Contoh Teks Iklan Singkat Beserta Strukturnya (Struktur, Ciri ciri, dan Kaidah Kebahasaan)

Contoh Teks Iklan Singkat Beserta Strukturnya (Struktur, Ciri ciri, dan Kaidah Kebahasaan) - Pengertian teks iklan menurut para ahli adalah jenis teks yang dibuat dan memiliki tujuan khusus yakni sebagai media promosi atau mempromosikan sebuah barang dan jasa tertentu. Contoh teks iklan sendiri ditulis dengan bahasa yang kreatif dan semenarik mungkin untuk memikat perhatian pembacanya agar menggunakan produk barang dan jasa tersebut.
Contoh Teks Iklan Singkat Beserta Strukturnya  Contoh Teks Iklan Singkat Beserta Strukturnya (Struktur, Ciri ciri, dan Kaidah Kebahasaan)
contoh teks iklan singkat beserta strukturnya
Sama seperti yang telah saya jelaskan pada artikel sebelumnya yang berjudul Teks Iklan: pengertian, contoh, fungsi, struktur, dan kaidah kebahasaan, bahwasany sebuah teks iklan memiliki pengertian umum, ciri-ciri, fungsi, kaidah kebahasaan dan tentunya contoh teks iklan beserta strukturnya. Dalam membuat contoh iklan tentang produk entah itu makanan, minuman maupun jasa kita harus memperhatikan struktur dan kaidah kebahasaan yang dimiliki teks iklan itu sendiri.
Baca juga: Jenis-Jenis Teks Dalam Bahasa Indonesia, Pengertian, jenis dan contoh
Ciri-ciri dan kaidah kebahasaan dalam contoh teks iklan yang benar adalah:

  1. Menggunakan kalimat dengan sifat persuasif yang artinya membujuk pembacanya untuk menggunakan produk berupa barang dan jasa yang sedang diiklankan.
  2. Menggunakan subjek berupa kata ganti orang pertama berupa kami, saya dan sebagainya.
  3. Menggunakan kata-kata slogan dalam kalimatnya sehingga mudah untuk diingat pembacanya.
  4. Mengandung gambar yang cenderung menarik.
Selain memiliki ciri ciri dan kaidah kebahasaan, didalam menyusun contoh teks iklan sendiri kita perlu memperhatikan strukturnya agar contoh teks iklan yang kita buat dapat efektif dan mendulang minat pembaca. Struktur teks iklan terdiri dari judul, nama produk dan deskripsi produk itu sendiri.

Struktur teks iklan adalah sebagai berikut:
  1. Judul biasanya terletak di bagian atas teks iklan dan dituliskan dengan bahasa dan font yang menarik dan kreatif.
  2. Nama produk adalah nama dari barang dan jasa yang akan kita iklankan atau kita tawarkan kepada pembaca.
  3. Penjelasan produk berisi hal yang paling penting dalam contoh teks iklan, karena disinilah kita akan menggunakan bahasa yang persuaasif dan membujuk pembaca untuk menggunakan produk kita. Penulisan yang hati-hati dan menarik dalam bagian ini akan sangat menentukan hasil yang kita dapat.

Pada dasarnya contoh teks iklan singkat dapat dengan mudah kita temukan dalam kehidupan sehari hari. Seperti pada saat tengah membaca koran dan melihat iklan kecik (iklan baris dengan bahasa yang singkat dan ditulis pada sebuah lembar koran) yang mengiklankan suatu produk tertentu, ata ketika kita tengah berjalan jalan dan melihat spanduk besar di pinggir jalan yang intinya mengajak kita untuk membeli barang tertentu, maka itulah yang disebut dengan teks iklan.

Contoh teks iklan sendiri bersifat sangat fleksibel, maksud dari fleksibel disini adalah contoh teks iklan dapat dituliskan pada koran, spanduk, pamflet, brosur brosur dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya silahkan simak contoh teks iklan beserta strukturnya di bawah ini.

Contoh Teks Iklan Gambar
Seperti yang saya utarakan di atas bahwa sebenarnya teks iklan sangat fleksibel karena dapat disampaikan melalui berbagai media, salah satunya adalah melalui gambar, berikut adalah contoh iklan berupa gambar yang dapat anda simak.
Contoh Teks Iklan Singkat Beserta Strukturnya  Contoh Teks Iklan Singkat Beserta Strukturnya (Struktur, Ciri ciri, dan Kaidah Kebahasaan)
Iklan gambar tentang jasa

Contoh Teks Iklan Singkat Beserta Strukturnya  Contoh Teks Iklan Singkat Beserta Strukturnya (Struktur, Ciri ciri, dan Kaidah Kebahasaan)
iklan gambar tentang event

Contoh Teks Iklan Singkat Beserta Strukturnya  Contoh Teks Iklan Singkat Beserta Strukturnya (Struktur, Ciri ciri, dan Kaidah Kebahasaan)
iklan gambar tentang produk komputer
Selain contoh iklan berupa gambar, saya akan memberikan contoh teks iklan berupa tulisan yang dapat anda lihat pada contoh contoh dibawah ini:

Contoh iklan dialog
Direktur: Harap tenang bapak ibu di lift, tengah terjadi masti listrik
Orang Jepang: (bicara dengan bahasa jepan).
Direktur: Ada yang bisa "Ngomong jepang"?.
Karyawan: Saa, saya pak.
Direktur: Silahkan.
Karyawan: "JEPANG"
Direktur dan karyawan yang lain: "Ada AQUA?"

Soy joy merupakan makanan tinggi serat dan rendah kalori, cocok dimakan sebagai makanan diet. Belilah soyjoy dan rasakan sensasi diet tanpa harus berhenti ngemil.

Contoh teks iklan tentang jasa
Kartu kredit harapan merupakan kartu kredit yang ringan bunga dan tanpa cicilan. banyak fitur yang dapat anda manfaatnkan, salah satunya adalah ftur recuring yang memungkinkan kita menggunakan kartu kredit sekalipun saldo sudah habis. Daftar dan gunakanlah kartu kredit harapan anda sekarang juga.

Itulah kumpulan contoh teks iklan singkat beserta strukturnya, ciri ciri dan kaidah kebahasaan teks iklan yang dapat saya sampaikan. Perlu kita ingat bahwa teks iklan menggunakan bahasa yang menarik dan bersifat persuasif guna membujuk pebacanya untuk menggunakan produk yang tengah diiklankan. Contoh teks iklan sendiri pada dasarnya dapat dengan mudah kita temukan dalam kehidupan sehari hari seperti di koran, majalah dan sebagainya. Terimakasih.

Sumber http://materi4belajar.blogspot.com/

Belum ada Komentar untuk "Contoh Teks Iklan Singkat Beserta Strukturnya (Struktur, Ciri ciri, dan Kaidah Kebahasaan)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel