Juknis BSM (Bantuan Siswa Miskin) SMA SMK SLB Terbaru

Berikut ini adalah berkas Juknis BSM (Bantuan Siswa Miskin) SMA SMK SLB Terbaru. Download file format PDF.

 Berikut ini kutipan teks keterangan dari isi berkas Juknis BSM  Juknis BSM (Bantuan Siswa Miskin) SMA SMK SLB Terbaru
Juknis BSM (Bantuan Siswa Miskin) SMA SMK SLB Terbaru

Juknis BSM (Bantuan Siswa Miskin) SMA SMK SLB Terbaru

Berikut ini kutipan teks keterangan dari isi berkas Juknis BSM (Bantuan Siswa Miskin) SMA SMK SLB Terbaru:

Kemiskinan masih menjadi penyebab utama siswa putus sekolah atau drop out. Fenomena putus sekolah ini bahkan dikhawatirkan semakin meningkat seiring tingginya angka pengangguran, karena sempitnya lapangan kerja. Undang-Undang Dasar 1945 mengamanatkan Pemerintah untuk memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada rakyat untuk mengikuti pendidikan sampai tamat SMA, tanpa melihat latar belakang sosial, ekonomi, gender, dan geografis.

Amanat konstitusi ini diimplementasikan melalui kebijakan mensubsidi biaya pendidikan siswa miskin melalui Program Bantuan Siswa Miskin (BSM), yang diberikan kepada Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri dan Swasta dari keluarga yang kurang mampu di Jawa Tengah, dan disalurkan setiap tahun. Untuk tahun 2017, satuan biaya BSM per siswa per tahun sebesar Rp. 1.000.000,00 (satu juta rupiah). Total alokasi anggaran BSM sebesar Rp. 10.000.000,00 (sepuluh milyar rupiah) yang akan disalurkan kepada 10.000 (sepuluh ribu) siswa, dengan rincian SLB 123 siswa, SMA 3854 siswa dan SMK 6.023 siswa.

Bantuan dana BSM tersebut disalurkan langsung oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kepada para siswa penerima BSM di masing-masing sekolah. Kebijakan keberpihakan Pemerintah ini dapat berjalan dengan baik, apabila didukung komitmen yang kuat dari para pengelola yang mengatur mekanisme program, pengelolaan anggaran, pembagian tugas masing-masing instansi terkait, dan pengawasan pelaksanaan program BSM.

Petunjuk Teknis Bansos BSM Tahun 2017 ini akan menjadi pedoman bagi para pengelola BSM di sekolah dalam melaksanakan tugasnya. Materi pada pedoman ini merupakan hasil koordinasi, konsultasi Organisasi Perangkat daerah (OPD) terkait, evaluasi lapangan, diskusi yang intensif dengan sekolah, dan institusi audit dalam berbagai kesempatan. Namun demikian, kami menyadari bahwa Pedoman Teknis Penyaluran Dana BSM ini masih memerlukan penyempurnaan secara terus menerus, sehingga saran dan kritik sangat kami perlukan untuk perbaikan yang akan datang.

Semoga Pedoman Teknis ini bermanfaat bagi kita semua. Amiin.

Tujuan program Bantuan Sosial Bantuan Siswa Miskin antara lain:
  1. Memberi peluang bagi lulusan SMP/MTs atau yang sederajat dari keluarga kurang mampu untuk mengikuti pendidikan di Sekolah Menengah Atas;
  2. Mencegah siswa kurang mampu SMA, SMK dan SLB dari kemungkinan putus sekolah akibat kesulitan biaya pendidikan;
  3. Memberikan peluang   dan  kesempatan yang lebih besar kepada siswa kurang mampu SMA, SMK dan SLB untuk terus bersekolah hingga menyelesaikan pendidikannya.

    Download Juknis BSM (Bantuan Siswa Miskin) SMA SMK SLB Terbaru

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Juknis BSM (Bantuan Siswa Miskin) SMA SMK SLB Terbaru ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:

    Juknis BSM (Bantuan Siswa Miskin) SMA SMK SLB Terbaru



    Download File:
    Juknis BSM (Bantuan Siswa Miskin) SMA SMK SLB Terbaru.pdf

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Juknis BSM (Bantuan Siswa Miskin) SMA SMK SLB Terbaru. Semoga bisa bermanfaat.

    Sumber https://www.berkasedukasi.com/

    Belum ada Komentar untuk "Juknis BSM (Bantuan Siswa Miskin) SMA SMK SLB Terbaru"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel