Cara Print Nama & Alamat di Label Undangan dengan CorelDRAW |

Cara cetak label undangan secara otomatis menggunakan corel draw. Cara ini bisa dilakukan dengan menu Print Merge. Tapi bagi yang belum pernah mencoba, pasti merasa kesulitan dan terkesan kelamaan, tapi bagi yang sudah terbiasa, akan sangat mudah sekali :D

Ini sangat penting sekali dan tolong diperhatikan. Sebelum kalian melakukan proses ngeprint atau nyetak label undangan lewat corel draw, siapkan terlebih dulu daftar nama dan pisahkan sesuai alamat.

Misalkan saya akan mencetak sebanyak 36 nama label undangan yang berasal dari tiga kota yakni Solo, Karanganyar dan Sukoharjo. Masing-masing nama saya kelompokkan sesuai domisilinya.

Kamu bisa mentatanya terlebih dulu di Microsoft Excel, Word atau yang lainnya.
Jika sudah, sekarang siapkan template label undangannya. Template label undangan yang saya gunakan jenis 103. Jika kamu belum punya templatenya, silahkan download di sini.
Langkah selanjutnya klik menu File - Print Merge -  Create Load Merge Fields
Muncul kotak dialog Print Merge Wizard. Klik Create new text
Sekarang isi bagian Text Field sesuai keinginan kalian. Misalkan saya isi dengan nama N01 sampai dengan N12. Ketik satu per satu dan klik Add. Lakukan sebanyak 12 kali hingga nama N12. Kenapa harus 12? Karena isi dalam kotakan label undangan 103 jumlahnya ada 12. Bagaimana sudah paham? Yuukk kita lanjut :D
Langkah selanjutnya isi nama lagi di Text Field dengan nama yang beda dari sebelumnya. Jika tadi saya menuliskan nama N01 sampai N12, selanjutnya saya akan memberi nama A01 sampai A12.
Keterangan; N disini saya artikan dengan nama. Jadi N01 sampai N12 artinya nama 1 sampai nama ke 12. Sedangkan untuk A saya artikan dengan alamat. Artinya alamat pada nama-nama yang ada di N tadi. Semoga paham ya :D
Jika sudah kamu klik Next maka akan tampil kotak dialog Print Merge seperti ini.  Kita nanti akan mengisikan nama pada kotak N01 sampai N12, dan mengisikan alamat pada kotak A01 sampai A12.
Ketikkan satu per satu dari nama-nama yang sudah kamu siapkan. Atau bisa juga copy paste dari file yang sudah kamu ketik. Jangan lupa juga memasukkan alamatnya. Misalkan dibaris pertama saya tuliskan alamat Solo, sedangkan baris kedua dan ketiga saya tuliskan karanganyar dan sukoharjo. Untuk membuat baris baru, tinggal klik New. Jika sudah kira-kira hasilnya seperti ini.
Klik Next dan kita disuguhi kotak dialgo Print Merge Wizard. Silahkan centang pada kolom Save data setting as supaya hasil kerja kita tersimpan dan tidak sia-sia. Klik Finish.
Pada lembar kerja akan muncul box Print Merge. Silahkan masukkan namanya satu per satu dengan cara klik Insert dan letakkan di tengah-tengah tiap kotak pada label.
Klik N01 kemudian Insert. Lakukan hingga N terakhir atau N12. Jika sudah hasilnya seperti ini.
Langkah selanjutnya kita akan memasukkan alamatnya. Di sini alamat saya namai dengan A01 sampai A12. Jadi saya insert satu per satu dan saya letakkan di bawah nama atau N.
Langkah selanjutnya seleksi semua teksnya. Kamu sudah bisa cara menyeleksi objek di corel draw kan? Silahkan kamu ganti jenis dan ukuran font sesuai yang kamu inginkan.
Jika sudah, sekarang klik menu Print
Muncul box Perform Merge. Pilih yang Perform Print Merge
Muncul kotak dialog Print silahkan klik Print Preview untuk melihat tampilannya.
Previewnya seperti ini. Ada tiga halaman [lihat panah warna merah]. Kenapa ada tiga? Karena tadi saya membuat tiga baris dengan alamat masing-masing solo, karanganyar dan sukoharjo.
Cara ngeprint namanya saja, silahkan kamu pilih Selection pada kotak dialog print. Tapi jika Print Selection nya tidak aktif, kamu bisa menghapus templatenya dan sisakan nama-namanya saja. Untuk menghindari kesalahan, silahkan kamu tes terlebih dulu satu atau dua lembar label nama.

Bagaimana mudahkan? Cara cetak label undangan secara otomatis di coreldraw ini memang agak gampang-gampang susah. Enaknya ngeprint label undangan pakai corel, kita bisa leluasa menambahkan ornamen biar tampilannya makin wahh.
Sumber; sebagian artikel dilansir dari www.belajarcoreldraw.co dan sebagian lagi dari pengalaman pribadi.

Sumber http://blogbelajarcoreldraw.blogspot.com/

Belum ada Komentar untuk "Cara Print Nama & Alamat di Label Undangan dengan CorelDRAW |"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel