, penilaian, dan evaluasi
pembelajaran;
3. Berdasarkan capaian pembelajaran (tujuan
pembelajaran) yang telah dirumuskan, peserta dapat
menetapkan materi pembelajaran yang diperlukan.
4. Berdasarkan capaian pembelajaran (tujuan
pembelajaran) yang telah dirumuskan dan materi yang
ditentukan, peserta dapat menetapkan proses
pembelajaran yang sesuai.
5. Berdasarkan capaian pembelajaran (tujuan
pembelajaran) yang telah dirumuskan dan materi yang
ditentukan, peserta dapat menetapkan sumber
belajar/media pembelajaran yang diperlukan.
NO KOMPETENSI SUB KOMPETENSI INDIKATOR ESENSIAL
6. Berdasarkan capaian pembelajaran (tujuan
pembelajaran) dan proses pembelajaran yang telah
ditentukan, peserta dapat menetapkan jenis evaluasi
yang tepat
Menyusun Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) sesuai silabus.
7. Dengan mencermati silabus, peserta dapat menganalisis
keterkaitan antar komponen silabus
8. Dengan mencermati silabus yang telah ditentukan,
peserta dapat menyusun Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) dengan tepat.
2 Melaksanakan
pembelajaran
Melaksanakan pembelajaran dengan
mewujudkan suasana dan proses
pembelajaran yang sesuai dengan kaidah
pedagogik untuk memfasilitasi
pengembangan potensi diri dan karakter
siswa
9. Melalui paparan kasus, peserta dapat memberikan
pilihan pemecahan masalah pelaksanaan pembelajaran
untuk mengembangkan potensi siswa.
10. Melalui paparan kasus, peserta dapat memberikan
pilihan pemecahan masalah pelaksanaan pembelajaran
untuk mengembangkan karakter siswa.
3 Menilai dan
mengevaluasi
pembelajaran
Melaksanakan penilaian otentik-holistik
yang mencakup ranah sikap,
11. Dengan mencermati RPP dan proses pembelajaran,
peserta dapat memberikan pilihan jenis penilaian otentik-
NO KOMPETENSI SUB KOMPETENSI INDIKATOR ESENSIAL
pengetahuan, dan keterampilan; dan holistik terhadap aspek sikap
12. Dengan mencermati RPP dan proses pembelajaran,
peserta dapat memberikan pilihan jenis penilaian otentik-
holistik terhadap aspek pengetahuan
13. Dengan mencermati RPP dan proses pembelajaran,
peserta dapat memberikan pilihan jenis penilaian otentik-
holistik terhadap aspek keterampilan
Menggunakan hasil penilaian untuk
meningkatkan kualitas pembelajaran.
14. Melalui paparan kasus, peserta dapat menganalisis hasil
penilaian pembelajaran
15. Melalui paparan kasus, peserta dapat menentukan tindak
lanjut hasil penilaian pembelajaran
Dan untuk jelasnya silakan Download pada link yang ada pada halaman ini Terima Kasih telah berkunjung pada Web kami, Saran dan Kritik dapat anda sampaikan pada kolom dibawah
Sumber http://www.basirin.com/
PPG merupakan pendidikan bagi semua guru baik PNS atau NON PNS yang semestinya dapat diikuti oleh semua jajaran pengajar yang diharapkan dapat menjadikan suri toladan bagi generasi negara kita karena tanpa adanya guru yang benar - benar Propsional sulit menciptakan generasi yang handal dan bermoral PANCASILA , yang ada banyak orang pintar tapi tidak bermoral PANCASILA akan banyak lahirnya bibit - bibit KORUPTOR maka dengan adanya pendidikan ini diharapkan akan melahirkan guru yang benar - benar Profesional.
Berikut sekilas tentang kisi - kisi yang bisa di Download pada link yang ada pada halaman ini
Kisi Kisi Soal Seleksi PPG Lengkap Tahun 2018
PENJARINGAN BAKAT DAN MINAT
NO SUB KOMPETENSI
CAPAIAN PEMBELAJARAN INDIKATOR ESENSIAL
1 Bakat Kemampuan Penalaran dan Pemecahan
masalah
1. Berpikir analitis kritis
2. Berpikir Kreatif
3. Pengambilan keputusan secara etis
Perlakuan terhadap siswa 4. Menghargai perbedaan individu
5. Memotivasi siswa
6. Bersahabat
Kemampuan Penyesuaian Diri 7. Terbuka terhadap perubahan yang positif
8. Membangun kerjasama dengan berbagai pihak
2 Minat Minat terhadap profesi tertentu: 9. Keterlibatan dalam bidang kependidikan atau non-
kependidikan dengan perasaan senang
10. Sikap positif terhadap profesi guru
KISI-KISI SOAL UJIAN PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG)
SUB TES POTENSI AKADEMIK
NO KOMPETENSI SUB KOMPETENSI INDIKATOR ESENSIAL
1 Verbal Hubungan kata
1. dapat menentukan kata yang memiliki kesamaan arti dengan stem soal
2. dapat memilih sepasang kata yang memiliki hubungan analogis sama
seperti rangkaian dua kata pada stem
3. dapat memilih satu kata yang memiliki ciri atau sifat yang berbeda dengan 4
pilihan kata yang lain
Analitis
4. dapat menarik kesimpulan berdasarkan seperangkat pernyataan yang
berupa fakta-fakta yang saling berhubungan
Logis
5. dapat menarik kesimpulan dari dua premis yang diberikan
2 Numeric Deret
6. dapat menentukan satu angka yang merupakan kelanjutan dari deret angka
dengan pola tertentu (per satu angka)
7. dapat menentukan satu angka yang merupakan kelanjutan dari deret angka
dengan pola tertentu (per dua angka/satu angka sebagai jangkar)
8. dapat menentukan angka-angka yang merupakan kelanjutan dari 2 deret
angka dengan 2 pola tertentu
Aritmatika
9. dapat menemukan solusi dari operasi hitung sederhana (penjumlahan dan
pengurangan)
NO KOMPETENSI SUB KOMPETENSI INDIKATOR ESENSIAL
10. dapat menemukan solusi dari operasi hitung sederhana (pengalian dan
pembagian)
11. dapat menemukan solusi dari operasi hitung sederhana menggunakan
desimal dan pecahan
12. dapat menemukan solusi dari soal cerita yang memerlukan strategi operasi
hitung
3 Figural Hubungan Bentuk
13. dapat menentukan gambar untuk mengisi kotak kosong dengan mengikuti
pola rotasi searah jarum jam dan penambahan elemen dengan jumlah
stimulus awal sebanyak 4
14. dapat menentukan gambar untuk mengisi kotak kosong dengan mengikuti
pola pencerminan dan penambahan elemen dengan jumlah stimulus awal
sebanyak 3
Serial
15. dapat menentukan gambar untuk mengisi kotak kosong sebagai kelanjutan
serial dengan pola penambahan elemen dan perubahan bentuk/warna
dengan jumlah awal stimulus sebanyak 3
16. dapat menentukan gambar untuk mengisi kotak kosong sebagai kelanjutan
serial dengan pola rotasi berlawanan arah jarum jam dan perubahan bentuk
dengan awal stimulus sebanyak 4
4 Verbal Hubungan kata
17. dapat menentukan kata yang memiliki kesamaan arti dengan stem soal
18. dapat memilih sepasang kata yang memiliki hubungan analogis sama
seperti rangkaian dua kata pada stem
KISI-KISI SOAL UJIAN PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG)
SUB TES : PEDAGOGIK
NO KOMPETENSI SUB KOMPETENSI INDIKATOR ESENSIAL
1 Merencanakan
pembelajaran
Merumuskan indikator kompetensi dan
capaian pembelajaran berdasarkan
standar kompetensi lulusan;
1. Dengan mencermati standar kompetensi lulusan peserta
dapat merumuskan indikator kompetensi
2. Berdasarkan rumusan indikator kompetensi peserta
dapat merumuskan capaian pembelajaran (tujuan
pembelajaran)
Menetapkan materi, proses, sumber,
media, penilaian, dan evaluasi
pembelajaran;
3. Berdasarkan capaian pembelajaran (tujuan
pembelajaran) yang telah dirumuskan, peserta dapat
menetapkan materi pembelajaran yang diperlukan.
4. Berdasarkan capaian pembelajaran (tujuan
pembelajaran) yang telah dirumuskan dan materi yang
ditentukan, peserta dapat menetapkan proses
pembelajaran yang sesuai.
5. Berdasarkan capaian pembelajaran (tujuan
pembelajaran) yang telah dirumuskan dan materi yang
ditentukan, peserta dapat menetapkan sumber
belajar/media pembelajaran yang diperlukan.
NO KOMPETENSI SUB KOMPETENSI INDIKATOR ESENSIAL
6. Berdasarkan capaian pembelajaran (tujuan
pembelajaran) dan proses pembelajaran yang telah
ditentukan, peserta dapat menetapkan jenis evaluasi
yang tepat
Menyusun Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) sesuai silabus.
7. Dengan mencermati silabus, peserta dapat menganalisis
keterkaitan antar komponen silabus
8. Dengan mencermati silabus yang telah ditentukan,
peserta dapat menyusun Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) dengan tepat.
2 Melaksanakan
pembelajaran
Melaksanakan pembelajaran dengan
mewujudkan suasana dan proses
pembelajaran yang sesuai dengan kaidah
pedagogik untuk memfasilitasi
pengembangan potensi diri dan karakter
siswa
9. Melalui paparan kasus, peserta dapat memberikan
pilihan pemecahan masalah pelaksanaan pembelajaran
untuk mengembangkan potensi siswa.
10. Melalui paparan kasus, peserta dapat memberikan
pilihan pemecahan masalah pelaksanaan pembelajaran
untuk mengembangkan karakter siswa.
3 Menilai dan
mengevaluasi
pembelajaran
Melaksanakan penilaian otentik-holistik
yang mencakup ranah sikap,
11. Dengan mencermati RPP dan proses pembelajaran,
peserta dapat memberikan pilihan jenis penilaian otentik-
NO KOMPETENSI SUB KOMPETENSI INDIKATOR ESENSIAL
pengetahuan, dan keterampilan; dan holistik terhadap aspek sikap
12. Dengan mencermati RPP dan proses pembelajaran,
peserta dapat memberikan pilihan jenis penilaian otentik-
holistik terhadap aspek pengetahuan
13. Dengan mencermati RPP dan proses pembelajaran,
peserta dapat memberikan pilihan jenis penilaian otentik-
holistik terhadap aspek keterampilan
Menggunakan hasil penilaian untuk
meningkatkan kualitas pembelajaran.
14. Melalui paparan kasus, peserta dapat menganalisis hasil
penilaian pembelajaran
15. Melalui paparan kasus, peserta dapat menentukan tindak
lanjut hasil penilaian pembelajaran
Dan untuk jelasnya silakan Download pada link yang ada pada halaman ini Terima Kasih telah berkunjung pada Web kami, Saran dan Kritik dapat anda sampaikan pada kolom dibawah
Belum ada Komentar untuk "Kisi Kisi Soal PPG Lengkap Tahun 2018"
Posting Komentar