Pengertian kalimat sindiran, ciri-ciri, Tujuan dan contoh kalimat sindiran

Pengertian kalimat sindiran, ciri-ciri, Tujuan dan contoh kalimat sindiran – Apa itu kalimat sindiran? Kalimat sindiran sangat identik dengan cara menyindir seseorang. Jika mendengarkan kata sindiran tentunya yang telintas di benak kita adalah cara menyindir atau cara untuk menyinggung seseorang dengan menggunakan ucapan. Kalimat sindiran dalam bahasa indonesia adalah salah satu jenis kalimat yang sangat populer dan dijadikan sebagai materi pembelajaran di sekolah. Dalam kehidupan sehari-hari kalimat sindiran sering digunakan untuk menegur atau menyinggung seseorang secara halus.
 Kalimat sindiran sangat identik dengan cara menyindir seseorang Pengertian kalimat sindiran, ciri-ciri, Tujuan dan contoh kalimat sindiran

Pada kesempatan kali ini IndoINT akan membahas tentang kalimat sindiran yang mencakup pengertian kalimat sindiran, ciri-ciri kalimat sindiran, tujuan kalimat sindiran dan yang terakhir contoh kalimat sindiran. Dengan mempelajari apa itu kalimat sindiran diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan kita dalam penggunaan bahasa.

Kalimat Sindiran, Pengertian Kalimat sindiran, Ciri, Tujuan, Dan Contoh Kalimat Sindiran

Menyindir adalah perbuatan dimana kita mengungkapkan rasa tidak setuju yang terkesan kontradiktif terhadap lawan bicara kita lewat kalimat sindiran yang halus baik itu secara langsung maupun tidak langsung. berikut adalah penjelasan tentang pengertian kalimat sindiran, ciri-ciri, tujuan kalimat sindiran, dan contoh kalimat sindiran.
Baca Juga : Jenis Teks dalam bahasa Indonesia
Pengertian kalimat Sindiran

Kalimat sindiran adalah kata-kata sindiran yang disusun sedemian rupa yang bertujuan untuk menyinggung atau menegur lawan biacara. penyampaian sindiran biasanya diucapkan dengan kalimat pujuan yang baik dan halus namun sebenarnya kata-kata yang diucapkan sangat berlawanan dengan kenyataan yang terjadi. sehingga menimbulkan kesan Ironi.

Ciri-Ciri Kalimat Sindiran

kata-kata sindiran biasanya mengadung ciri-ciri seperti dibawah ini :

  • Diucapkan dengan halus.
  • Terkesan memberikan pujian.
  • Kata-kata sindiran berlawanan dengan fakta atau keadaan yang sebenarnya.

Tujuan Kalimat Sindiran

Penggunaan kalimat sindiran bertujuan untuk mengungkapkan rasa tidak suka, rasa tidak setuju, dan cenderung kontradiktif terhadap seseorang. Perasaan tidak suka ini akhirnya diungkapkan dengan kalimat yang halus dan baik, namun maksud dari kalimat ini sebenarnya adalah untuk menyinggung atau menegur seseorang. Dalam menggunakan kalimat sindiran kita mesti berhati-hati, penggunaan kalimat sindiran yang berlebihan dapat berakibat buruk karena dapat menyakiti perasaan lawan bicara kita.
Baca Juga : Pengertian Frasa, Ciri-ciri, Dan Contoh Frasa
Contoh kalimat sindiran

Dalam berbagai aspek dan segi kehidupan kalimat sindiran dapat digunakan untuk menyindir atau mengungkapkan rasa tidak suka kita kepada lawan bicara. Berikut adalah beberapa contoh kalimat sindiran yang dapat anda pelajari.

Kalimat sindiran langsung
Diamlah, suaramu itu jelek.
Karyamu itu jelek, jadi tidak ada yang berminat untuk membeli karyamu.
Tidak usah ikutan masak, asal kamu tau masakanmu itu tidak enak sama sekali.

Kalimat sindiran tidak langsung
Nafasmu wangi sekali seperti habis makan bunga bangkai
Tulisanmu sangat indah saat dibaca seperti jejak kaki ayam.
Kamu pasti tidur nyenyak semalam, sampai-sampai kantung matamu jadi hitam.
Suaramu merdu sekali sampai-sampai kaca rumahku pecah semua.

Itulah materi tentang kata-kata sindiran dan kalimat sindiran yang dapat dipelajari. Berhati-hatilah dalam menggunakan kata-kata sindiran karena dapat melukai perasaan lawan bicara kita. Terimakasih.

Sumber http://materi4belajar.blogspot.com/

Belum ada Komentar untuk "Pengertian kalimat sindiran, ciri-ciri, Tujuan dan contoh kalimat sindiran"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel