Contoh Soal dan Jawaban Bahasa Indonesia Kelas X Semester 2 (Pilihan Ganda) Part-2
Melanjutkan tulisan Contoh Soal dan Jawaban Bahasa Indonesia Kelas X Semester 2 (Pilihan Ganda) bagian pertama (soal nomor 1-15). Bagian kedua PG B. Indonesia berisikan materi yang sama dengan soal essay bagian kedua, yaitu tentang mendengarkan informasi melalui tuturan tidak langsung, memberikan persetujuan atau dukungan terhadap artikel dan membaca memindai tabel atau grafik....
Okee..berikut contoh soal B. Indonesia kelas 10 semester dua beserta jawabannya, dimulai dari soal nomor 16.
(Grafik untuk soal nomor 16 dan 17)
16. Pernyataan berikut yang sesuai dengan grafik di atas adalah ....
a. Jumlah angkatan kerja yang tamat SD lebih tinggi dari pada tidak tamat SD.
b. Persentase angkatan kerja dari perguruan tinggi tidak mencapai 10%.
b. Angkatan kerja yang tamat SMP mencapai 10%.
d. Jumlah angkatan kerja dari yang tidak sekolah meduduki peringkat paling tinggi.
e. Persentase angkatan kerja dari yang tidak tamat SD lebih rendah dari yang tamat SD.
Jawaban: c
17. Persentase angkatan kerja tamat SMA mencapai .... %
a. 5
b. 10
c. 14
d. 15
e. 16
Jawaban: c
18. “Adanya pendidikan nonformal merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan bagi mereka yang belum sempat mengenyam pendidikan formal. Dengan kata lain, pendidikan nonformal adalah salah satu pilihan dalam mengakses pendidikan di Indonesia. Oleh karena itu, tidak ada alasan bagi institusi pendidikan ataupun dunia industri di Solo untuk membedakan lulusan Kejar Paket,” ujar Kelik kepada wartawan di ruang kerjanya pekan lalu.
Hal berikut yang bukan merupakan isi dari paragraf di atas adalah ....
a. Pendidikan nonformal untuk meningkatkan kualitas pendidikan bagi mereka yang belum sempat mengenyam pendidikan formal.
b. Pendidikan nonformal adalah salah satu pilihan dalam mengakses pendidikan di Indonesia.
c. Institusi pendidikan ataupun dunia industri di Solo dimohon untuk tidak membedakan lulusan Kejar Paket.
d. Kelik menghimbau untuk tidak membedakan lulusan Kejar Paket dengan lulusan pendidikan lainnya.
e. Pendidikan nonformal satu-satunya pilihan dalam mengakses pendidikan di Indonesia.
Jawaban: e
19. Kepala Subdinas (Kasubdin) Pendidikan Masyarakat Pemuda dan Olahraga (PMPO) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Solo, Drs. Kelik Isnawan mengungkap, jangan sampai ada anggapan jika kualitas lulusan Kejar Paket yang notabene bagian dari pendidikan nonformal lebih rendah daripada lulusan pendidikan formal.
Unsur-unsur yang terdapat dalam berita di atas adalah ....
a. siapa dan apa
b. kapan dan dimana
c. mengapa dan bagaimana
d. mengapa dan di mana
e. kapan dan mengapa
Jawaban: a
20. Lembaga pendidikan yang setara dengan SMP adalah ....
a. kejar paket A
c. kejar paket B
d. kejar paket C
d. sekolah penyetaraan A
e. sekolah penyetaraan B
Jawaban: b
21. Putusan MK yang memerintahkan pemerintah menambah anggaran pendidikan di APBN langsung disambut gembira Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas). Meraka untuk merealisasikan seluruh program pendidikan, mulai BOS (bantuan oprasional sekolah) hingga rehabilitasi gedung sekolah.
Sekretaris Jenderal Depdiknas, Prof. Dr. Ir. Dodi Nandika mengatakan, putusan MK itu sangat arif karena sudah mengikuti sejumlah pertimbangan yang matang. “Saya sempat mengikuti beberapa kali sidang MK. Putusan yang disampaikan MK sudah melalui pertimbangan dan harus kita cermati,” papar Dodi saat dihubungi Jawa Pos tadi malam.
Hal berikut yang bukan merupakan isi dari wacana di atas adalah ....
a. MK memerintahkan pemerintah untuk menambah anggaran pendidikan di APBN.
b. Putusan MK yang memerintahkan pemerintah menambah anggaran pendidikan di APBN disambut gembira Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas).
c. Depdiknas akan menggunakan alokasi dana itu untuk merealisasikan seluruh program pendidikan, mulai dari bantuan oprasional sekolah hingga rehabilitasi gedung sekolah.
d. Prof. Dr. Ir. Dodi Nandika sempat mengikuti beberapa kali sidang MK.
e. Putusan yang disampaikan MK harus dipertimbangkan lagi.
Jawaban: e
22. Membaca sesuatu dengan cara melihat dengan cermat atas sesuatu yang dibaca disebut membaca....
a. indah
b. intensif
c. dalam hati
d. bersuara
e. memindai
Jawaban: e
23. Gamelan Terpengaruh Musik Eropa
Adjunt Profesor Musik Departemen Wesleyan University USA, Prof. Dr. Sumarsam mengatakan, di Amerika ada radio yang menyiarkan gending-gending Jawa. Juga ada perguruan tinggi yang memberikan mata kuliah gamelan. Namun, mata kuliah gamelan hanya mata kuliah pilihan. Umumnya mata kuliah tingkat S1 sifatnya umum. Dikatakan Prof. Dr. Sumarsam, perguruan tinggi disana juga mempunyai keterbatasan. Jadi, dia setuju kalau ada yang menyatakan suatu saat bisa terjadi orang Jawa belajar gamelan di Amerika. “Mereka hanya untuk mengungkapkan bahwa di AS gamelan mendapat perhatian, sementara di Jawa sendiri seperti tersisih,” kata Sumarsam di pusat kebudayaan UGM.
Menurut Sumarsam, sudah sejak abad ke-19 musik gamelan terpengaruh musik Eropa. Waktu itu lagu kebangsaan Belanda “Wihelmus” diiringi gamelan untuk mengiringi miyos-nya raja dan keluarganya di hadapan umum. Sejak itu, musik Eropa masuk keraton.
Berikut yang bukan merupakan pokok-pokok isi dalam teks berita tersebut adalah ....
a. Gending-gending Jawa telah lama dipelajari di Amerika.
b. Gending-gending Jawa kurang mendapat perhatian di Jawa.
c. Gending-gending Jawa terpengaruh musik Eropa.
d. Gending-gending Jawa akan mendapat perhatian di Jawa.
e. Gending-gending Jawa disukai anak remaja di Amerika.
Jawaban: d
24. Pernyataan yang salah tentang penyajian data melalui tabel atau grafik adalah ....
a. Data yang disajikan dalam bentuk tabel dapat menarik perhatian pembaca.
b. Data jumlah siswa, jumlah lulusan, kependudukan, dan sejenisnya lebih mudah dilihat secara visual jika dinyatakan dalam bentuk angka-angka.
c. Table menyajikan data yang diklasifikasikan secara sistematis menurut kesatuan tertentu.
d. Dari tabel kita mengetahui secara panjang lebar uraian data atau sesuatu.
e. Dari judul tabel kita dapat mengetahui mengenai apa, di mana, dan bagaimana perkembangan sesuatu.
Jawaban: d
25. Saya pulang sekolah. Waktu itu cuaca cerah. Dalam perjalanan saya melihat jalan-jalan dan pohon-pohon basah semua. Pekarangan pun tampak becek. Bahkan di sana-sini air kecokelatan tampak menggenang.
Dari paragraf di atas dapat disimpulkan bahwa ....
a. air kali meluap
b. tadi turun hujan
c. ada bendungan jebol
d. banyak orang berteduh
e. orang buang sampah di selokan
Jawaban: b
26. Sebagai tempat hidup, laut mempunyai kelebihan dibandingkan darat. Kelebihan-kelebihan laut, antara lain suhu yang berubah-ubah, dukungan yang banyak untuk melawan gravitasi bumi, dan air yang cukup tersedia. Dengan air yang cukup tersebut, makhluk hidup di laut dapat menyerap air langsung masuk ke sistem tubuh. Makhluk hidup di laut dapat memperoleh oksigen dan karbon.
Paragraf di atas menggunakan pola pengembang ....
a. deduksi
b. induksi
c. deskripsi
d. narasi
e. silogisme
Jawaban: c
27. Di belakang bukit sebelah selatan, padang ilalang terbentang luas. Ketika itu bunga-bunga sudah bermunculan. Putik tipis terumbai-umbai bergerak ditiup angin, seperti busa air kali yang deras.
Jika ditinjau dari cara pemaparannya, paragraf di atas merupakan karangan ....
a. narasi
b. deskripsi
c. argumentasi
d. persuasi
e. eksposisi
Jawaban: b
28. (1) Polisi lalu lintas sibuk mengatur kemacetan lalu lintas.
(2) Di jalan samping, empat orang siswa berkendara menyerempet mobil hingga pingsan dan luka-luka.
(3) Korban diangkut ke rumah sakit.
(4) Keluarga korban bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.
(5) Untung tidak menimbulkan cedera bagi si korban.
Susunan paragraf yang baik dari kalimat-kalimat di atas adalah ....
a. (2)-(5)-(3)-(1)-(4)
b. (2)-(3)-(4)-(1)-(5)
c. (1)-(2)-(5)-(3)-(4)
d. (1)-(2)-(3)-(4)-(5)
e. (1)-(2)-(3)-(5)-(4)
Jawaban: c
(Paragraf untuk soal nomor 29 dan 30)
Lomba Karya Cipta dan Baca Puisi Tingkat Pelajar SMA/SMK wilayah eks Keresidenan Pekalongan dimaksudkan untuk memberikan wadah kreativitas bagi para siswa SMA dalam berkarya puisi. Selama ini, sebagian besar lomba yang ada hanyalah pembacaan puisi. Oleh karena itu, agar para siswa juga bisa menyalurkan karya puisi mereka, lomba karya cipta puisi itu diselenggarakan.
29. Berdasarkan letak gagasan pokoknya, paragraf di atas di sebut paragraf ....
a. deduktif
b. induktif
c. campuran
d. naratif
e. deskripsi
Jawaban: c
30. Paragraf di atas membahas tentang ....
a. manfaat lomba
b. maksud lomba
c. rencana lomba
d. juara terbaik
e. peserta lomba
Jawaban: b
Lanjut ke soal nomor 31-45 => Contoh Soal dan Jawaban Bahasa Indonesia Kelas X Semester 2 (Pilihan Ganda) Part-3 Sumber https://umar-danny.blogspot.com/
Okee..berikut contoh soal B. Indonesia kelas 10 semester dua beserta jawabannya, dimulai dari soal nomor 16.
(Grafik untuk soal nomor 16 dan 17)
16. Pernyataan berikut yang sesuai dengan grafik di atas adalah ....
a. Jumlah angkatan kerja yang tamat SD lebih tinggi dari pada tidak tamat SD.
b. Persentase angkatan kerja dari perguruan tinggi tidak mencapai 10%.
b. Angkatan kerja yang tamat SMP mencapai 10%.
d. Jumlah angkatan kerja dari yang tidak sekolah meduduki peringkat paling tinggi.
e. Persentase angkatan kerja dari yang tidak tamat SD lebih rendah dari yang tamat SD.
Jawaban: c
17. Persentase angkatan kerja tamat SMA mencapai .... %
a. 5
b. 10
c. 14
d. 15
e. 16
Jawaban: c
18. “Adanya pendidikan nonformal merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan bagi mereka yang belum sempat mengenyam pendidikan formal. Dengan kata lain, pendidikan nonformal adalah salah satu pilihan dalam mengakses pendidikan di Indonesia. Oleh karena itu, tidak ada alasan bagi institusi pendidikan ataupun dunia industri di Solo untuk membedakan lulusan Kejar Paket,” ujar Kelik kepada wartawan di ruang kerjanya pekan lalu.
Hal berikut yang bukan merupakan isi dari paragraf di atas adalah ....
a. Pendidikan nonformal untuk meningkatkan kualitas pendidikan bagi mereka yang belum sempat mengenyam pendidikan formal.
b. Pendidikan nonformal adalah salah satu pilihan dalam mengakses pendidikan di Indonesia.
c. Institusi pendidikan ataupun dunia industri di Solo dimohon untuk tidak membedakan lulusan Kejar Paket.
d. Kelik menghimbau untuk tidak membedakan lulusan Kejar Paket dengan lulusan pendidikan lainnya.
e. Pendidikan nonformal satu-satunya pilihan dalam mengakses pendidikan di Indonesia.
Jawaban: e
19. Kepala Subdinas (Kasubdin) Pendidikan Masyarakat Pemuda dan Olahraga (PMPO) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Solo, Drs. Kelik Isnawan mengungkap, jangan sampai ada anggapan jika kualitas lulusan Kejar Paket yang notabene bagian dari pendidikan nonformal lebih rendah daripada lulusan pendidikan formal.
Unsur-unsur yang terdapat dalam berita di atas adalah ....
a. siapa dan apa
b. kapan dan dimana
c. mengapa dan bagaimana
d. mengapa dan di mana
e. kapan dan mengapa
Jawaban: a
20. Lembaga pendidikan yang setara dengan SMP adalah ....
a. kejar paket A
c. kejar paket B
d. kejar paket C
d. sekolah penyetaraan A
e. sekolah penyetaraan B
Jawaban: b
21. Putusan MK yang memerintahkan pemerintah menambah anggaran pendidikan di APBN langsung disambut gembira Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas). Meraka untuk merealisasikan seluruh program pendidikan, mulai BOS (bantuan oprasional sekolah) hingga rehabilitasi gedung sekolah.
Sekretaris Jenderal Depdiknas, Prof. Dr. Ir. Dodi Nandika mengatakan, putusan MK itu sangat arif karena sudah mengikuti sejumlah pertimbangan yang matang. “Saya sempat mengikuti beberapa kali sidang MK. Putusan yang disampaikan MK sudah melalui pertimbangan dan harus kita cermati,” papar Dodi saat dihubungi Jawa Pos tadi malam.
Hal berikut yang bukan merupakan isi dari wacana di atas adalah ....
a. MK memerintahkan pemerintah untuk menambah anggaran pendidikan di APBN.
b. Putusan MK yang memerintahkan pemerintah menambah anggaran pendidikan di APBN disambut gembira Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas).
c. Depdiknas akan menggunakan alokasi dana itu untuk merealisasikan seluruh program pendidikan, mulai dari bantuan oprasional sekolah hingga rehabilitasi gedung sekolah.
d. Prof. Dr. Ir. Dodi Nandika sempat mengikuti beberapa kali sidang MK.
e. Putusan yang disampaikan MK harus dipertimbangkan lagi.
Jawaban: e
22. Membaca sesuatu dengan cara melihat dengan cermat atas sesuatu yang dibaca disebut membaca....
a. indah
b. intensif
c. dalam hati
d. bersuara
e. memindai
Jawaban: e
23. Gamelan Terpengaruh Musik Eropa
Adjunt Profesor Musik Departemen Wesleyan University USA, Prof. Dr. Sumarsam mengatakan, di Amerika ada radio yang menyiarkan gending-gending Jawa. Juga ada perguruan tinggi yang memberikan mata kuliah gamelan. Namun, mata kuliah gamelan hanya mata kuliah pilihan. Umumnya mata kuliah tingkat S1 sifatnya umum. Dikatakan Prof. Dr. Sumarsam, perguruan tinggi disana juga mempunyai keterbatasan. Jadi, dia setuju kalau ada yang menyatakan suatu saat bisa terjadi orang Jawa belajar gamelan di Amerika. “Mereka hanya untuk mengungkapkan bahwa di AS gamelan mendapat perhatian, sementara di Jawa sendiri seperti tersisih,” kata Sumarsam di pusat kebudayaan UGM.
Menurut Sumarsam, sudah sejak abad ke-19 musik gamelan terpengaruh musik Eropa. Waktu itu lagu kebangsaan Belanda “Wihelmus” diiringi gamelan untuk mengiringi miyos-nya raja dan keluarganya di hadapan umum. Sejak itu, musik Eropa masuk keraton.
Berikut yang bukan merupakan pokok-pokok isi dalam teks berita tersebut adalah ....
a. Gending-gending Jawa telah lama dipelajari di Amerika.
b. Gending-gending Jawa kurang mendapat perhatian di Jawa.
c. Gending-gending Jawa terpengaruh musik Eropa.
d. Gending-gending Jawa akan mendapat perhatian di Jawa.
e. Gending-gending Jawa disukai anak remaja di Amerika.
Jawaban: d
24. Pernyataan yang salah tentang penyajian data melalui tabel atau grafik adalah ....
a. Data yang disajikan dalam bentuk tabel dapat menarik perhatian pembaca.
b. Data jumlah siswa, jumlah lulusan, kependudukan, dan sejenisnya lebih mudah dilihat secara visual jika dinyatakan dalam bentuk angka-angka.
c. Table menyajikan data yang diklasifikasikan secara sistematis menurut kesatuan tertentu.
d. Dari tabel kita mengetahui secara panjang lebar uraian data atau sesuatu.
e. Dari judul tabel kita dapat mengetahui mengenai apa, di mana, dan bagaimana perkembangan sesuatu.
Jawaban: d
25. Saya pulang sekolah. Waktu itu cuaca cerah. Dalam perjalanan saya melihat jalan-jalan dan pohon-pohon basah semua. Pekarangan pun tampak becek. Bahkan di sana-sini air kecokelatan tampak menggenang.
Dari paragraf di atas dapat disimpulkan bahwa ....
a. air kali meluap
b. tadi turun hujan
c. ada bendungan jebol
d. banyak orang berteduh
e. orang buang sampah di selokan
Jawaban: b
26. Sebagai tempat hidup, laut mempunyai kelebihan dibandingkan darat. Kelebihan-kelebihan laut, antara lain suhu yang berubah-ubah, dukungan yang banyak untuk melawan gravitasi bumi, dan air yang cukup tersedia. Dengan air yang cukup tersebut, makhluk hidup di laut dapat menyerap air langsung masuk ke sistem tubuh. Makhluk hidup di laut dapat memperoleh oksigen dan karbon.
Paragraf di atas menggunakan pola pengembang ....
a. deduksi
b. induksi
c. deskripsi
d. narasi
e. silogisme
Jawaban: c
27. Di belakang bukit sebelah selatan, padang ilalang terbentang luas. Ketika itu bunga-bunga sudah bermunculan. Putik tipis terumbai-umbai bergerak ditiup angin, seperti busa air kali yang deras.
Jika ditinjau dari cara pemaparannya, paragraf di atas merupakan karangan ....
a. narasi
b. deskripsi
c. argumentasi
d. persuasi
e. eksposisi
Jawaban: b
28. (1) Polisi lalu lintas sibuk mengatur kemacetan lalu lintas.
(2) Di jalan samping, empat orang siswa berkendara menyerempet mobil hingga pingsan dan luka-luka.
(3) Korban diangkut ke rumah sakit.
(4) Keluarga korban bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.
(5) Untung tidak menimbulkan cedera bagi si korban.
Susunan paragraf yang baik dari kalimat-kalimat di atas adalah ....
a. (2)-(5)-(3)-(1)-(4)
b. (2)-(3)-(4)-(1)-(5)
c. (1)-(2)-(5)-(3)-(4)
d. (1)-(2)-(3)-(4)-(5)
e. (1)-(2)-(3)-(5)-(4)
Jawaban: c
(Paragraf untuk soal nomor 29 dan 30)
Lomba Karya Cipta dan Baca Puisi Tingkat Pelajar SMA/SMK wilayah eks Keresidenan Pekalongan dimaksudkan untuk memberikan wadah kreativitas bagi para siswa SMA dalam berkarya puisi. Selama ini, sebagian besar lomba yang ada hanyalah pembacaan puisi. Oleh karena itu, agar para siswa juga bisa menyalurkan karya puisi mereka, lomba karya cipta puisi itu diselenggarakan.
29. Berdasarkan letak gagasan pokoknya, paragraf di atas di sebut paragraf ....
a. deduktif
b. induktif
c. campuran
d. naratif
e. deskripsi
Jawaban: c
30. Paragraf di atas membahas tentang ....
a. manfaat lomba
b. maksud lomba
c. rencana lomba
d. juara terbaik
e. peserta lomba
Jawaban: b
Lanjut ke soal nomor 31-45 => Contoh Soal dan Jawaban Bahasa Indonesia Kelas X Semester 2 (Pilihan Ganda) Part-3 Sumber https://umar-danny.blogspot.com/
Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal dan Jawaban Bahasa Indonesia Kelas X Semester 2 (Pilihan Ganda) Part-2"
Posting Komentar