rpp bahasa indonesia kelas 8 k13 literasi, hots, ppk & 4c Doc
Update rpp smp kelas 8 k13! Assalamualaikum warahmatullahiwabarakatuh. Hari ini kami ingin berbagi informasi terbaru tentang perangkat pembelajaran kurtilas guru smp mapel bahasa indonesia yang sudah direvisi 2017.
Beberapa hari yang lalu admin memposting rpp SMP kurikulum 2013 revisi 2017 kelas 7 (tujuh) mata pelajaran bahasa indonesia dengan materi pokok teks surat pribadi dan surat dinas semester 1 & 2 sesuai pedoman terbaru (baca adisini)
Atas permintaan teman-teman guru pembaca setia blog IndoINT ini, maka di postingan saya sempatkan diri membagikan rpp bahasa indonesia kelas 8 edisi revisi 2017 yang telah terintegrasi dengan literasi, hots, ppk dan 4C.
Dengan demikian, maka 4 (poin) tersebut harus ada pada kompetensi inti pembelajaran pada RPP k13 sehingga sangat jelas perbedaanya dengan edisi 2016. Semoga dipahami
Adapun contoh rpp kelas 8 bahasa indonesia revisi 2017 ddengan materi pokok teks berita bisa bapak dan ibu guru dapatkan secara gratis di blog kami. Selain itu kami juga menyediakan file nya dalam format doc dan beberapa rpp k13 kelas 8 mapel b. indo yang memuat materi pokok lainnya. Semoga bermanfaat
Sekolah : SMPN 3 Rambang Dangku
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VIII/1
Materi Pokok : Teks Berita
Alokasi Waktu : 6 x 40 menit (3 pertemuan)
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, danbudaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi | ||
3.1 | Mengidentifikasi unsur-unsur teks berita (membanggakan dan memotivasi) yang didengar dan dibaca | 3.1.1 3.1.2 | Menjelaskan pengertian usur-unsur berita Menemukan unsur-unsur dalam teks berita |
4.1 | Menyimpulkan isi berita (membanggakan dan memotivasi) yang dibaca dan didengar | 4.1.1 4.1.2 4.1.3 | Menjawab pertanyaan tentang isi berita Menyimpulkan isi teks berita Menanggapi isi teks berita |
Pertemuan Pertama
Setelah mengikuti pembelajaran tentang teks berita, siswa diharapkan dapat:
1. menjelaskan pengertian unsur-unsur berita
2. menemukan unsur-unsur berita dalam teks berita secara benar .
Pertemuan Kedua
Setelah mengikuti pembelajaran teks berita, siswa diharapkan dapat:
1. menjawab pertanyaan tentang isi teks berita secara benar.
2. menyimpulkan unsur-unsur berita secara benar.
Pertemuan Ketiga
Setelah mengikuti pembelajaran teks berita, siswa diharapkan dapat menanggapi isi teks berita dengan benar
- Pengertian teks berita
- Unsur-unsur teks berita
- Langkah-langkah menyimpulkan unsur-unsur berita
- Cara menanggapi isi berita
- Saintifik
F. MEDIA/ALAT, BAHAN DAN SUMBER BELAJAR
1. Media: LCD proyektor
2. Bahan :
a. Video berita “Indonesia Raih Enam Medali di Olimpiade Fisika Dunia”
b. Teks berita
3. Sumber belajar:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Bahasa Indonesia: Wahana Pengetahuan. Kelas VIII. Draf. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kemdikbud. 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia edisi 4. Badan Jakarta: Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.
G. KEGIATAN PEMBELAJARANPertemuan Pertama
Langkah/ Tahap | Kegiatan Pembelajaran | Waktu |
Pendahuluan | - Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan berdoa. (PPK) - Guru menanyakan ketidakhadiran siswa. - Guru menyampaikan KD, indikator, dan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan. - Guru dan siswa menyepakati langkah-langkah kegiatan yang akan dilaksanakan untuk mencapai kompetensi. | 1 10’ |
Kegiatan Inti | - Salah satu siswa membacakan teks berita tentang kecelakaan di depan kelas. - Siswa menuliskan prediksi isi berita. (Literasi) - Siswa mengidentifikasi isi berita yang didengar. - Siswa bertanya jawab tentang isi berita yang didengar. - Guru menanyakan keterkaitan isi berita dengan materi yang akan diajarkan. - Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari empat-lima orang. - Siswa berdiskusi dalam kelompok untuk menemukan unsur-unsur berita yang didengarkan. (4C=Collaboration) - Siswa bersama kelompok menulis pokok-pokok berita sesuai dengan unsur teks berita yang ditemukan pada saat mendengarkan berita. - Siswa bersama kelompok menyusun kesimpulan teks berita. (HOTS) - Siswa mempresentasikan hasil kerja diskusi kelompok di depan kelas.(4C=communication) - Siswa lain diberi kesempatan untuk menyampaikan tanggapan. | 60’ |
Penutup | - Guru memberi penguatan terkait dengan materi yang telah dipelajari. - Siswa dibantu oleh guru menyimpulkan hasil pembelajaran yang telah berlangsung. - Siswa merefleksi proses KBM yang berlangsung. - Guru beserta siswa mengakhiri kegiatan belajar mengajar dengan mengucap syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa. (PPK) | 10’ |
Tabel diatas menjelaskan bahwa pada pertemuan pertama kegiatan pembelajaran yang dimulai dari pendahuluan, kegiatan inti dan penutup harus memunculkan pembelajaran kreatif seperti point yang digaris bawahi warna merah.
H. PENILAIAN, PEMBELAJARAN REMEDIAL, DAN PENGAYAAN
1. Teknik Penilaian a. Sikap (spiritual dan sosial) Observasi (jurnal)
b. Pengetahuan
- Tes tertulis (Uraian)
- Penugasan (Lembar Kerja)
- Tes Lisan
- Keterampilan : Praktik (Penilaian Praktik)
Tulis kegiatan pembelajaran remedial antara lain dalam bentuk:
- pembelajaran ulang
- bimbingan perorangan
- belajar kelompok
- pemanfaatan tutor sebaya bagi peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar sesuai hasil analisis penilaian.
Berdasarkan hasil analisis penilaian, peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pembelajaran pengayaan untuk perluasan dan/atau pendalaman materi (kompetensi) antara lain dalam bentuktugasmengerjakan soal-soal dengan tingkat kesulitan lebih tinggi, meringkas buku-buku referensi dan mewawancarai narasumber.
Apakah anda berminat untuk menjadikan rpp k13 bahasa indonesia datas sebagi referensi di semester 1 & 2 tahun pelajaran 2018/2019? jika demikian silahkan simpan rpp doc melaui teks tautan dibawah.
- rpp bahasa indonesia smp/Mts kelas 8 edisi revisi 2017 doc tentang teks berita kd 3.1 dan 4.1 - COMOT RPP
- rpp bahasa indonesia smp/Mts kelas 8 edisi revisi 2017 doc tentang teks berita kd 3.2 dan 4.2 - COMOT RPP
- rpp bahasa indonesia smp/Mts k13 kelas 8 edisi revisi 2017 doc tentang teks iklan, slogan dan poster kd 3.3 dan 4.3 - COMOT RPP
- rpp bahasa indonesia smp/Mts k13 kelas 8 edisi revisi 2017 doc tentang teks iklan, slogan dan poster kd 3.4 dan 4.4 - COMOT RPP
- rpp bahasa indonesia smp/Mts kelas 8 tentang teks eksposisi kd 3.5 dan 4.5 - COMOT RPP
- rpp bahasa indonesia smp/Mts kelas 8 tentang teks eksposisi kd 3.6 dan 4.6 - COMOT RPP
- rpp bahasa indonesia smp/Mts kurikulum 2013 kelas 8 tentang teks puisi kd 3.7 dan 4.7 - COMOT RPP
- rpp bahasa indonesia smp/Mts k13 kelas 8 tentang teks puisi kd 3.8 dan 4.8 - COMOT RPP
- rpp bahasa indonesia smp/Mts kurikulum 2013 kelas 8 teks eksplanasi kd 3.9 dan 4.9 - COMOT RPP
- rpp bahasa indonesia smp/Mts k13 kelas 8 teks eksplanasi kd 3.10 dan 4.10 - COMOT RPP
Terima kasih kepada bapak muh zuhri pemilik blog https://IndoINT.blogspot.co.id yang telah membagikan rpp k13 bahasa indonesia SMP edisi revisi 2017 ini sangat lengkap sekalai.
Demikian rpp bahasa indonesia kurikulum 2013 kelas 8 edisi revisi 2017 semester 1 & 2 yang bisa kami bagikan.
Sumber https://www.guru-id.com/
Belum ada Komentar untuk "rpp bahasa indonesia kelas 8 k13 literasi, hots, ppk & 4c Doc"
Posting Komentar