Contoh Soal USBN Sejarah SMA Kurikulum 2013 dan Kunci Jawabannya
Sebelumnya, admin telah mem-publish soal USBN Sejarah SMA KTSP, dimana soal-soal sejarah yang ada di tulisan tersebut diambil dari soal paket utama (paket satu). Dan untuk tulisan yang sekarang sedang Anda baca, soal diambil dari paket utama juga, tetapi dengan materi soal yang berbeda. Karena memang soal-soal USBN yang admin publish, mengacu pada kurikulum 2013 (K13).
Ada sekitar 45 butir soal (40 PG + 5 Essay) USBN SMA Sejarah yang bisa Anda jadikan referensi belajar, sebelum menghadapi USBN sejarah di tahun ini.
1. Secara etimologi kata Sejarah berasal dari Bahasa Arab Syajaratun yang berarti pohon. Adapun pengertian sejarah secara isitilah dijelaskan dalam pernyataan berikut ini, kecuali ... .
A. ilmu yang mempelajari peristiwa-peristiwa pada masa lampau
B. sejumlah perubahan/kejadian dan peristiwa-peristiwa di sekitar kita
C. kisah-kisah pada masa lampau yang tidak terkait dengan kehidupan masa kini
D. peristiwa – peristiwa yang terjadi pada masa lampau dalam kehidupan manusia
E. catatan-catatan tentang peristiwa masa lampau yang disusun berdasarkan peninggalan- peninggalannya
Jawaban: D
2. Berdasarkan tingkat penyampaiannya, sumber sejarah dibagi menjadi sumber primer, sekunder dan tersier. Adapun sumber primer adalah…
A. informasi yang diperoleh dari prantara
B. informasi yang dituturkan oleh pihak ketiga
C. informasi yang diperoleh dari pelaku atau saksi sejarah
D. informasi yang diperoleh dari sumber rekaman
E. informasi yang diperoleh dari benda sejarah
Jawaban: C
3. Contoh periodisasi peristiwa sejarah Indonesia yang tersusun secara kronologis adalah….
A. Masa Kerajaan Hindu-Buddha – masa Kerajaan Islam – masa pendudukan Jepang – masa kemerdekaan
B. Masa Kerajaan Islam – masa Kerajaan Hindu-Buddha – masa Kolonial Belanda – masa pendudukan Jepang
C. Masa kemerdekaan – masa pendudukan Jepang – masa Kerajaan Hindu-Buddha – masa Kerajaan Islam – masa Kolonial Belanda
D. Masa pendudukan Jepang – masa Kolonial Belanda – masa Kerajaan Islam – masa Kerajaan Hindu-Buddha – masa kemerdekaan
E. Masa Kerajaan Hindu-Buddha – masa Kerajaan Islam – masa Kolonial Belanda – masa pendudukan Jepang – masa kemerdekaan
Jawaban: E
4. Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945 dijelaskan dengan menguraikan berbagai aspek seperti sosial, ekonomi, dan politik dikenal dengan cara berfikir ... .
A. sinkronik
B. kausalitas
C. monokausalitas
D. kronologis
E. periodisasi
Jawaban: A
5. Perhatikan data di bawah ini :
1) Bandung Lautan Api
2) Wayang Kulit
3) Supersemar
4) G 30 S/PKI
5) Ondel - ondel
Dari data diatas yang termasuk contoh sejarah sebagai peristiwa ditunjukan pada nomor ….
A. 1, 2, 3
B. 2, 3, 4
C. 3, 4, 5
D. 1, 3, 4
E. 2, 3, 5
Jawaban: D
6. Sejarah sebagai sebuah konsep dinilai sebagai ilmu pengetahuan karena bersifat empiris, yang berarti ....
A. disusun berdasarkan perenungan yang mendalam
B. memiliki sasaran dan obyek manusia dalam sudut pandang waktu
C. disusun berdasarkan pengalaman atau peninggalan
D. memiliki kaidah tertentu yang bersifat ilmiah
E. sejarahwan menyatukan diri dengan obyek yang ditelitinya
Jawaban: B
7. Tahap akhir dalam penelitian sejarah dilakukan oleh seorang peneliti adalah menuangkan daya pikir kritis dan analisis ke dalam suatu penulisan yang utuh. Tahap ini disebut ….
A. interpretasi
B. verifikasi
C. pengolahan
D. historiografi
E. analisis
Jawaban: D
8.
Gambar di atas adalah orang-orang yang berasal dari suku bangsa Dayak dan Toraja, yang merupakan keturunan suku bangsa Proto Melayu. Pernyataan di bawah ini yang bukan ciri Proto Melayu adalah….
A. datang dari Cina bagian selatan (Yunan) pada 1500-500 SM
B. berkebudayaan batu muda (Neolitikum)
C. berambut lurus, kulit kuning kecoklatan, bermata sipit
D. mendiami daerah Indonesia bagian Timur (Dayak, Toraja, Mentawai)
E. hasil Budaya berupa kapak lonjong
Jawaban: B
9.
Gambar diatas merupakan hasil – hasil kebudayaan peninggalan manusia pra-aksara pada masa ….
A. berburu dan mengumpulkan makanan
B. beternak dan bercocok tanam
C. Neolitikum
D. Megalitikum
E. Perundagian
Jawaban: E
10. Berdasarkan Teori Brahmana, perluasan budaya India dilakukan dengan cara ….
A. kolonisasi oleh orang – orang India di Indonesia
B. perkawinan antara golongan Brahmana dan orang Indonesia
C. melakukan hubungan dagang antara orang Indonesia dengan India
D. penyerbuan oleh Kerajaan India ke Kerajaan Indonesia
E. mengundang golongan Brahmana untuk melegitimasi penguasa
Jawaban: A
Lanjut ke soal nomor 11-20 => Contoh Soal USBN Sejarah SMA Kurikulum 2013 dan Kunci Jawabannya Part-2 Sumber https://umar-danny.blogspot.com/
Ada sekitar 45 butir soal (40 PG + 5 Essay) USBN SMA Sejarah yang bisa Anda jadikan referensi belajar, sebelum menghadapi USBN sejarah di tahun ini.
Baca juga: 45 Soal USBN Sejarah SMA Kurikulum 2013 Beserta Jawaban (Paket Cadangan)Oke, berikut contoh soal beserta jawabannya.
1. Secara etimologi kata Sejarah berasal dari Bahasa Arab Syajaratun yang berarti pohon. Adapun pengertian sejarah secara isitilah dijelaskan dalam pernyataan berikut ini, kecuali ... .
A. ilmu yang mempelajari peristiwa-peristiwa pada masa lampau
B. sejumlah perubahan/kejadian dan peristiwa-peristiwa di sekitar kita
C. kisah-kisah pada masa lampau yang tidak terkait dengan kehidupan masa kini
D. peristiwa – peristiwa yang terjadi pada masa lampau dalam kehidupan manusia
E. catatan-catatan tentang peristiwa masa lampau yang disusun berdasarkan peninggalan- peninggalannya
Jawaban: D
2. Berdasarkan tingkat penyampaiannya, sumber sejarah dibagi menjadi sumber primer, sekunder dan tersier. Adapun sumber primer adalah…
A. informasi yang diperoleh dari prantara
B. informasi yang dituturkan oleh pihak ketiga
C. informasi yang diperoleh dari pelaku atau saksi sejarah
D. informasi yang diperoleh dari sumber rekaman
E. informasi yang diperoleh dari benda sejarah
Jawaban: C
3. Contoh periodisasi peristiwa sejarah Indonesia yang tersusun secara kronologis adalah….
A. Masa Kerajaan Hindu-Buddha – masa Kerajaan Islam – masa pendudukan Jepang – masa kemerdekaan
B. Masa Kerajaan Islam – masa Kerajaan Hindu-Buddha – masa Kolonial Belanda – masa pendudukan Jepang
C. Masa kemerdekaan – masa pendudukan Jepang – masa Kerajaan Hindu-Buddha – masa Kerajaan Islam – masa Kolonial Belanda
D. Masa pendudukan Jepang – masa Kolonial Belanda – masa Kerajaan Islam – masa Kerajaan Hindu-Buddha – masa kemerdekaan
E. Masa Kerajaan Hindu-Buddha – masa Kerajaan Islam – masa Kolonial Belanda – masa pendudukan Jepang – masa kemerdekaan
Jawaban: E
4. Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945 dijelaskan dengan menguraikan berbagai aspek seperti sosial, ekonomi, dan politik dikenal dengan cara berfikir ... .
A. sinkronik
B. kausalitas
C. monokausalitas
D. kronologis
E. periodisasi
Jawaban: A
5. Perhatikan data di bawah ini :
1) Bandung Lautan Api
2) Wayang Kulit
3) Supersemar
4) G 30 S/PKI
5) Ondel - ondel
Dari data diatas yang termasuk contoh sejarah sebagai peristiwa ditunjukan pada nomor ….
A. 1, 2, 3
B. 2, 3, 4
C. 3, 4, 5
D. 1, 3, 4
E. 2, 3, 5
Jawaban: D
6. Sejarah sebagai sebuah konsep dinilai sebagai ilmu pengetahuan karena bersifat empiris, yang berarti ....
A. disusun berdasarkan perenungan yang mendalam
B. memiliki sasaran dan obyek manusia dalam sudut pandang waktu
C. disusun berdasarkan pengalaman atau peninggalan
D. memiliki kaidah tertentu yang bersifat ilmiah
E. sejarahwan menyatukan diri dengan obyek yang ditelitinya
Jawaban: B
7. Tahap akhir dalam penelitian sejarah dilakukan oleh seorang peneliti adalah menuangkan daya pikir kritis dan analisis ke dalam suatu penulisan yang utuh. Tahap ini disebut ….
A. interpretasi
B. verifikasi
C. pengolahan
D. historiografi
E. analisis
Jawaban: D
8.
Gambar di atas adalah orang-orang yang berasal dari suku bangsa Dayak dan Toraja, yang merupakan keturunan suku bangsa Proto Melayu. Pernyataan di bawah ini yang bukan ciri Proto Melayu adalah….
A. datang dari Cina bagian selatan (Yunan) pada 1500-500 SM
B. berkebudayaan batu muda (Neolitikum)
C. berambut lurus, kulit kuning kecoklatan, bermata sipit
D. mendiami daerah Indonesia bagian Timur (Dayak, Toraja, Mentawai)
E. hasil Budaya berupa kapak lonjong
Jawaban: B
9.
Gambar diatas merupakan hasil – hasil kebudayaan peninggalan manusia pra-aksara pada masa ….
A. berburu dan mengumpulkan makanan
B. beternak dan bercocok tanam
C. Neolitikum
D. Megalitikum
E. Perundagian
Jawaban: E
10. Berdasarkan Teori Brahmana, perluasan budaya India dilakukan dengan cara ….
A. kolonisasi oleh orang – orang India di Indonesia
B. perkawinan antara golongan Brahmana dan orang Indonesia
C. melakukan hubungan dagang antara orang Indonesia dengan India
D. penyerbuan oleh Kerajaan India ke Kerajaan Indonesia
E. mengundang golongan Brahmana untuk melegitimasi penguasa
Jawaban: A
Lanjut ke soal nomor 11-20 => Contoh Soal USBN Sejarah SMA Kurikulum 2013 dan Kunci Jawabannya Part-2 Sumber https://umar-danny.blogspot.com/
Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal USBN Sejarah SMA Kurikulum 2013 dan Kunci Jawabannya"
Posting Komentar