ki kd kurikulum 2013 revisi 2017 smp bahasa indonesia
Bagi guru yang telah membuat rpp k13 bahasa indonesia revisi 2017 pastinya telah membuat ki kd edisi revisi 2017 yang sesuai dengan permendikbud nomor 24 tahun 2016. Artinya tinggal kopi paste saja untuk pengolahan nilai rapor.
Tetapi bagi guru yang belum memiliki ki kd versi revisi 2017 tidak perlu khawatir, karena akan admin bagikan secara lengkap dalam format doc.
Kompetensi inti dan kompetensi dasar k13 yang admin bagikan ini khusus kelas 7 semester 1, sedangkan untuk semester 2 juga kelas 8 dan 9 akan saya bagikan di postingan berikutnya. Selengkapnya ambil file ki kd dibawah ini
- Kompetensi Inti 3 (Pengetahuan) bahasa indonesia Doc - COMOT DISINI
- Kompetensi Dasar bahasa indonesia Doc - COMOT DISINI
- Kompetensi Inti 4 (Keterampilan) bahasa indonesia Doc - COMOT DISINI
- Kompetensi Dasar bahasa indonesia Doc - COMOT DISINI
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KOMPETENSI DASAR3.1. mengidentifikasi informasi dalam teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca
3.2. menelaah struktur dan kebahasaan dari teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan⁄atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca
3.3. mengidentifikasi unsur-unsur teks narasi (cerita imajinasi) yang dibaca dan didengar
3.4. menelaah struktur dan kebahasaan teks narasi (cerita imajinasi) yang dibaca dan didengar
3.5. mengidentifikasi teks prosedur tentang cara melakukan sesuatu dan cara membuat (cara memainkan alat musik/tarian daerah, cara membuat kuliner khas daerah, dll.) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar
3.6. menelaah struktur dan aspek kebahasaan teks prosedur tentang cara melakukan sesuatu dan cara membuat (cara memainkan alat musik/tarian daerah, cara membuat kuliner khas daerah, dll.) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar
3.7. mengidentifikasi informasi dari teks laporan hasil observasi berupa buku pengetahuan yang dibaca atau diperdengarkan
3.8. menelaah struktur, kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi yang berupa buku pengetahuan yang dibaca atau diperdengarkan
3.9. menemukan unsur-unsur dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca
3.10. menelaah hubungan unsur-unsur dalam buku fiksi dan nonfiksi
3.11. mengidentifikasi informasi (kabar, keperluan, permintaan, dan/atau permohonan) dari surat pribadi dan surat dinas yang dibaca dan didengar
3.12. menelaah unsur-unsur dan kebahasaan dari surat pribadi dan surat dinas yang dibaca dan didengar
3.13. mengidentifikasi informasi (pesan, rima, dan pilihan kata) dari puisi rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi rakyat setempat) yang dibaca dan didengar
3.14. menelaah struktur dan kebahasaan puisi rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi rakyat setempat) yang dibaca dan didengar
3.15. mengidentifikasi informasi tentang fabel/legenda daerah setempat yang dibaca dan didengar
3.16. menelaah struktur dan kebahasaan fabel/legenda daerah setempat yang dibaca dan didengar
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
KOMPETENSI DASAR4.1. menjelaskan isi teks deskripsi objek (tempat wisata, tempat bersejarah, pentas seni daerah, kain tradisional, dll) yang didengar dan dibaca secara lisan, tulis, dan visual
4.2. menyajikan data, gagasan, kesan dalam bentuk teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan⁄atau suasana pentas seni daerah) secara tulis dan lisan dengan memperhatikan struktur, kebahasaan baik secara lisan maupun tulis
4.3. menceritakan kembali isi teks narasi (cerita imajinasi) yang didengar dan dibaca secara lisan, tulis, dan visual
4.4. menyajikan gagasan kreatif dalam bentuk cerita imajinasi secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, penggunaan bahasa, atau aspek lisan
4.5. menyimpulkan isi teks prosedur tentang cara memainkan alat musik daerah, tarian daerah, cara membuat cinderamata, dan/atau kuliner khas daerah) yang dibaca dan didengar
4.6. menyajikan data rangkaian kegiatan ke dalam bentuk teks prosedur (tentang cara memainkan alat musik daerah, tarian daerah, cara membuat cinderamata, dll) dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, dan isi secara lisan dan tulis
4.7. menyimpulkan isi teks laporan hasil observasi berupa buku pengetahuan yang dibaca dan didengar
4.8. menyajikan rangkuman teks laporan hasil observasi yang berupa buku pengetahuan secara lisan dan tulis dengan memperhatikan kaidah kebahasaan atau aspek lisan
4.9. membuat peta pikiran/sinopsis tentang isi buku nonfiksi/buku fiksi yang dibaca
4.10. menyajikan tanggapan secaralisan, tulis, dan visualterhadap isi buku fiksi/nonfiksi yang dibaca
4.11. menyimpulkan isi (kabar, keperluan, permintaan, dan/atau permohonan) surat pribadi dan surat dinas yang dibaca atau diperdengarkan
4.12. menulis surat (pribadi dan dinas) untuk kepentingan resmi dengan memperhatikan struktur teks, kebahasaan, dan isi
4.13. menyimpulkan isi puisi rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi rakyat setempat) yang disajikan dalam bentuk tulis dan lisan
4.14. menelaah struktur dan kebahasaan puisi rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi rakyat setempat) yang dibaca dan didengar
4.15. menceritakan kembali isi cerita fabel/legenda daerah setempat yang dibaca/didengar
4.16. memerankan isi fabel/legenda daerah setempat yang dibaca dan didengar
Sumber https://www.guru-id.com/
Belum ada Komentar untuk "ki kd kurikulum 2013 revisi 2017 smp bahasa indonesia"
Posting Komentar