Panduan Pelaksanaan Nsdc Sma Tahun 2017 (National Schools Debating Championship)

Berikut ini ialah berkas Panduan Pelaksanaan NSDC Sekolah Menengan Atas Tahun 2017 (National Schools Debating Championship). Download file dalam format PDF.

 Berikut ini ialah berkas Panduan Pelaksanaan NSDC Sekolah Menengan Atas Tahun  Panduan Pelaksanaan NSDC Sekolah Menengan Atas Tahun 2017 (National Schools Debating Championship)
Panduan Pelaksanaan NSDC Sekolah Menengan Atas Tahun 2017 (National Schools Debating Championship)

Panduan Pelaksanaan NSDC Sekolah Menengan Atas Tahun 2017 (National Schools Debating Championship)

Berikut ini kutipan keterangan dari isi Panduan Pelaksanaan NSDC Sekolah Menengan Atas Tahun 2017 (National Schools Debating Championship):

Globalisasi merupakan proses sosial dan alamiah yang akan membawa seluruh bangsa dan negara ke dunia yang semakin terikat satu sama lain dalam mewujudkan satu tatanan kehidupan gres atau kesatuan ko- eksistensi dengan mengesampingkan batas-batas geografis, ekonomi, dan budaya masyarakat. Fenomena ini menunjukkan tantangan bagi generasi muda untuk terus meningkatkan kompetensi. Globalisasi mengharuskan generasi muda untuk bersaing dalam berkomunikasi secara universal, namun kemampuan analitis dan berpikir kritis menjadi sebuah kemampuan yang juga tidak sanggup dikesampingkan lagi. Peningkatan kompetensi dan keterampilan ini sejalan dengan semangat implementasi kurikulum 2013. Salah satu upaya untuk mewujudkan peningkatan kompetensi tersebut ialah dengan mewadahi siswa, dalam hal ini penerima didik SMA, dengan acara positif yang memacu semangat berkompetisi untuk berbagi ilmu pengetahuan melalui bakat/ minat, antara lain ialah dengan melakukan acara Lomba Debat Bahasa Inggris atau National Schools Debating Championship (NSDC) Tingkat Nasional.

Kegiatan NSDC yang akan dilaksanakan pada tahun 2017 di Provinsi DKI Jakarta ini bertujuan untuk melatih penerima didik Sekolah Menengan Atas semoga terbiasa berpikir kreatif, analitis, dan bisa berkomunikasi secara efektif serta memberikan argumentasi di depan publik dengan bahasa Inggris yang baik serta sanggup menjadi modal yang baik dalam berkompetisi dalam persaingan yang semakin global. Buku panduan ini disusun dengan maksud menunjukkan citra pelaksanaan acara sehingga sanggup dipakai sebagai teladan bagi pihak- pihak terkait yang membutuhkan informasi mengenai acara National Schools Debating Championship (NSDC).

National Schools Debating Championship (NSDC) merupakan lomba debat bahasa Inggris tingkat nasional. Lomba ini dilaksanakan untuk menjaring penerima didik unggul yang akan mengikuti World Schools Debating Championship (WSDC), ke tingkat Internasional. National Schools Debating Championship ini merupakan suatu wahana bagi seluruh penerima didik, sebagai ajang unjuk kemampuan dan kreativitas berdebat dengan banyak sekali bidang ilmu pengetahuan perihal isu-isu global masa sekarang semoga berpikir kritis serta bisa berbagi potensi secara menyeluruh dan seimbang pada semua aspek kecerdasan. Kegiatan ini akan diikuti oleh 34 tim perwakilan dari 34 Provinsi seluruh Indonesia yang terdiri dari 3 (tiga) orang siswa penerima didik dan 1 orang pendamping.Sehubungan hal tersebut, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengan Atas akan melakukan acara NSDC ini pada bulan Mei 2017. 

Tujuan Umum
  1. Memperluas wawasan para penerima didik semoga bisa bersaing secara kompetitif dan bekomunikasi secara efektif dalam bahasa Inggris.
  2. Melatih penerima didik semoga terbiasa memberikan pendapat dengan baik, serta berpikir kritis, kreatif, analitis, konstruktif, dan bersikap sportif.
  3. Membekali penerima didik sebagai anggota masyarakat yang potensial dengan wawasan pengetahuan dan kemampuan berkomunikasi yang baik. 
Tujuan Khusus
  1. Membangun antusiasme yang tinggi dari seluruh penerima didik untuk mengikuti perlombaan dalam bahasa Inggris.
  2. Membangun kemampuan berpikir kritis penerima didik mengenai isu-isu kasatmata yang sedang terjadi di dalam dan luar negeri.
  3. Membangun kesadaran penerima didik akan pentingnya toleransi dan menghormati perbedaan berpendapat.
  4. Menjaring penerima didik untuk mewakili tim Indonesia di ajang World Schools Debating Championship (WSDC).
Hasil yang Diharapkan
  1. Terbangunnya antusiasme yang tinggi dari semua penerima untuk mengikuti perlombaan.
  2. Terbangunnya kemampuan berpikir kritis penerima didik mengenai isu-isu kasatmata yang sedang terjadi di dalam dan luar negeri.
  3. Terbangunnya kesadaran penerima didik akan pentingnya toleransi dan menghormati perbedaan berpendapat.
  4. Terjaringnya penerima didik berbakat yang akan mewakili Indonesia di tingkat internasional dalam ajang WSDC. 
Kriteria Peserta Seleksi
  1. Peserta didik berasal dari Sekolah Menengah Atas (SMA)/Madrasah Aliyah (MA) Swasta atau Negeri, dan belum berusia 19 tahun pada ketika seleksi tingkat Provinsi.
  2. Provinsi diwakili oleh 3 penerima didik terbaik (Best Speakers) yang diperoleh dari hasil kompetisi yang diselenggarakan oleh Provinsi.
  3. Peserta didik mempunyai kemampuan berbahasa Inggris aktif.
  4. Peserta didik bisa berpikir kritis dan mempunyai pengetahuan umum yang luas.
  5. Peserta didik mempunyai kemampuan berbicara dengan baik di depan umum
  6. Peserta didik mempunyai kemampuan bekerja sama dengan baik dalam tim
  7. Peserta didik belum pernah menjadi pemenang (Juara Tim 1, 2, dan 3/Semifinalis) ataupun 16 pembicara terbaik (Best Speaker) dari NSDC tingkat nasional.
Mekanisme Seleksi dan Sistem Lomba
  • Tingkat Sekolah; Tiap-tiap sekolah melakukan seleksi untuk memilih satu tim terbaik untuk diikutsertakan dalam Seleksi Tingkat Kabupaten/Kota 
  • Tingkat Kabupaten/Kota; Tiap-tiap Kabupaten/Kota melakukan seleksi, untuk memilih satu tim terbaik. Satu tim terdiri atas 3 tiga penerima didik sebagai debater dan satu orang sebagai N1 adjudicator yang selanjutnya berhak untuk mengikuti Seleksi Tingkat Provinsi.
  • Tingkat Provinsi; Tiap-tiap provinsi melakukan seleksi untuk memilih satu tim terbaik. Satu tim terdiri atas tiga penerima didiksebagai debater best speaker dan satu orang sebagai N1 adjudicator yang selanjutnya berhak untuk mengikuti Seleksi Tingkat Nasional.
  • Tingkat Nasional; Seleksi Tingkat Nasional akan diikuti oleh para pemenang Tingkat Provinsi yang berjumlah 34 tiga puluh empat tim dan 34 tiga puluh empat orang guru sebagai N1 adjudicator. Perwakilan N1 setiap provinsi wajib mengikuti workshop dan ratifikasi juri tingkat nasional 
Topik Debat
Topik yang akan dipakai dalam turnamen terbagi menjadi 2 jenis, yaitu topik yang dipersiapkan (Prepared Motions) dan topik yang diberikan 30 menit sebelum debat dimulai (Impromptu Motions). Penentuan topik akan ditentukan oleh ketua dewan juri (Chief Adjudicator).

Sistem Debat
Sistem debat yang dipakai dalam Lomba Debat Bahasa Inggris Tingkat Nasional ini, ialah “World Schools Debating Championship” yang merupakan standar internasional dan telah diterapkan di banyak sekali negara penerima kejuaraan dunia. 

Peserta National Schools Debating Championship 2017
Persyaratan:
  1. Debater ialah siswa aktif Sekolah Menengah Atas yang dibuktikan dengan Kartu Pelajar/Surat Tugas.
  2. Satu tim harus terdiri atas 3 (tiga) debaters dan satu N1 adjudicator.
  3. N1 Adjudicator ialah guru dari Provinsi.
  4. Debater wajib mengikuti Seminar on Debating dan N1 adjudicator wajib mengikuti seminar on adjudicating dan adjudicator accreditation.
  5. Anggota tim dilarang diganti dengan alasan apa pun selama perlombaan.
Pendaftaran
  1. Pendaftaran Seleksi Tingkat Provinsi dilakukan di masing-masing Dinas Pendidikan Provinsi.
  2. Pelaksana seleksi Provinsi mendaftarkan tim wakil Provinsi ke Panitia NSDC di Direktorat Pembinaan SMA, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, yang disahkan dalam Surat Keputusan (SK) atau Surat Tugas dari Dinas Pendidikan Provinsi.
Waktu dan tempat
Kegiatan NSDC berlangsung pada Mei 2017

    Download Panduan Pelaksanaan NSDC Sekolah Menengan Atas Tahun 2017 (National Schools Debating Championship)

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Panduan Pelaksanaan NSDC Sekolah Menengan Atas Tahun 2017 (National Schools Debating Championship) ini silahkan lihat pada file preview atau download pada link di bawah ini:

    Panduan Pelaksanaan NSDC Sekolah Menengan Atas Tahun 2017 (National Schools Debating Championship)



    Download File:
    Pedoman Pelaksanaan NSDC 2017.pdf
    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Panduan Pelaksanaan NSDC Sekolah Menengan Atas Tahun 2017 (National Schools Debating Championship). Semoga bisa bermanfaat.
    Sumber: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengan Atas - Kemdikbud

    Belum ada Komentar untuk "Panduan Pelaksanaan Nsdc Sma Tahun 2017 (National Schools Debating Championship)"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel