Akriditasi SisPenA SM Lengkap Dengan Intrumennya dan Login Aplikasinya
Cara Memproses Akriditasi SisPenA SM Lengkap Dengan Intrumennya dan Login Aplikasinya
Tiap Sekolah wajib ikut dalam program Akreditasi Sekolah yang dilaksanakan oleh Badan Akreditasi Nasional Sekolah dan Madrasah (BANSM) yang berguna untuk mewujudkan kualitas suatu sekolah yang menjadi standar mewujudkan program wajib belajar untuk seluruh anak Indonesia
INSTRUMEN AKREDITASI
SEKOLAH DASAR/MADRASAH IBTIDAIYAH (SD/MI)
1. Periksalah kelengkapan perangkat Akreditasi SD/MI yang terdiri atas:
a. Instrumen Akreditasi SD/MI;
b. Petunjuk Teknis (Juknis) Pengisian Instrumen Akreditasi SD/MI;
c. Instrumen Pengumpulan Data dan Informasi Pendukung (IPDIP) Akreditasi SD/MI; dan
d. Teknik Penskoran dan Pemeringkatan Hasil Akreditasi SD/MI.
Keempat dokumen ini merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Oleh karena itu, sebelum memilih jawaban pada butir-butir pernyataan ins- trumen Saudara harus mempelajari/memahami Juknis Pengisian Instrumen Akreditasi dan mengisi Instrumen Pengumpulan Data dan Informasi Pendukung (IPDIP) Akreditasi.
2. Isilah instrumen akreditas SD/MI dengan cara memberi tanda ceklis (√) pada kotak opsi jawaban “A”, “B”, “C”, “D”, atau “E” pada butir instrumen yang meliputi 8 (delapan) komponen standar nasional pendidikan:
a. komponen standar isi nomor 1—10;
b. komponen standar proses nomor 11—31;
c. komponen standar kompetensi lulusan nomor 32—38;
d. komponen standar pendidik dan tenaga kependidikan nomor 39—54;
e. komponen standar sarana dan prasarana nomor 55—75;
f. komponen standar pengelolaan nomor 76—90;
g. komponen standar pembiayaan nomor 91—106; dan h. komponen standar penilaian nomor 107—119.
3. Jawablah semua butir secara obyektif dan jujur sesuai dengan keadaan sebenarnya yang ada di SD/MI Saudara.
4. Siapkanlah seluruh bukti fisik yang dipersyaratkan dalam Juknis Pengisian Instrumen Akreditasi SD/MI dan Instrumen Pengumpulan Data dan Informasi Pendukung (IPDIP) Akreditasi SD/MI yang akan digunakan oleh Tim Asesor pada saat melakukan klarifikasi, verifikasi, dan validasi.
5. Sebelum mengisi Instrumen Akreditasi, isilah terlebih dahulu (a) pernyataan kepala sekolah/madrasah; dan (b) data identitas sekolah/madrasah.
Bobot Komponen Instrumen Akreditasi
Instrumen Akreditasi SD/MI disusun berdasarkan delapan komponen yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan. Instrumen Akreditasi ini terdiri dari 119 butir pernyataan tertutup masing-masing dengan lima opsi jawaban. Jumlah Butir dan Bobot Komponen Instrumen Akreditasi SD/MI untuk masing-masing standar seperti ditunjukkan pada Tabel 1 berikut.
Tabel 1. Bobot Komponen Instrumen Akreditasi SD/MI
No. | Komponen Akreditasi | Nomor Butir | Jumlah Butir | Bobot Komponen |
(1) | (2) | (3) | (4) | (5) |
1 | Standar Isi | 1 ¾ 10 | 10 | 14 |
2 | Standar Proses | 11 ¾ 31 | 21 | 14 |
3 | Standar Kompetensi Lulusan | 32 ¾ 38 | 7 | 14 |
4 | Standar Pendidik dan Tendik | 39 ¾ 54 | 16 | 16 |
5 | Standar Sarana dan Prasarana | 55 ¾ 75 | 21 | 12 |
6 | Standar Pengelolaan | 76 ¾ 90 | 15 | 10 |
7 | Standar Pembiayaan | 91 ¾ 106 | 16 | 10 |
8 | Standar Penilaian Pendidikan | 107 ¾ 119 | 13 | 10 |
Jumlah | 119 | 100 |
Tabe Skor Butir Instrumen Akreditasi
Seluruh butir pernyataan Instrumen Akreditasi SD/MI merupakan pernyataan tertutup masing-masing dengan lima opsi jawaban yaitu A, B, C, D, atau E, dengan ketentuan skor setiap opsi jawaban sebagai berikut.
Butir pernyataan yang dijawab A memperoleh skor = 4.
Butir pernyataan yang dijawab B memperoleh skor = 3. Butir pernyataan yang dijawab C memperoleh skor = 2. Butir pernyataan yang dijawab D memperoleh skor = 1. Butir pernyataan yang dijawab E memperoleh skor = 0. Skor 4 disebut dengan Skor Butir Maksimum.
Penentuan Nilai Komponen Akreditasi Skala Ratusan
No | Komponen Akreditasi | Bobot Komponen | Nilai Komponen Akreditasi | Nilai Komponen Akreditasi* |
(1) | (2) | (3) | (4) | (5) |
1 | Standar Isi | 14 | 10,31 | 73,64 |
2 | Standar Proses | 14 | 10,97 | 78,36 |
3 | Standar Kompetensi Lulusan | 14 | 12,79 | 91,36 |
4 | Standar Pendidik dan Tendik | 16 | 14,55 | 90,93 |
5 | Standar Sarana dan Prasarana | 12 | 10,50 | 87,50 |
6 | Standar Pengelolaan | 10 | 7,69 | 76,90 |
7 | Standar Pembiayaan | 10 | 8,52 | 85,20 |
8 | Standar Penilaian | 10 | 9,46 | 94,60 |
Pemeringkatan Hasil Akreditasi
Pemeringkatan akreditasi dilakukan jika hasil akreditasi memenuhi kriteria status akreditasi (lihat poin II.A). Sekolah/Madrasah memperoleh peringkat akreditasi sebagai berikut:
1. Peringkat akreditasi A (Unggul) jika sekolah/madrasah memperoleh Nilai Akhir Akreditasi (NA) sebesar 91 sampai dengan 100 (91< NA < 100).
2. Peringkat akreditasi B (Baik) jika sekolah/madrasah memperoleh Nilai Akhir Akreditasi sebesar 81 sampai dengan 90 (81 < NA < 90).
3. Peringkat akreditasi C (Cukup) jika sekolah/madrasah memperoleh Nilai Akhir Akreditasi sebesar 71 sampai dengan 80 (71 < NA < 80).
Sekolah/madrasah yang tidak terakreditasi adalah yang mendapat nilai akhir:
1. 61 sampai dengan 70 (61 < NA < 70) dengan peringkat akreditasi D (Kurang).
2. 0 sampai dengan 60 (0 < NA < 60) dengan peringkat akreditasi E (Sangat Kurang).
Dari contoh terlihat bahwa Nilai Akhir Akreditasi sama dengan 85 (Tabel 4, kolom 6, baris terakhir) dan seluruh Nilai Komponen Akreditasi Skala Ratusan pada masing-masing komponen lebih besar dari 50 (Tabel 5, kolom
5), serta memperoleh nilai komponen sarana prasarana tidak kurang dari 61, maka SD/MI tersebut dinyatakan Terakreditasi dengan Peringkat Akreditasi B (Baik). Rekapitulasi Nilai Komponen Akreditasi Skala Ratusan, Nilai Akhir Akreditasi dan Peringkat Akreditasi dapat dilihat pada Tabel 6 berikut.
Rekapitulasi Nilai Komponen Akreditasi Skala Ratusan, Nilai Akhir Akreditasi, dan Peringkat Akreditasi SD/MI
No | Komponen Akreditasi | Nilai Akreditasi Komponen |
(1) | (2) | (3) |
1 | Standar Isi | 74 |
2 | Standar Proses | 78 |
3 | Standar Kompetensi Lulusan | 91 |
4 | Standar Pendidik dan Tendik | 91 |
5 | Standar Sarana dan Prasarana | 88 |
6 | Standar Pengelolaan | 77 |
7 | Standar Pembiayaan | 85 |
8 | Standar Penilaian Pendidian | 95 |
Nilai Akhir Akreditasi | 85 |
Peringkat Akreditasi | B |
Dengan cara yang sama, contoh berikut ini tentang perhitungan nilai akreditasi SD/MI yang Tidak Terakreditasi. Dengan asumsi Jumlah Skor Tertimbang Perolehan sudah diketahui, cara menentukan Nilai Komponen akreditasi
Langkah Login Aplikasi SisPenA BAN-SM
1. Buka Website Aplikasi Sispena
Ketiklah alamat / url http://sispena.bansm.or.id ke browser yang biasa digunakan. http://sispena.bansm.or.id/login
2. Registrasi Akun Sekolah
Setelah terbuka halaman login Sispena silakan masukkan username serta password standar berupa NPSN “nantinya pasword dapat diubah saat sudah login”. Pada bagian level pengguna pilih sebagai sekolah.
Selanjutnya, jika muncul kotak ceklis / verifikasi gambar maka harus dijawab, kemudian baru bisa login aplikasi Sispena.
3. Isi Identitas Sekolah Secara Lengkap Saat pertama kali login Sispena. Sistem otomatis menampilkan jendela form isian identitas sekolah. lengkapi form tersebut sampai selesai, pastikan form email sudah terisi, karena email ini nantinya digunakan sebagai akun recovery akun sispena jika lupa password.
4. Login ke Beranda Aplikasi Sispena
Setelah melengkapi identitas sekolah, maka akan masuk ke area penilaian evaluasi diri sekolah, jika pada menu ini tidak terdapat data atau kosong artinya belum di maping sebagai sasaran akreditasi tahun berjalan “yang melakukan mapping bukan kita ya, tapi BAP”. Namun jika terdapat menu penilaian berarti telah disasar sebagai peserta akreditasi pada aplikasi Sispena.
Bagi yang belum termasuk sasaran akreditasi jangan khawatir, karena masih tetap dapat mencoba penilaian berdasarkan instrumen baru dengan memanfaatkan Fitur Simulasi Sispena pada bagian kiri.
5. Isi dan Lengkapi Instrumen Akreditasi Sekolah
Dalam tabel evaluasi diri sekolah terdapat 6 menu yang harus dilengkapi yaitu Pernyataan Kepala Sekolah, Prasyarat Akreditasi, Instrumen Pengumpulan Data dan Informasi Pendukung (IPDIP), Photo Pendukung, Penilaian EDS dan Kartu Kendali.
Pernyataan Kepala Sekolah Unggahlah surat pernyataan KS, jika belum memiliki formatnya dapat diunduh didalamnya, di isi lalu diunggah.
Prasyarat Akreditasi
Menampilkan 6 tombol untuk memasukkan dokumen berbentuk PDF / DOC (Dokumen). Keenam dokumen dimaksud adalah Surat Ijin Operasional, Daftar Siswa Tiap Kelas, Data PTK, Pernyataan Pemberlakuan Kurikulum, Daftar Lulusan 1 Tahun Terakhir dan Data Sarana Prasarana. Dokumen yang diunggah berukuran maksima 1 MB.
Jika dokumen berhasil dikirim muncul tombol sudah terunggah, jika terdapat kesalahan dapat melakukan perubahan data dengan cara me-replace file.
Instrumen Pengumpulan Data dan Informasi Pendukung (IPDIP)
Pada fitur ketiga ini kita mengunduh contoh instrumen pengunpulan data berbentuk doc / pdf. Setelah diunduh, serahkan ke penanggungjawab pengisian atau ke KS untuk di isi. Setelah selesai selanjutnya upload dokumen IPDIP tersebut, pastikan ukuran maksimalnya 3 Mb, Simpan.
Photo Pendukung
Unggahlah photo terkait sekolah disini dengan format JPG, ada 5 buah photo yang harus diunggah seperti Plang Sekolah, Sarpras, Kegiatan Sekolah dan foto lainnya yang mewakili kondisi sekolah.
Input Evaluasi Diri Sekolah
Bagian yang sangat penting dari aplikasi Sispena adalah pengisian EDS. Pada menu ini terdapat jendela penilaian akreditasi, sistem penilaian ditampilkan butir demi butir dan sesuai 8 standar secara berurutan. Sebelum melakukan pengisian silakan tekan tombol Petunjuk Teknis pada bagian kanan atas untuk memahami tatacara pengisiannya.
Untuk memberikan penilaian langsung pilihan opsi a,b,c,d,e. Jika sudah terpilih akan berubah menjadi warna hijau. Jika sudah, pilih tombol selanjutnya untuk mengisi instrumen lain sampai semua instrumen terisi.
Penilaian bisa dilakukan secara acak dari satu standar ke standar lainnya. Data penilaian akan tersimpan secara otomatis jika admin keluar dari sistem guna mengantisipasi terjadi insiden seperti mati lampu ketika proses penilaian
Proses penilaian EDS dianggap selesai saat semua butir telah dinilai, ditandai munculnya tombol Simpan dibagian paling bawah. Apabila sudah yakin dengan penilaiannya, pilih tombol Simpan lalu bisa langsung melihat hasil penilaiannya dengan memilih tombol Lihat Hasil Penilaian.
Pada jendela Hasil Penilaian akan muncul Nilai Setiap Standar, Nilai akhir dan Peringkat. Jika terdapat warna merah artinya nilai tidak memenuhi syarat lulus akreditasi, dengan kata lain tidak lulus akreditasi. Karenanya jika terdapat nilai merah admin sekolah dapat merubah data evaluasi diri sekolah dengan menekan tombol menu Edit EDS. Untuk merubah nilai langkah langkahnya sama seperti mengisi nilai pertama kali.
Kartu Kendali
Langkah terakhir ini sangat Penting….!!. Sekolah harus menginput kartu kendali setelah proses visitasi akreditasi oleh asesor selesai dilaksanakan. Perlu di ingat bahwa kartu ini hanya sekali dan tak bisa di rubah, jadi pastikan data sudah benar-benar sesuai.
Selanjutnya cetak kartu pada tombol Print, lalu lembar isian sesuai dengan format lalu di tanda tangani oleh kepala sekolah. Scan kartu lalu kirim dengan menglik upload lalu pilih filenya.
Selain ke enam menu tersebut terdapat juga menu-menu lainnya seperti edit profil serta ganti pasword, namun fitur utaman dari aplikasi sispena adalah 6 poin di atas.
Contoh Pengisian Instrumen Akriditasi Lengkap
Perangkat Akriditasi Lengkap Dengan Isi Instrumen
Demikian pemaparan tentang panduan cara login aplikasi Sispena beserta penggunaannya, bagi sekolah yang sudah dimapping selamat bekerja. Semoga diberi kesehatan selalu mengingat padatnya pengelolaan pendataan oleh OPS, selamat menggunakan.
Belum ada Komentar untuk "Akriditasi SisPenA SM Lengkap Dengan Intrumennya dan Login Aplikasinya"
Posting Komentar