Pesona & Karomah Para Ahli Qurra Mutaqaddimin dan Mutaakhirin

[Ottoman Empire] An Ottoman Old Man Reading Quran (Bir Osmanlı Dedesi Kuran Okurken)
Ini merupakan artikel repost intisar dari kawan saya Khalilurrahman yang didapati dari kawannya yang mengikuti seminar Internasional Tahsin Al-Qur'an oleh Syeikh Ahmad Al Khannas, yang diadakan di Medan dari tanggal 4 sampai 25 agustus (dua gelombang) yang diselenggarakan oleh Ma'had Abu Ubaidah bin Jarrah.

Imam Nafi' membaca Al Quran pada 70 dari tabiin. Ketika baca Quran, menyebar wangi harum. Imam Nafi' kulitnya hitam, tapi orang orang melihat bahwa wajah beliau cerah, terang, berseri, lebih dari orang berwajah putih. Ini cahaya Quran.

Imam Qalun tuli. Tapi kalau Quran dibaca, beliau bisa dengar. Dan beliau bisa membenarkan bacaan orang lain

Imam Syu'bah. Ketika beliau wafat, orang orang menangis. Beliau bilang, jangan nangis, di tempat ini saya sudah membaca 18.000 kali khatam. Belum lagi ditempat lain. .. umur beliau 90-an tahun. Bisa kita bagikan jumlah umurnya dan berapa kali beliau baca. Ada yang bilang, selama 50 tahun beliau tidak tidur di kasur, tapi beliau tidur duduk. Ibnul Jazari ambil Quran dari 1000 syekh, dan ini adalah dalam kitab thayyibatun Nasyr.

Di zaman sekarang juga ada.  Misal: Syekh Muhyiddin Al Kurdi, beliau bekerja sebagai menenun. Sambil menenun sambil hafal Quran. Ketika sudah hafal Quran, gurunya minta fokus mengajar Quran sejak umur 25 tahun. Sejak saat itu beliau mengajar Quran hingga meninggal. Dan beliau meninggal sekitar 105 tahun. Berarti, sekitar 80 tahun ngajar Quran. Ketika umur beliau sudah tua dan sakit sakit. Terkadang anaknya larang beliau ngajar. Tapi walau berbaring, tapi beliau bilang bahwa jangan larang orang lain membaca Quran padaku. Setelah beliau wafat, banyak orang mimpi bahwa beliau membaca Quran di Arasy.

Syekh Abdurrazaq Al Halabi. Beliau tidak pernah tinggal shalat di masjid. Dan tidak pernah tinggal haji setiap tahun. Pada 70 tahun masih haji walau dengan kursi. Ada pemuda berumur 30 tahun, berkata, saya ngantuk, beliau tidak. Saya tidur, beliau tidak. Saya lelah beliau tidak. Beliau shalat di masjid umawi setegah jam udah di masjid dan mengajar Quran. Selain gajar Quran, seperti syarah sahih Muslim, tafsir Al Qurthubi, hasyiah abidin, dan ini berkali kali khatam.

Allah memberkahi umur mereka. Hingga akhir umur, mereka masih bersama ilmu, igin menambah ilmu, dah mengajarkan nya.

Sungguh sangat banyak pahala mereka. Pahala setiap muridnya dam murid dari muridnya lagi, maka itu mereka dapat pahala.

Mereka mengajar dari subuh sampai malam, dan itu tanpa ada imbalan sedikit pun. Bahkan mereka sering memberi untuk murid muridnya.

[Isi seminar Internasional Tahsin Al-Qur'an oleh Syeikh Ahmad Al Khannas.]

Sumber http://www.zulfanafdhilla.com/

Belum ada Komentar untuk "Pesona & Karomah Para Ahli Qurra Mutaqaddimin dan Mutaakhirin"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel