10 Cara Memilih Laptop yang Baik untuk Mahasiswa

Tips-Cara Memilih Laptop yang Baik untuk Mahasiswa_Mahasiswa juga termasuk salah satu orang yang membutuhkan laptop dalam kesehariannya. Entah itu untuk mengerjakan tugas, melakukan pekerjaan sampingan, alat komunikasi hingga alat untuk hiburan. Karena beragamnya peran laptop tersebut, seorang mahasiswa yang hendak membelinya harus benar-benar bersikap selektif. Pilih laptop yang benar-benar mumpuni untuk melakukan semua itu.

Namun, sekarang ini sudah banyak sekali laptop dengan berbagai spesifikasi di pasaran. Memang dengan begini mahasiswa jadi memiliki banyak pilihan laptop yang paling sesuai dengan kebutuhannya, tetapi ini juga sekaligus menjadi suatu hal yang membingungkan terutama bagi yang masih awam dengan soal laptop.

Apakah Anda salah satunya? Jika iya, mari coba simak cara memilih laptop yang baik untuk mahasiswa berikut ini:

Cara Memilih Laptop yang Sesuai untuk Mahasiswa
Cara Memilih Laptop yang Baik untuk Mahasiswa 10 Cara Memilih Laptop yang Baik untuk Mahasiswa
1. Pikirkan dengan Baik untuk Apa Laptop Tersebut
Memang ini tampak tidak penting, karena biasanya laptop difungsikan untuk mengetik, browsing, mengatur gambar, ukuran kertas dan lain-lain. Tetapi, ini justru adalah hal yang harus Anda pikirkan pertama kali sebelum Anda membeli. Kenapa? Karena dengan memikirkan hal tersebut, Anda jadi bisa menentukan spesifikasi laptop yang cocok untuk Anda.

Jika Anda hanya akan menggunakan laptop untuk mengetik, maka laptop yang biasa saja sudah cukup. Tetapi jika Anda adalah mahasiswa jurusan desain grafis, misalnya, yang notabenenya harus menginstall software yang agak berat, maka Anda harus mencari laptop yang mumpuni untuk dipasangi software tersebut. Jadi, sekali lagi, pikirkan dengan baik ya.

2. Sesuaikan dengan Budget
Anda sudah memikirkan poin pertama? Oke, sekarang saatnya Anda menyesuaikan spesifikasi laptop yang Anda inginkan dengan budget yang Anda sediakan. Harga laptop ini tentu sangat bervariasi, dan semua pasti setuju jika kata ‘mahal’ dan ‘murah’ itu adalah sesuatu yang sifatnya subjektif.

Tetapi, demi mendapatkan laptop terbaik untuk mengakomodasi berbagai kebutuhan Anda, mengeluarkan biaya agak banyak tidak masalah bukan? Daripada Anda membeli laptop yang biasa saja tetapi tidak mampu membantu Anda menyelesaikan tugas, kan percuma Anda membeli laptop tersebut.

3. Cari Info Harga Laptop
Supaya Anda bisa menyiapkan dana dengan pas, tak ada salahnya Anda melakukan survei kecil-kecilan mengenai harga laptop. Anda bisa melakukan hal ini bahkan tanpa perlu berkeliling toko laptop. Cukup manfaatkan internet, buka marketplace lalu lihat berapa harga umum laptop untuk spesifikasi yang telah Anda tentukan tadi.

4. Aktifitas Multitasking
Ketika Anda menentukan spesifikasi laptop, ada baiknya Anda juga sekaligus menetapkan bahwa laptop yang mampu melakukan aktifitas multitasking dengan baik layak untuk dipilih. Kenapa? Karena sebagai mahasiswa, besar kemungkinannya Anda akan menjalankan beberapa aplikasi sekaligus dalam satu waktu.

Misalnya, ketika sedang mengerjakan tugas, Anda membuka Microsoft Word. Karena tidak suka dengan suasana sepi, Anda ingin memutar lagu. Dan jika sedang lelah, Anda bisa sejenak bersantai sambil nonton film tanpa menutup Microsft Word ataupun aplikasi musik tersebut terlebih dahulu.

Nah, Anda sebaiknya memilih laptop yang demikian ini. Memang semua laptop sudah mampu melakukan multitasking yang terhitung ringan tersebut. Tetapi ada baiknya Anda mempertimbangkan laptop yang mampu menjalankan beberapa aplikasi berat sekaligus.

5. Pre Installed Windows
Selanjutnya, pilih laptop yang sudah include dengan sistem operasi windows original. Ini adalah sesuatu yang sangat menguntungkan dibandingkan dengan sistem operasi yang bajakan, terutama dari segi keamanan data Anda. Apalagi sistem operasi original harganya sangat mahal.

6. Garansi
Jangan sekali-kali memilih laptop yang tidak disertai garansi. Apa pasal? Karena jika nanti laptop Anda mengalami masalah, jika masa garansinya masih berlaku, maka Anda hanya perlu membawa ke tempat dimana Anda membeli laptop tersebut. Biasanya biayanya ini masih gratis dengan catatan kartu garansi tidak hilang.

7. Ukuran Laptop yang Portable
Yang direkomendasikan adalah laptop yang ukuran layarnya 13 inchi. Ukuran ini sudah mampu memberikan keseimbangan antara penggunaan dan juga portabilitas. Tetapi jika Anda tidak suka, Anda bisa memilih laptop yang ukuran layarnya antara 11 inchi hingga 14 inchi. Sebaiknya jangan memilih yang lebih kecil dari 11 inchi, dan jangan memilih yang lebih besar dari 14 inchi.

Ukuran layar yang kurang dari 11 inchi memang sangat bisa dibawa kemana-mana dan tidak membutuhkan ruang yang luas untuk menyimpannya. Tetapi ukuran layar yang hanya segini jelas memberikan beberapa keterbatasan pada Anda, terutama jika Anda ingin melihat 2 layer sekaligus.

Sebaliknya, jika Anda memilih laptop yang ukuran layarnya lebih besar dari 14 inchi, ini juga cukup menyulitkan, karena biasanya laptop yang 14 inchi saja sudah cukup berat dan membutuhkan banyak ruang untuk menyimpannya, apalagi yang lebih dari 14 inchi.

8. Dukungan Aplikasi
Sebaiknya pilih laptop yang bisa menampung banyak aplikasi. Mengapa? Karena laptop yang seperti ini sangat bisa membantu Anda menyelesaikan tugas kuliah Anda. Maka dari itu, periksa laptop yang hendak dibeli terlebih dahulu dengan baik.

9. Storage
Selanjutnya, pertimbangkan laptop yang hardisk storagenya sesuai dengan kebutuhan Anda. Biasanya, hardisk dengan 320GB saja sudah cukup untuk mahasiswa, tetapi Anda bisa memilih yang 500GB supaya kinerjanya lebih optimal.

10. Beli di Toko yang Terpercaya dan Cek Kelengkapannya
Wajib bagi Anda untuk membeli laptop di toko yang terpercaya, baik itu toko offline maupun toko online. Selanjutnya, sebelum Anda membawa laptop pulang, cek terlebih dahulu kelengkapannya. Pastikan bahwa kondisi laptop memang sedang tersegel baik di bagian luar maupun bagian dalamnya. Cek juga kelengkapan yang lainnya seperti charger, tas serta mouse.

Tips Membeli Laptop Bekas
Ketika Anda sedang mempertimbangkan laptop bekas untuk Anda pilih, inipun sebaiknya tidak Anda lakukan dengan sembarangan. Ikuti beberapa tips singkat di bawah ini supaya Anda mendapatkan laptop bekas yang terbaik, yang bisa membantu Anda menyelesaikan berbagai tugas yang dibebankan kepada Anda, antara lain:

1. Sebelum Anda masuk ke forum yang menjual laptop bekas, ada baiknya Anda bertanya-tanya pada teman Anda terlebih dahulu, adakah yang ingin menjual laptopnya ataukah tidak. Kalaupun tidak, Anda bisa meminta rekomendasi pada mereka, dimanakah tempat yang terpercaya untuk membeli laptop bekas

2. Sebaiknya cari tahu terlebih dahulu berapa kisaran harga pasar laptop bekas yang Anda maksud. Dengan begini, Anda bisa menjadikannya sebagai dasar untuk melakukan negosiasi dengan sang penjual

3. Selanjutnya, cari laptop bekas yang masa pakainya masih di bawah 1 tahun. Biasanya laptop bekas dengan masa pakai singkat seperti ini masih ‘dilindungi’ oleh garansi sehingga kualitasnya masih cukup terjamin. Jangan tergiur dengan laptop bekas murah tetapi masa pakainya sudah bertahun-tahun, karena laptop yang seperti ini ada kemungkinan sudah pernah mengalami kerusakan

4. Periksa kondisi hardware laptop, pastikan bahwa semuanya baik-baik saja dan sesuai dengan apa yang dijelaskan oleh si penjual. Lakukan pemeriksaan ini secara menyeluruh. Tidak perlu merasa sungkan dengan penjual sekalipun pemeriksaan ini membutuhkan waktu yang lama, karena di sini status Anda adalah calon pembeli, bukan peminta.

5. Selanjutnya, pastikan bahwa spesifikasi laptop memang sesuai dengan yang telah disebutkan oleh penjual.  Untuk melakukannya, Anda bisa membuka menu setting, atau bisa juga dengan menekan Start + R pada keyboard, kemudian ketik dxdiag, setelah itu tekan enter.

Demikian tentang Cara Memilih Laptop yang Baik untuk Mahasiswa. Semoga bermanfaat.
Sumber https://www.websitependidikan.com/

Belum ada Komentar untuk "10 Cara Memilih Laptop yang Baik untuk Mahasiswa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel