Contoh Soal USBN Sosiologi SMA dan Kunci Jawabannya
Sebelumnya, admin telah menuliskan Contoh soal-soal USBN Sosiologi SMA dan Kunci jawabannya, tetapi pada tulisan tersebut, materi yang ada di ambil dari soal sosiologi kelas xii semester 2. Tentunya berbeda dengan soal USBN Sosiologi yang ada pada tulisan ini, karena semua soal yang ada, diambil dari soal tahun sebelumnya, sesuai dengan kisi-kisi USBN sosiologi dan sangat bagus untuk dijadikan referensi pembelajaran dalam menghadapi ujian sekolah tahun ini.
Baca juga contoh soal-soal ujian tahun 2019 : Soal UN/UNBK Sosiologi dan Kunci Jawaban Lengkap dengan Pembahasan
Oke, berikut contoh soal USBN Sosiologi SMA/MA/Sederajatnya dan kunci jawabannya
1. Perhatikan ciri-ciri berikut!
1).Empiris
2)Kategoris
3)Teoritis
4)Komulsif
Yang termasuk ciri-ciri sosiologi sebagai ilmu adalah….
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 2 dan 4
E. 3 dan 4
Jawaban: B
2. Sosiologi dapat digunakan dalam kajian yang lebih luas yaitu meliputi perencanaan program kebijakan pembangunan yang sesuai dengan kearifan lokal masyarakat. Dari uraian tersebut maka fungsi sosiologi adalah membantu dalam merencanakan....
A. pembangunan dan penelitian
B. penelitian dan kontrol sosial
C. pembangunan dan analisis
D. penelitian dan analisis
E. pembangunan dan kontrol
Jawaban: E
3. Ibu menasehati adik agar ikut membawa alat-alat untuk memasak ke sekolah seperti teman sekelompoknya. Pada mulanya adik keberatan karena menganggap merepotkan jika harus membawa kompor ke sekolah, walau akhirnya ia menuruti nasehat ibu. Ilustrasi tersebut menjelaskan fungsi nilai sebagai ....
A. pemaksa individu dalam berperilaku
B. pembentuk solidaritas dalam kelompok
C. pemberi sanksi pada perilaku menyimpang
D. pengatur cara berpikir individu untuk hidup
E. penerjemah dalam pelaksanaan norma sosial
Jawaban: D
4. Menjelang Pilkada untuk pemilihan Gubernur Banten partai-partai politik melakukan kerjasama dengan tujuan memenangkan Pilkada. Ditinjau dari bentuk interaksi sosialnya, tujuan kerjasama dalam memenangkan pilkada termasuk....
A. koalisi
B. joint venture
C. kooptasi
D. bersaing
E. koersi
Jawaban: A
5. Pada saat orientasi peserta didik baru, sekolah memberikan penjelasan tentang tata tertib yang harus dipatuhi oleh para siswa selama menempuh pendidikan di sekolah. Oleh karenanya setiap siswa berusaha berperilaku sesuai tata tertib sekolah. Faktor pembentuk keteraturan tersebut adalah ....
A. ketertiban
B. keteraturan
C. sosialisasi
D. keajegan
E. Kesadaran
Jawaban: B
6. Orang tua selalu mengajak anaknya untuk berkunjung ke rumah kerabatnya terutama saat hari raya Idul Fitri. Orang tua berkeinginan agar anaknya tetap menyambung silaturahmi dan terus mengenal para kerabat. Tujuan sosialisasi dalam hal ini adalah ....
A. memperoleh peluang dibantu kerabat dalam hidupnya
B. mendapatkan uang saku yang banyak saat berkunjung
C. mengetahui status keluarga di antara para kerabat luas
D. membanggakan keberhasilan keluarga kepada kerabat
E. mengembangkan nilai afeksi anak pada kerabat keluarga
Jawaban: E
7. Di perempatan atau pertigaan jalan biasanya dipasang lampu pengatur lalu lintas. Pemasangan tersebut dilanggar oleh warga pengguna jalan maka polisi dapat menyatakan tilang. Perilaku yang dipatuhi tersebut termasuk jenis norma....
A. mores
B. folkways
C. custom
D. laws
E. usage
Jawaban: D
8. Guru memberikan ulangan bagi siswa-siswa di kelas untuk mengukur ketercapaian belajarnya. Dari hasil ulangan dapat dikelompokkan siswa yang sangat pandai, pandai, dan kurang pandai. Panji yang tadinya tergolong kelompok bawah dengan ketekunan belajarnya sekarang menjadi peringkat ketiga di kelas. Sifat stratifikasi seperti ilustrasi menunjukkan bahwa ....
A. terjadi pembagian tiga kelompok secara berjenjang
B. tingkat keberhasilan belajar siswa bersifat dinamis
C. seorang siswa tidak mungkin turun hasil belajarnya
D. juara kelas selalu siswa yang paling dekat dengan guru
E. perubahan strata tergantung kevalidan alat ukurnya
Jawaban: B
9. Diki berasal dari keluarga broken home. Ia sering mengonsumsi minuman keras dan melakukan tindakan yang melanggar peraturan. Faktor utama penyebab perilaku menyimpang yang dilakukan Diki adalah....
A. kurangnya pengawasan dari masyarakat
B. lingkungan sosial budaya yang berbeda
C. tidak adanya sanksi hukum yang tegas
D. sosialisasi subbudaya meyimpang
E. proses sosialisasi tidak sempurna
Jawaban: E
10. Perhatikan gambar hubungan antarkelompok berikut!
Konsekuensi dari struktur sosial seperti bagan di atas adalah ....
A. muncul integrasi kelompok yang satu terhadap yang lain
B. mudah dalam berkomunikasi karena saling sepaham
C. interaksi menimbulkan potensi konflik horizontal
D. kerjasama antarkeduanya membentuk kerukunan
E. terjadi peleburan budaya pada kedua kelompok
Jawaban: C
Lanjut ke soal nomor 11-20 => Contoh Soal USBN Sosiologi SMA dan Kunci Jawabannya Part-2 Sumber https://umar-danny.blogspot.com/
Baca juga contoh soal-soal ujian tahun 2019 : Soal UN/UNBK Sosiologi dan Kunci Jawaban Lengkap dengan Pembahasan
Oke, berikut contoh soal USBN Sosiologi SMA/MA/Sederajatnya dan kunci jawabannya
1. Perhatikan ciri-ciri berikut!
1).Empiris
2)Kategoris
3)Teoritis
4)Komulsif
Yang termasuk ciri-ciri sosiologi sebagai ilmu adalah….
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 2 dan 4
E. 3 dan 4
Jawaban: B
2. Sosiologi dapat digunakan dalam kajian yang lebih luas yaitu meliputi perencanaan program kebijakan pembangunan yang sesuai dengan kearifan lokal masyarakat. Dari uraian tersebut maka fungsi sosiologi adalah membantu dalam merencanakan....
A. pembangunan dan penelitian
B. penelitian dan kontrol sosial
C. pembangunan dan analisis
D. penelitian dan analisis
E. pembangunan dan kontrol
Jawaban: E
3. Ibu menasehati adik agar ikut membawa alat-alat untuk memasak ke sekolah seperti teman sekelompoknya. Pada mulanya adik keberatan karena menganggap merepotkan jika harus membawa kompor ke sekolah, walau akhirnya ia menuruti nasehat ibu. Ilustrasi tersebut menjelaskan fungsi nilai sebagai ....
A. pemaksa individu dalam berperilaku
B. pembentuk solidaritas dalam kelompok
C. pemberi sanksi pada perilaku menyimpang
D. pengatur cara berpikir individu untuk hidup
E. penerjemah dalam pelaksanaan norma sosial
Jawaban: D
4. Menjelang Pilkada untuk pemilihan Gubernur Banten partai-partai politik melakukan kerjasama dengan tujuan memenangkan Pilkada. Ditinjau dari bentuk interaksi sosialnya, tujuan kerjasama dalam memenangkan pilkada termasuk....
A. koalisi
B. joint venture
C. kooptasi
D. bersaing
E. koersi
Jawaban: A
5. Pada saat orientasi peserta didik baru, sekolah memberikan penjelasan tentang tata tertib yang harus dipatuhi oleh para siswa selama menempuh pendidikan di sekolah. Oleh karenanya setiap siswa berusaha berperilaku sesuai tata tertib sekolah. Faktor pembentuk keteraturan tersebut adalah ....
A. ketertiban
B. keteraturan
C. sosialisasi
D. keajegan
E. Kesadaran
Jawaban: B
6. Orang tua selalu mengajak anaknya untuk berkunjung ke rumah kerabatnya terutama saat hari raya Idul Fitri. Orang tua berkeinginan agar anaknya tetap menyambung silaturahmi dan terus mengenal para kerabat. Tujuan sosialisasi dalam hal ini adalah ....
A. memperoleh peluang dibantu kerabat dalam hidupnya
B. mendapatkan uang saku yang banyak saat berkunjung
C. mengetahui status keluarga di antara para kerabat luas
D. membanggakan keberhasilan keluarga kepada kerabat
E. mengembangkan nilai afeksi anak pada kerabat keluarga
Jawaban: E
7. Di perempatan atau pertigaan jalan biasanya dipasang lampu pengatur lalu lintas. Pemasangan tersebut dilanggar oleh warga pengguna jalan maka polisi dapat menyatakan tilang. Perilaku yang dipatuhi tersebut termasuk jenis norma....
A. mores
B. folkways
C. custom
D. laws
E. usage
Jawaban: D
8. Guru memberikan ulangan bagi siswa-siswa di kelas untuk mengukur ketercapaian belajarnya. Dari hasil ulangan dapat dikelompokkan siswa yang sangat pandai, pandai, dan kurang pandai. Panji yang tadinya tergolong kelompok bawah dengan ketekunan belajarnya sekarang menjadi peringkat ketiga di kelas. Sifat stratifikasi seperti ilustrasi menunjukkan bahwa ....
A. terjadi pembagian tiga kelompok secara berjenjang
B. tingkat keberhasilan belajar siswa bersifat dinamis
C. seorang siswa tidak mungkin turun hasil belajarnya
D. juara kelas selalu siswa yang paling dekat dengan guru
E. perubahan strata tergantung kevalidan alat ukurnya
Jawaban: B
9. Diki berasal dari keluarga broken home. Ia sering mengonsumsi minuman keras dan melakukan tindakan yang melanggar peraturan. Faktor utama penyebab perilaku menyimpang yang dilakukan Diki adalah....
A. kurangnya pengawasan dari masyarakat
B. lingkungan sosial budaya yang berbeda
C. tidak adanya sanksi hukum yang tegas
D. sosialisasi subbudaya meyimpang
E. proses sosialisasi tidak sempurna
Jawaban: E
10. Perhatikan gambar hubungan antarkelompok berikut!
Konsekuensi dari struktur sosial seperti bagan di atas adalah ....
A. muncul integrasi kelompok yang satu terhadap yang lain
B. mudah dalam berkomunikasi karena saling sepaham
C. interaksi menimbulkan potensi konflik horizontal
D. kerjasama antarkeduanya membentuk kerukunan
E. terjadi peleburan budaya pada kedua kelompok
Jawaban: C
Lanjut ke soal nomor 11-20 => Contoh Soal USBN Sosiologi SMA dan Kunci Jawabannya Part-2 Sumber https://umar-danny.blogspot.com/
Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal USBN Sosiologi SMA dan Kunci Jawabannya"
Posting Komentar