PEMANTAPAN KEMAMPUAN PROFESIONAL (PKP) TENTANG
JUDUL :PENGGUNAAN ALAT PERAGA BERUPA BENDA -BENDA YANG KONGKRIT DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN TIMBULREJO KECAMATAN BANGUNREJO LAMPUNG TENGAH TAHUN 2010
OLEH :
NAMA : BASIRIN, S.Pd
NIM : 814658XXXX
PROGAM SYUDY : SI-PGSD
MASA UJIAN : 2010.1
POKJAR : BANGUNREJO
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILAMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS TERBUKA
UPBJJ-UT BANDAR LAMPUNG
TAHUN 2010
LEMBAR PENGESAHAN
L A P O R A N
PEMANTAPAN KEMAMPUAN PROFESIONAL (PKP)
( MATA KULIAH PDGK 4500 )
JUDUL :PENGGUNAAN ALAT PERAGA BERUPA BENDA -BENDA YANG KONGKRIT DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN TIMBULREJO KECAMATAN BANGUNREJO LAMPUNG TENGAH TAHUN 2010
NAMA : BASIRIN, S.Pd
NIM : 814658XXXX
PROGAM SYUDY : SI-PGSD
MASA UJIAN : 2010.1
POKJAR : BANGUNREJO
FALKUTAS : KEGURUAN DAN ILMU
PENDIDIKAN
UNIVERSITAS : UNIVERSITAS TERBUKA
UPBJJ : UT BANDAR LAMPUNG
TAHUN : 2010
Timbulrejo, 29 Mei 2010
Penyusun
BASIRIN,A.Ma.Pd
NIM : 814658XXXX
Disyahkan oleh :
Pembibing/Penguji I Pembibing/Penguji II
ABDUL HALIM,S.Pd __________________
KATA PENGANTAR
Berkah dari Allah yang Maha Kuasa yang telah memberikan limpahan karunia-Nya kepada kita sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan Pemantapan Kemampuan Profesional ( PKP ) ini.
Penulis melaporkan berdasarkan dari pengalaman yang sering terjadi pada kegiatan Pembelajaran di SDN TIMBULREJO Kecamatan Bangunrejo Kabupaten Lampung Tengah dalam memenuhi sebagai mahasiswa S1 PGSD di Unifersitas Terbuka.
Dan penulis menyadari bahwa laporan saya masih banyak kesalahan dan kekurangan oleh karena itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya dapat meningkatkan hasil yang lebih baik.
Demikian semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi penulis dan pembaca secara umumnya. Terima kasih
Penulis
BASIRIN,A.Ma.Pd
NIM : 814658XXXX
MATEMATIKA
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL………………………………………………………….i
LEMBAR PENGESAHAN………………………………………………….ii
KATA PENGANTAR……………………………………………………….iii
DAFATAR ISI……………………………………………………………….iv
1. PENDAHULUAN…………………………………………………………1
A. Latar Belakang …….………………………………….……….1
1. Latar Belakang Masalah……………………………………….1
2. Identifikasi Masalah………………………………….…………1
3. Analisis Masalah…………………………………….…………..2
B. Rumusan Masalah…………………………………….………..2
C. Tujuan Penelitian Perbaikan Pembelajaran………….………2
D. Manfaat Penelitian Perbaikan Pembelajaran………….…….3
II. KAJIAN PUSTAKA……………………………………………….…….4
III. PELAKSANA PERBAIKAN PEMBELAJARAN…………………...6
A. Subyek Penelitian……………………………………………...6
1. Tempat dan Waktu pelaksanaan…………………………..….6
2. Jumlah Siklus Perbaikan…………………………………...….7
B. Deskripsi Perbaikan……………………………………………8
1. Rencana…………………………………………………………9
2. Pelaksanaan…………………………………………………….10
3. Hal – hal yang Unik……………………………………………11
IV. HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN………………………..12
1. Pengolahan Data……………………………………………….13
2. Temuan – temuan………………………………………………14
3. Refeksi…………………………………………………………..14
4. Pembahasan…………………………………………………….15
V. KESIMPULAN…………………………………………………………..16
A. Kesimpulan……………………………………………………..16
B. Saran dan Tindak Lanjut……………………………………..17
VI. DAFTAR PUSTAKA……………………………………………………18
VI. LAMPIRAN – LAMPIRAN…………………………………………….19
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
1. Latar Belakang Masalah
Di dalam dunia pendidiakan tenaga seorang pendidik diminta meningkatkan mutu pendidikan yang bersetandar Nasional terutama dalam mencapai tujuan belajar mengajar dengan menggunakan alat peraga untuk mempermudah proses belajar mengajar, oleh karena itu diadakan penelitian untuk mengetahui kekurangan yang dialami oleh seluruh peserta proses belajar mengajar.
Dalam mata pelajaran Matematika menggunakan alat peraga dalam proses belajar mengajar akan lebih meningkat pelajaran yang dianggap membusankan akan menjadi lebih mudah untuk dilaksanakan dalam proses belajar mengajar dan dengan alat peraga siswa akan lebih mudah untuk menangkap pelajaran secara optimal.
2. Identifikasi Masalah
Untuk membantu dalam meningkatkan perbaikan pembelajaran penulis si bantu oleh teman sejawat dan guru – guru dalam melaksanakan perbaikan pembelajaran Matematika yang selama ini kurang diminati oleh sebagian besar siswa yang berdasarkan penelitian di SDN Timbulrejo Kecamatan Bangunrejo Kabupaten Lampung Tengah yang terdiri dari 43 anak yang dapat menyerap dan menjawab pertanyaan hanya 16 anak.
Sehubungan dengan masalah tersebut dari pengamatan penulis dan teman sejawat serta di bantu oleh guru –guru dapat di temukan masalah yaitu :
1. kurangnya alat peraga yang menunjang untuk dapat digunakan sebagai
alat pembantu anak dalam menangkap pelajaran.
2. Kurangnya minat anak dalam belajar
3. Guru kurang menguasahi materi pelajaran
4. Cara menyampaikan guru kurang menarik
5. Rendahnya hasil belajar
1
3. Analisis
Dalam menyelesaikan masalah perlu diadakan pernelitian melaluhi diskusi dengan teman sejawat untuk dapat diketahui rendahnya hasil belajar pada setiap pembelajaran adalah :
1. Kurangnya minat motifasi belajar anak.
2. Hasil belajar rendah
3. Alat peraga kurang memadahi
4. Penyampaian kurang menyenangkan
5. Latar belakang siswa yang kurang mendukung
B. Rumusan Masalah
Dari identifikasi masalah, rumusan masalah ialah Penggunaan alat peraga yang berupa benda – benda yang nyata dan dapat di peroleh dari sekitar kita dapat meningkatkan hasil belajar untuk meningkatkan hasil belajar yang rendah pada mata pelajaran Matematika di kelas IV SDN Timbulrejo Kecamatan Bangunrejo Kabupaten Lampung Tengah Provinsi Lampung tahun pelajaran 2009/2010.
C. Tujuan Penelitian Perbaikan Pembelajaran
Tujuan yang akan dicapai dalam penulisan laporan Pemantapan Kemampuan Profesional dalam laporan ini melalui perbaikan pembelajaran adalah :
1. Meningkatkan kemampuan guru dalam penguasaan materi
2. Penggunaan alat peraga yang berbentuk nyata dengan efektif
3. Kemampuan siswa dapat ditingkatkan
4. Menghasilkan pembelajaran yang memuaskan.
5. Memiliki keprofesionalan bagi seorang guru
6. Memenuhi tugas perkuliahan dalam progam S1 PGSD
2
D. Manfaat Penelitian Perbaikan Pembelajaran
Penelitian ini akan bermanfaat bagi :
Pemelitian bermanfaat bagi seorang guru dapat meningkatkan kemampuan guru sebagai seorang pendidik untuk dapat melaksanakan tugas sebagai alat pengantar pembelajaran bagi seluruh murid – muridnya, dapat menjadikan penelitian ini sebagai suatu pengalaman untuk kedepan lebih baik lagi dalam menjalankan tugas sebagai seorang pendidik.
Dan laporan ini akan sangat bermanfaat bagi para siswa agar mereka menjadi lebih termotifasi untuk belajar,dengan alat peraga yang relefan siswa akan lebih mengenal alat – alat yang ada di sekitar dan dapat berpikir secara nyata dan konduktif, siswa akan lebih berupaya untuk mendapatkan hasil yang lebih baik lagi untuk kedepan mereka akan menyenangi dan percaya dirinya akan muncul serta akan dapat menjawab pertanyaan dari guru dan perbaikan pembelajaran akan lebih efesien.
3
II. KAJIAN PUSAKA
Dalam pusat kurikulum ( 2002 ) bahwa tujuan penyelenggaraan SD adalah untuk menghasikan kelulusan yang mempunyai dasar – dasar karakter, kecakapan, keterampilan dan pengetahuan yang memadai untuk mengembangkan potensi dirinya secara optimal sehingga memiliki ketahanan dan keberhasilan dalam pendidikan lanjutan atau dalam kehidupan yang selalu berubah sesuai dengan perkembangan zaman, penyelenggaraan SD ditunjukan untuk :
1. menanamkan dasar – dasar prilaku berbudi pekerti dan beraklak mulia
2. menumbuhkan dasar – dasar kemahiran membaca, menulis, dan
berhitung
3. mengembangkan kemampuan memecahkan masalah dan kemampuan
berpikir logis, kritis dan kreaktif.
4. memberi rasa cinta terhadap bangsa dan tanah air Indonesia
Menurut Dick dan Carey ( 1990 ) karakteristik siswa yang harus didefinisi oleh guru adalah tingkat kemampuan pengalaman sebelumnya minat, motifasi, dan harapan terhadap pembelajaran. Dengan memperhatikan karakteristik siswa yang kita hadapi kita akan dapat merancang kegiatan pembelajaran yang sesuai bagi mereka sehingga tujuan pembelajaran yang telah diterapkan dapat dikuasai dengan optimal.
Ketrampilan intelektual adalah kemampuan yang menuntut siswa untuk melakukan kegiatan kognitif yang unik artinya siswa harus mampu memecahkan masalah dengan menerapkan informasi yang belum pernah dipelajari.
4
Gambara Oliva ( 1992 ) hubungan antara kurikulum dan pembelajaran dalam satu model disebut The Cyclical. Model ini menampilkan siklus hubungan antara kurikulum dan pembelajaran yang menekankan pada pentingnya peranan umpan balik. Dari model tersebut dapat kita lihat bahwa kurikulum dan pembelajaran merupakan dua hal yang berbeda, namun saling terkait satu sama lain dalam suatu siklus saling mempengaruhi.
Kurikulum Pembelajaran
Kaitan Kurikulum dan Pembelajaran menurut Oliva ( 1992 )
Banyak pendangan mengenahi hubungan Kurikulum dan Pembelajaran, para ahli sepakat :
1. Kurikulum dan Pembelajaran terhubung yang sangat erat tetapi
berbeda
2. Kurikulum dan Pembelajaran saling terkait satu sama lainnya
3. Kurikulum dan Pembelajaran mungkin saja dipelajari dan dianalisis
secara terpisah
5
III. PELAKSANAAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN
A. Subyek Penelitian
Subyek Penelitian ini adalah siswa Kelas IV SDN Timbulrejo Kecamatan Bangunrejo Kabupaten Lampung Tengah yang berjumlah 43 siswa
1. Tempat dan Waktu Pelaksanaan
a. Tempat
Tempat pelaksanaan perbaikan pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri Timbulrejo Kecamatan Bangunrejo Kabupaten Lampung Tengah
b. Waktu
Waktu pelaksanaan dari tanggal 20 Mei 2010 sampai dengan 29 Mei 2010 untuk mata Pelajaran Matematika dengan pokok bahasan Mengoprasikan Bilang Bulat.
No | Hari | Tanggal | Jam Ke | Keterangan |
1 | Kamis | 20 Mei 2010 | 1-2 | Observasi |
2 | Sabtu | 22 Mei 2010 | 2-3 | Pembelajaran Orientasi |
3 | Senin | 24 Mei 2010 | 3-4 | Pembelajaran Perbaikan I |
4 | Rabo | 26 Mei 2010 | 5-6 | Pembelajaran Perbaikan II |
6
2. Jumlah Siklus Perbaikan
Dalam Perbaikan Pembelajaran ini yang dilakukan dari Tanggal 20 Mei sampai dengan 26 Mei ini untuk mata pelajaran Matematika pada pokok bahasan :
Pada Siklus I melakukan pembelajaran secara keseluruan dari pokok bahasan yaitu Pengoprasikan Bilangan Bulat sebagai dasar untuk penelitian setelah hasilnya diketahui Siklus yang ke II merupakan Perbaikan dari Siklus pertama setelah Siklus yang kedua berjalan dan mendapatkan hasil Siklus yang ke III. Pada Siklus ini menjadikan sebagai hasil pembelajaran yang paling optimal
Dan dapat digambarkan sebagai berikut :
Keterangan :
M : Merencanakan
L : Melaksanakan
R : Refleksi
7
B. Deskripsi Persiklus
1. Rencana
Dari identifikasi masalah penulis akan melaksanakan perbaikan pembelajaran yang akan dilaksanakan untuk dalam menuntaskan masalah – masalah dalam pembelajaran mata pelajaran Matematika dalam pokok bahasan Pengoprasikan Bilangan Bulat di kelas IV yang akan di laksanakan dua kali setiap pertemuan setelah di ketahui dari data Observasi dan tahapan – tahapan sebagai berikut :
Siklus I
a. Merencanakan berapa banyak siklus
b. Menentukan alat paraga yang relevan
c. Menyiapkan lembar observasi kegiatan siswa
d. Menetapkan waktu pelaksanaan Pembelajaran
Siklus II
a. Menentukan Masalah yang akan diperbaiki
b. Menyusun Rencana Perbaikan Pembelajaran
c. Menyiapkan pertanyaan untuk siswa
d. Menyiapkan lembar kerja siswa
e. Melaksanakan Perbaikan pembelajaran
f. Mengambil kesimpulan
Siklus III
a. Menentukan Masalah yang akan diperbaiki
b. Menyusun Rencana Perbaikan Pembelajaran 2
c. Menyiapkan pertanyaan untuk siswa
d. Menyiapkan lembar kerja siswa
e. Melaksanakan Perbaikan pembelajaran 2
f. Menganalisis data
8
Rencana Perbaikan Pembelajaran ini dilakukan untuk memperbaiki pembahasan pada mata pelajaran Matematika pada pokok bahasan Bilangan Bulat pada kelas IV dengan memakai alat peraga yang relevan dan motifasi guru yang sungguh – sungguh dalam mencerdaskan anak bangsa
9
2. Pelaksanaan
Pelaksanaan kegiatan ini harus dilaksanakan dengan cermat dan berulang – ulang agar memperoleh hasil yang memuaskan melalui tahapan opservasi, perbaikan pembelajaran I dan perbaikan Pembelajaran II
Dan langkah – langkah yang akan ditempuh dalam rencana perbaikan pembelajaran Matematika pada pokok bahasan Pengoprasian Bilangan Bulat adalah :
a. Mengadakan tanya jawab mengenai bilangan bulat
b. Menyampaikan tujuan Pembelajaran agar dapat diketahui oleh siswa
c. Menyiapkan alat peraga berupa kotak, benda berbentuk memanjang dan
kelereng
d. Menggunakan alat peraga dengan cermat dan konduktif
e. Di berikan kesempatan bagi siswa untuk merangkum hasil pembelajaran
f. Siswa di beri pertanyaan dengan cara tertulis
10
3. Hal – hal yang unik
Dalam pembelajaran ditemukan hal – hal yang unik dalam perbaikan pembelajaran ini diantaranya yaitu :
a. Siswa tertawa melihat alat peraganya
b. Siswa terdiam saat melihat alat peraga dipentaskan
c. Rasa ingin tahu siswa tentang bilangan bulat melalui alat peraga tinggi
d. Banyak siswa yang melihat dengan kusuk
e. Guru menjadi terbiasa dalam mementaskan alat peraga
11
IV. HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
Pengolahan Data
Dari data penulis terdapat peningkatan hasil belajar dalam mata pelajaran Matematika dalam siklus satu sampai siklus tiga terdapat peningkatan hasil balajar melalui media alat peraga dalam pembelajaran.
DAFTAR NILAI KELAS IV SDN TIMBULREJO
PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA
NO | NAMA | SIKLUS I | SIKLUS II | SIKLUS III |
1 | ANA SASNITA | 5 | 6 | 7 |
2 | ANDIONO | 4 | 5 | 6 |
3 | ANGGA PRATAMA | 6 | 7 | 8 |
4 | ANWAR SUBEKTI | 5 | 6 | 8 |
5 | ARIS IRAWAN | 5 | 6 | 7 |
6 | DEWI TARWIATI | 5 | 6 | 7 |
7 | DIAJENG RAHMATIKA | 6 | 7 | 7 |
8 | DIANA AYU NING SARI | 5 | 7 | 8 |
9 | ELI MARLINA | 5 | 8 | 8 |
10 | ERNI RIYANTI | 6 | 7 | 8 |
11 | FELCI SUSATI | 6 | 8 | 8 |
12 | FIRMANSAH | 6 | 6 | 7 |
13 | FITRI FETIYANI | 5 | 7 | 7 |
14 | FITRI YULIANDARI | 5 | 6 | 7 |
15 | HELI SETIAWAN | 6 | 7 | 7 |
16 | INTAN LIDIA WIDURI | 6 | 7 | 8 |
17 | JULIONO | 4 | 5 | 6 |
18 | KIMAN SUBEKTI | 4 | 6 | 7 |
19 | LILIK KRISNAWATI | 4 | 5 | 6 |
20 | LINDA CAHYANTI | 5 | 6 | 7 |
21 | MELI OKTAVIANA | 5 | 6 | 7 |
22 | MIFTAHUL ALIMAH | 6 | 6 | 7 |
23 | DEDI PURNOMO | 5 | 7 | 8 |
24 | NANDA KUSUMAWATI | 5 | 7 | 8 |
25 | NOPIA PRAYOGI | 5 | 6 | 7 |
26 | NUR BAETI SAHID | 6 | 7 | 8 |
27 | NUR HIDAYAT | 5 | 6 | 7 |
28 | NURLATIFAH | 6 | 7 | 8 |
29 | PANJI AGUNG | 5 | 7 | 7 |
30 | RICKIA DAMAYANTI | 5 | 5 | 6 |
31 | RIDHO PRAMBUDI | 6 | 6 | 8 |
32 | RUWIYANTO | 4 | 5 | 7 |
33 | SARI FATUL FAUZIAH | 6 | 7 | 7 |
34 | SELI DEWITA SARI | 5 | 6 | 8 |
35 | SEPTIA NINGSIH | 5 | 7 | 8 |
36 | SITI NURLAILA | 6 | 6 | 7 |
37 | SUSILOWATI | 4 | 7 | 8 |
38 | TIA OKTAVIANA | 5 | 6 | 8 |
12
NO | NAMA | SIKLUS I | SIKLUS II | SIKLUS III |
39 | TITIK SONIAH | 5 | 7 | 8 |
40 | TRIA PURWANI | 5 | 6 | 7 |
41 | TRIANA WATI | 6 | 7 | 8 |
42 | WAHYU MARGONO | 4 | 5 | 7 |
43 | WULAN ERFIANTI | 5 | 7 | 8 |
Data tersebut adalah :
1. siswa mengikuti pelajaran dengan aktif
2. alat peraga bermanfaat dengan baik
3. aktif dalam mengikuti pembelajaran
4. ketenangan dalam belajar
5. mengejakan dengan baik dan tepat waktu
Dan dari data tersebut diatas dapat diperoleh peningkatan hasil belajar antaranya :
1. jumlah rata – rata meningkat dari siklus I sampai siklus III
2. mengejakan soal lebih banyak yang benar jawabanya
3. lebih tepat waktu dalam pembelajaran
4. ketuntasan belajar lebih optimal
Dari penilaian bahwa ketuntasan belajar memperoleh keberhasilan dengan nilai yang lebih memuaskan secara persiswa meningkat rata- rata 65 % dan dari kelompok belajar meningkat 70 %.
13
2. Temuan – temuan
Dari data yang diperoleh berdasarkan penemuan dengan teman sejawat dan guru pembimbing bahwa dapat disimpulkan bahwa tingkat keberhasilan dari pembelajaran denga menggunakan alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar siswa dibuktikan dari mulai siklus I menunjuakn perbaikan nilai yang baik dan pada siklus II nilai anak bertambah lebih meningkat dibandingkan siklus I serta peningkatan juga di hasilkan dari siklus III yang nilainya hampir semua siswa dapat mengejakan soal dengan baik meskipun masih ada anak yang perolehan nilainya kurang memuaskan.
Tampaknya motifasi anak untuk belajar dengan mengguanakan alat peraga mulai tampak pada pembelajaran yang dilakukan melalui penggunaan media alat peraga pada mata pelajaran Matematika pada SDN Timbulrejo Kecamatan Bangunrejo Kabupaten Lampung Tengah. Dan dari hasil perbikan pembelajaran dapat dicapai sesuai dengan harapan dan tujuan meskipun proses pembelajaran masih belam mencapai keberhasilan yang 100 %. Hal tersebut penulis masih kurang terhadap kepuasan dari penulis karena masih adanya siswa yang nilainya masih kurang memuaskan itu dikarenakan tingkat kemampuan siswa yang berbeda – beda.
3. Refleksi
Dari temuan – temuan yang diperoleh penulis menyimpukan bahwa dari pembelajaran siklus I, siklus II dan siklus III dapat simpulkan bahwa penbelajaran telah berhasil dan diharapkan hendaknya pembelajaran harus di tingkatkan dengan :
a. Menggunakan alat peraga sebagai alat bantu menjelaskan materi
b. Memakai alat peraga yang mudah diperolehnya
c. Memakai alat peraga yang asing menurut anak
d. Alat yang dipakai dalam penbelajaran harus yang tepat dan dapat
menarik minai siswa untuk melihatnya.
14
4. Pembahasan
Kenerja guru
Dari proses pembelajaran perbaikan dan cara mengajar yang dilakuakan guru agar siswa lebih cepat dalam menguasai pelajaran terutama yang harus di lakuakan adalah menggunakan alat peraga yang bentuknya nyata dan mudah dimengeti bagi siswa serta guru hendaknya dapat melakukan kegiatan yang dapat meningkatkan belajar siswa seperti :
a. mendorong agar siswa dapat bermotifasi untuk belajar
b. memelihara agar siswa tetep memperhatikan pembalajaran
c. melakukan pembelajaran yang lebih baik lagi
d. mengajak siswa agar lebih giat belajar
e. meningkatkan kenerja guru sendiri
Ini adalah alat yang digunakan guru agar proses belajar mengajar akan lebih baik lagi dan menyelesaikan masalah yang timbul akibat dari proses pembelajaran.
Analisis Hasil Belajar Siswa
Dari data nilai diatas setiap siklus pemberian tugas evaluasi dari ulangan harian dan niai rata – rata evaluasi dengan menggunakan alat peraga yang menggunakan alat berbentuk nyata ( kongket ) dan hasilnya lebih baik dapat dilihat dari tabel berikut :
Nilai rata – rata | Siklus I | Siklus II | Siklus III |
Tugas Mandiri | 5,6 | 6,4 | 7,2 |
Ulangan Harian | 6,2 | 7,6 | 8,3 |
Daya serap Kelompok | 46 % | 70 % | 83 % |
Dari tabel diatas terdapat peningkatan nilai rata – rata dari tugas mandiri siswa terdapat peningkatan nilai yang diperoleh prestasi ini sudah sesuai dengan tujuan yang seharusnya dilaksanakan dalam pembelajaran oleh karena itu pembelajaran dengan menggunakan alat peraga sangat diperlukan bagi seorang guru untuk meningkatkan hasil belajar mengajar baik kelas rendah maupun kelas tinggi pada Sekolah Dasar pada khususnya dan pada Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas pada umumnya.
15
V. KESIMPULAN
A. Kesimpulan
Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis dan dibantu oleh teman sejawat dan guru pembimbing, data yang dilihat melalui siklus I sampai siklus III menunjukan bahwa tingkat keberhasilan siswa meningkat dengan dilakukannya preses belajar mengajar dengan menggunakan alat peraga terutama yang dilakukan oleh penulis di Sekolah Dasar Negeri Timbulrejo Kecamatan Bangunrejo Kabupaten Lampung Tengah.
Kenaikan yang berarti adalah perubahan menuju kearah yang lebih baik dengan demikian semakin tinggi minat siswa untuk belajar lebih giat lagi. Semakin baik lagi keberhasilan dalam belajar dan mengajar disekolah – sekolah.
Oleh karena itu dengan dibuktikannya alat peraga dapat meningkatkan kreaktifitas anak dalam belajar dan dapat meningkatkan kinerja guru dalam melakasanakan proses pembelajaran dalam perbaikan. Dengan keberhasilan ini maka kami terus melakukan pembelajaran dengan menggunakan alat peraga untuk meningkatkan pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri Timbulrejo Kecamatan Bangunrejo Kabupaten Lampung Tengah.
16
B. Saran dan Tindak Lanjut
Dalam penulis laporan ini izinkan penulis memberikan saran dan tindak lanjut dalam Pemantapan Kemampuan Profesional yaitu :
1. Dalam mengajar seorang guru harus meningkatkan pembelajaran
mengemban tugas sebagai seorang pendidik
2. Guru dalam pembelajaran handaknya menggunakan alat peraga dalam
mengajar untuk meningkatkan mutu pembelajaran..
3. Guru seharusnya menguasai materi dalam pembelajaran
4. Guru hendaknya menguasai cara menggunakan alat peraga dengan
baik.
5. Siswa hendaknya mengikuti dan memperhatikan guru dalam
pembelajaran
6. Guru dan siswa hendaknya melakukan pembelajaran dengan sesuai
kurikulum yang berlaku sekarang.
17
DAFTAR PUSTAKA
Dick, W. & Carey, L ( 1990 ). The Systematic Design of Indtruction. 3
ed. USA : Harper Collins
Oliva, P. F. ( 1992 ). Developing the Curriculum. Third Edition. New
Pusat Kurikulum ( 2002 ) Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta :
Pusat Kurikulum : Balitbang, Depdiknas
18
LAMPIRAN – LAMPIRAN
1. Lampiran 1. Format kesediaan Sebagai Teman Sejawat dalam
Penyelesaian PKP
2. Lampiran 2. Rekapitulasi Nilai Praktek Perbaikan Pembelajaran
3. Lampiran 3. Surat Pernyataan
4. Lampiran 4. Alat Penilaian Kemampuan Guru-PKP 1 ( APKG-PKP 1 )
5. Lampiran 5. Alat Penilaian Kemampuan Guru-PKP 2 ( APKG-PKP 2 )
6. Lampiran 6. Rencana Perbaikan Pembelajaran Matematika Kelas IV
7. Lampiran 7. Sistematik Laporan
8. Lampiran 8. Laporan hasil Perbaikan Matematika
9. Lampiran 9. Rekapitulasi Ujian Praktek Mengajar
10. Lampiran 10. Lembar Obserfasi Matematika
11. Lampiran 11. Penilaian Laporan Perbaikan Pembelajaran
19
Lampiran I
Format Kesediaan sebagai Teman Sejawat dalam
Penyelenggaraan PKP
Kepada
Kepala UPBJJ BANDAR LAMPUNG
Di BANDAR LAMPUNG
Yang bertanda tangan dibawah ini, menerangkan bahwa :
Nama : SIH USMIYATI, S.Pd
NIP : -
Tempat Mengajar : SDN TIMBULREJO
Alamat Sekolah : TIMBULREJO
Telepon : -
Menyatakan bersedia sebagai teman sejawat untuk mendampingi dalam pelaksanaan PKP atas nama :
Nama : BASIRIN, S.Pd
NIM : 814658XXXX
Program Studi : SI.PGSD
Tempat Mengajar : SDN TIMBULREJO
Alamat Sekolah : TIMBULREJO
Telepon : …………………………………………
Demikian agar surat pernyataan ini dapat digunakan sebagaimana mestinya.
Timbulrejo, 29 Mei 2010
Teman Sejawat
Mengetahui ,
Kepala Sekolah
(ALI SUYANTO, A.Ma) (SIH USMIYATI .S Pd)
NIP: 1952 1 NIP: -
Lampiran 3
Yang bertanda tangan dibawah ini :
Nama : BASIRIN, A.Ma.Pd
NIM 814658XXXX
UPBJJ-UT : BANDAR LAMPUNG
Menyatakan bahwa :
Nama : SIH USMIYATI.S.Pd
Tempat Mengajar : SDN TIMBULREJO
Guru Kelas : IV ( Empat )
Adalah teman sejawat yang akan membantu dalam pelaksanaan perbaikan pembelajaran yang merupakan tugas mata kuliah PDGK 4500 Pemantapan Kemampuan Profesional ( PKP ).
Demikian penyataan ini dibuat untuk digunakan sebagaimana mestinya.
Timbulrejo, 29 Mei 2010
Yang Membuat Pernyataan
Teman Sejawat Mahasiswa,
SIH USMIYATI.SPd BASIRIN,S.Pd
NIM: 814658XXXX
Lampiran 2
REKAPITULASI NILAI PRAKTEK PERBAIKAN PEMBELAJARAN
UPBJJ – UT : BANDAR LAMPUNG
NO | NIM | NAMA | Nilai Ujian Praktek Mengajar | Nilai Ujian Praktek Mengajar ( Nup ) | |||||
Mata Pelajaran 1 | Mata Pelajaran 2 | ||||||||
AKPG 1 ( R ) | AKPG 2 ( K ) | Nilai Ujian1 ( NU ) | AKPG 1 ( R ) | AKPG 2 ( K ) | Nilai Ujian 2 ( NU ) | ||||
1 | 814658385 | BASIRIN,AMa.Pd | |||||||
Mengetahui
|
Kepala UPBJJ – UT : BANDAR LAMPUNG Supervisor
…………………………………… ………………………….
NIP : ……………………………. NIP :……………………
Lampiran 4
ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU – PKP 1
( APKG – PKP 1 )
LEMBAR PENELITIAN
KEMAMPUAN MERENCANAKAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN
NAMA GURU / MAHASISWA :BASIRIN,A.Ma.Pd N I M : 814658XXXX TEMPAT MENGAJAR : SDN TIMBULREO KELAS : IV MATA PELAJARAN : MATEMATIKA WAKTU : 2 X 35 MENIT TANGGAL : 29 – 05 – 2010 |
PETUNJUK
Baca dengan cermat perbaikan pembelajaran yang akan digunakan oleh guru/mahasiswa ketika mengajar. Kemudian, nilailah semua aspek yang terdapat dalam rencana tersebut dengan menggunakan butir penilaian di bawah ini.
1. Menentukan bahan perbaikan
pembelajaran dan merumuskan
tujuan/indikator perbaikan
pembelajaran 1 2 3 4 5
1.1 Mengunakan bahan perbaikan
Pembelajaran yang sesuai dengan
Kurikulum dan masalah yang
diperbaiki
1.2 Merumuskan tujuan khusus/
indikator perbaikan pembelajaran Rata-rata butir 1=A
2. Mengembangkan dan mengorganisasikan
materi, media (alat bantu pembelajaran)
dan sumber belajar
2.1. Mengembangkan dan mengorga
nisasikan materi pembelajaran
2.2 Menentukan dan mengembangkan
alat bantu perbaikan pembelajaran
2.3 Memilih sumber belajar Rata-rata butir 2=B
3. Merencanakan skenario perbaikan
pembelajaran
3.1 Menentukan jenis kegiatan
perbaikan pembelajaran
3.2 Menyusun langkah-langkah
perbaikan pembelajaran
3.3 Menentukan alokasi waktu
perbaikan pembelajaran
3.4 Menentukan cara-cara
memotivasi siswa
3.5 Menyiapkan pertanyaan
Rata-rata butir 3=C
4. Merancang pengolahan kelas
perbaikan pembelajaran
4.1 Menentukan penataan ruang
dan fasilitas belajar
4.2 Menentukan cara-cara
pengorganisasikan siswa agar
siswa dapat berpartisipasi dalam Rata-rata butir 4=D
perbaikan pembelajaran
5. Merancang prosedur, jenis, dan
penyiapkan alat penelitian perbaikan
pembelajaran
5.1 Menentukan prosedur dan
jenis penilaian
5.2 Membuat alat-alat penilaian
dan kunci jawaban Rata-rata butir 5=E
6. Tampilan dokumen rencana perbaikan
pembelajaran
6.1 Kebersihan dan kerapian
6.2 penggunaan bahasa tulis
Rata-rata butir 6=F
Timbulrejo, 29 Mei 2010 Pembimbing / Penguji I Pembimbing / Penguji II
ABDUL HALIM, S.Pd. ………………………….
Lampiran 5
ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU - PKP 2
( APKG – PKP 2 )
LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MELAKSANAKAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN
NAMA GURU / MAHASISWA : BASIRIN,S.Pd N I M : 814658XXXX TEMPAT MENGAJAR : SDN TIMBULREJO KELAS : IV MATA PELAJARAN : MATEMATIKA WAKTU : 2 X 35 MENIT TANGGAL : 29 – 05 - 2010 |
PETUNJUK
1. Amati dengan cermat pembelajaran yang sedang berlangsung.
2. Pusatkanlah perhatian anda pada kemampuan guru dalam mengolah
pembelajaran serta dampak pada diri siswa.
3. Nilailah kemampuan guru tersebut dengan menggunakan butir-butir penilaian
berikut
4. Khusus untuk butir ke 5 yaitu memdemontrasikan kemampuan khusus dalam
pembelajaran pilihlah salah satu butir penilaian yang sesuai dengan mata
pelajaran yang sedang diajarkan.
5. Nilailah semua aspek kemampuan guru.
1. Mengolah ruang dan fasilitas 1 2 3 4 5
Pembelajaran
1.1 Menata fasilitas dan sumber belajar
1.2 Melaksanakan tugas rutin kelas
Rata-rata butir 1=A
2. Melaksanakan kegiatan perbaikan pembelajaran
2.1 Memulai pembelajaran
2.2 Melaksanakan pembelajaran
yang sesuai dengan tujuan siswa situasi
dan lingkungan
2.3 Mengunakan alat bantu (media) pem
belajaran yang sesuai dengan tujuan
siswa, situasi dan lingkungan
2.4 Melaksanakan pembelajaran dalam
urutan yang logis
2.5. Melaksanakan perbaikan
Pembelajaran secara individu
Kelompok atau klasikal
2.6 Mengolah waktu pembelajaran
secara efisien Rata-rata butir 2=B
3. Mengolah interaksi kelas
3.1 Memberi petunjuk dan penjelasan yang
berkaitan dengan isi pembelajaran
3.2 Menangani pertanyaan dan respon
siswa
3.3 Menggunakan ekspresi lisan, tulisan,
isyarat dan gerakan badan
3.4 memicu dan memelihara keterlibatan
Siswa
3.5 Mementapkan penguasaan materi
Pembelajaran Rata-rata butir 3=C
4. Bersikap terbuka dan luwes serta
membantu mengembangkan sikap
positif siswa terhadap belajar.
4.1 Menunjukkan sikap ramah, luwes,
terbuka penuh pengertian dan sabar
kepada siswa
4.2 Menunjukkan kegairahan dalam
mengajar
4.3 Mengambarkan hubungan antar-
Pribadi yang sehat dan serasi.
4.4 Membantu siswa menyadari kelebihan
dan kekurangannya.
4.5 Membantu siswa menumbuhkan
kepercayaan diri Rata-rata butir 4=D
5. Mendemontrasikan kemampuan khusus
dalam perbaikan pembelajaran mata pelajaran
tertuntu
a. Matematika
5.1 Menanamkan konsep Matematikan
melalui metode berfareasi yang
sesuai dengan karakterisik materi
5.2. Menguasai simbol-simbol
Matematika
5.3 Memberikan latihan matematika
dalam kehidupan sehari-hari
5.4 Menguasai materi matematika
Rata-rata 5 b = E
6. Melaksanakan penilaian proses dan
hasil belajar
6.1 Melaksanakan penilaian selama
proses pembelajaran
6.2 Melaksanakan penilaian pada
akhir pembelajaran
Rata-rata 6 = F
7. Kesan umum pelaksanaan pembelajaran
7.1 Keefektian proses pembelajaran
7.2 Pengunaan bahasa Indonesia lisan
7.3 Peka terhadap kesalahan berbahasa
siswa
7.4 Penampilan guru dalam
Pembelajaran Rata-rata 7 = G
…………………………….2010 Pembimbing/Penguji I Pembimbing/Penguji II
ABDUL HALIM, S.Pd. ___________
Lampiran 6
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
KELAS : IV / I
ALOKASI WAKTU : 2 X 35 MENIT
A. Kompetensi Dasar
Sisiwa mampu menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan Bulat dalam
pemecahan masalah.
B. Hasil Belajar
Siswa menunjukan kemampuan mengaitkan antara sifat-sifat operasi hitung
bilangan Bulat dalam pemecahan masalah.
C. Indikator
Siswa mampu menyimpulkan nilai tempat suatu bilangan Bulat dalam pemecahan masalah.
D. Tujuan Perbaikan
1. Siswa mampu menjawab pertanyaan guru yang diajukan kepada seluruh
Siswa
2. Siswa mampu menjawab pertanyaan guru dengan tepat
E. Metode
1. Ceramah
2. Tanya jawab
3. Diskusi
4. Pemberian Tugas
F. Materi Pokok
Sifat-sifat Operasi hitung bilangan Bulat
G. Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal ( 10 menit )
- Guru menulis sebuah bilangan yang terdiri dari bilangan Bulat ribuan,
ratusan dan satuan
2. Kegiatan Inti ( 20 menit )
- Guru menjelaskan nilai tempat suatu bilangan Bulat ( satuan, ratusan dan
ribuan )
- Guru menunjuk salah satu siswa untuk menjelaskan nilai tempat setiap
angka pada bilangan “ 46.230 “
- Mengerjakan lembar soal.
3. Kegiatan Akhir ( 10 menit )
- Menggunakan Evaluasi
- Memberikan tugas PR
H. Saran dan Sumber Belajar.
- Buku Matematika kelas IV Paket
- Buku lain yang relevan
- Alat dan bahan yang relevan
- Skema bilangan Bulat dengan nilai tempat.
I. Evaluasi
- Tes lisan
- Tes tertulis
Tulislah bilangan Bulat berikut dalam bentuk panjang
1. 65.900
2. 76.008
3. 33.415
4. 82.371
5. 27.259
Tulislah lambang bilanganBulat berdasarkan nilai tempat
1. 4 ditempat puluhan ribu
3 ditempat satuan
7 ditempat ribuan
2. 5 ditempat puluhan ribu
1 ditempat ribuan
3. 3 ditempat ribuan
4 ditempat puluhan
3 ditempat puluhan ribu
9 ditempat satuan
Timbulrejo, 20 Mei 2010
Mengetahui,
Kepala Sekolah Mahasiswa
ALI SUYANTO,A.Ma BASIRIN, S.Pd
NIP: 195206171981011001 NIM : 814658XXXX
RENCANA PERBAIKAN PEMBELAJARAN
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
KELAS : IV / I
ALOKASI WAKTU : 2 X 35 MENIT
A. Kompetensi Dasar
Sisiwa mampu menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan Bulat dalam
pemecahan masalah.
B. Hasil Belajar
Siswa menunjukan kemampuan mengaitkan antara sifat-sifat operasi hitung
bilangan Bulat dalam pemecahan masalah.
C. Indikator
Siswa mampu menyimpulkan nilai tempat suatu bilangan Bulat dalam pemecahan masalah.
D. Tujuan Perbaikan
1. Siswa mampu menjawab pertanyaan guru yang diajukan kepada seluruh
Siswa
2. Siswa mampu menjawab pertanyaan guru dengan tepat
E. Metode
1. Ceramah
2. Penggunaan alat peraga yang nyata
3. Diskusi
4. Pemberian Tugas
F. Materi Pokok
Sifat-sifat Operasi hitung bilangan Bulat
G. Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal ( 10 menit )
- Guru menulis sebuah bilangan yang terdiri dari bilangan Bulat ribuan,
ratusan dan satuan
ribuan ) dengan menunjukan alat peraga yang berbentuk angka yang
2. Kegiatan Inti ( 20 menit )
- Guru menjelaskan nilai tempat suatu bilangan Bulat ( satuan, ratusan dan
terbuat dari plastik
- Guru menunjuk salah satu siswa untuk menjelaskan nilai tempat setiap
angka pada bilangan “ 91.439 “
- Mengerjakan lembar soal.
3. Kegiatan Akhir ( 10 menit )
- Menggunakan Evaluasi
- Memberikan tugas PR
H. Saran dan Sumber Belajar.
- Buku Matematika kelas IV Paket
- Buku lain yang relevan
- Alat dan bahan yang relevan
- Skema bilangan Bulat dengan nilai tempat.
I. Evaluasi
- Tes lisan
- Tes tertulis
Tulislah bilangan Bulat berikut dalam bentuk panjang
1. 43.900
2. 95.008
3. 32.415
4. 99.370
5. 67.659
Tulislah lambang bilanganBulat berdasarkan nilai tempat
1. 3 ditempat puluhan ribu
2 ditempat satuan
3 ditempat ribuan
2. 9 ditempat puluhan ribu
5 ditempat ribuan
3. 6 ditempat ribuan
7 ditempat puluhan
6 ditempat puluhan ribu
9 ditempat satuan
Timbulrejo, 24 Mei 2010
Mengetahui,
Kepala Sekolah Mahasiswa
ALI SUYANTO,A.Ma BASIRIN, S.Pd
NIP: 195206171981011001 NIM : 814658XXXX
RENCANA PERBAIKAN PEMBELAJARAN
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
KELAS : IV / I
ALOKASI WAKTU : 2 X 35 MENIT
A. Kompetensi Dasar
Sisiwa mampu menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan Bulat dalam
pemecahan masalah.
B. Hasil Belajar
Siswa menunjukan kemampuan mengaitkan antara sifat-sifat operasi hitung
bilangan Bulat dalam pemecahan masalah.
C. Indikator
Siswa mampu menyimpulkan nilai tempat suatu bilangan Bulat dalam pemecahan masalah.
D. Tujuan Perbaikan
1. Siswa mampu menjawab pertanyaan guru yang diajukan kepada seluruh
Siswa
2. Siswa mampu menjawab pertanyaan guru dengan tepat
E. Metode
1. Ceramah
2. Tanya jawab
3. Diskusi
4. Pemberian Tugas
F. Materi Pokok
Sifat-sifat Operasi hitung bilangan Bulat
G. Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal ( 10 menit )
- Guru menulis sebuah bilangan yang terdiri dari bilangan Bulat ribuan,
ratusan dan satuan
2. Kegiatan Inti ( 20 menit )
- Guru menjelaskan nilai tempat suatu bilangan Bulat ( satuan, ratusan dan
ribuan )
- Guru menunjuk salah satu siswa untuk menjelaskan nilai tempat setiap
angka pada bilangan “ 46.230 “
- Mengerjakan lembar soal.
3. Kegiatan Akhir ( 10 menit )
- Menggunakan Evaluasi
- Memberikan tugas PR
H. Saran dan Sumber Belajar.
- Buku Matematika kelas IV Paket
- Buku lain yang relevan
- Alat dan bahan yang relevan
- Skema bilangan Bulat dengan nilai tempat.
I. Evaluasi
- Tes lisan
- Tes tertulis
Tulislah bilangan Bulat berikut dalam bentuk panjang
1. 63.900
2. 75.008
3. 31.415
4. 92.370
5. 17.659
Tulislah lambang bilanganBulat berdasarkan nilai tempat
1. 6 ditempat puluhan ribu
1 ditempat satuan
7 ditempat ribuan
2. 8 ditempat puluhan ribu
7 ditempat ribuan
3. 6 ditempat ribuan
4 ditempat puluhan
6 ditempat puluhan ribu
1 ditempat satuan
Timbulrejo, 29 Mei 2010
Mengetahui,
Kepala Sekolah Mahasiswa
ALI SUYANTO,A.Ma BASIRIN, S.Pd
NIP: 195206171981011001 NIM : 814658XXXX
Lampiran 7
SISTEMATIKA LAPORAN
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas : IV ( Empat )
Waktu : Tanggal 26 Mei s/d 29 Mei 2010
Masalah yang diatasi :
1. Kurangnya minat siswa pada mata pelajaran Matematika
2. Rendahnya nilai hasil Belajar
3. Kerangnya metode dalam pembelajaran
4. Kurangnya motifasi guru dalam mengajar
Cara mengatasi :
1. Setiap pembelajaran hendaknya menggunakan alat peraga yang relevan
2. Pembelajaran hendaknya dengan memakai Kurikulum yang baik
3. Pembelajaran haruslah memakai metode yang menyakinkan dan dapat
di terima dengan baik oleh siswa
4. Guru harus secara profesional dalam mengajar.
Hasil :
Hasil yang diharapkan siswa dapat memperbaiki pembelajaran dan
meningkatkan hasil prestasinya
Hal – hal yang unik :
a. Siswa tertawa melihat alat peraganya
b. Siswa terdiam saat melihat alat peraga dipentaskan
c. Rasa ingin tahu siswa tentang bilangan bulat melalui alat peraga tinggi
d. Banyak siswa yang melihat dengan kusuk
e. Guru menjadi terbiasa dalam mementaskan alat peraga
Lampiran 8
LAPORAN HASIL BELAJAR
NAMA : BASIRIN, A.Ma.Pd
NIM : 814658XXXX
PROGAM SYUDY : SI-PGSD
Tempat Menagajar : SDN TIMBULREJO
Jumlah Pembelajaran : III Siklus
Tempat dan Tanggal Pelaksanaan : SDN TIMBULREJO
Tanggal 26 s/d 29 Mei 2010
Masalah yang diperbaiki dalam Laporan :
1. Kurangnya minat siswa pada mata pelajaran Matematika
2. Rendahnya nilai hasil Belajar
3. Kerangnya metode dalam pembelajaran
4. Kurangnya motifasi guru dalam mengajar
Menyetujui
Supervesor Mahasiswa
ABDUL HALIM, S.Pd BASIRIN, A.Ma.Pd
NIM : 814658XXXX
Lampiran 9
REKAPITULASI NILAI PRAKTEK MENGAJAR
UPBJJ – UT : BANDAR LAMPUNG
NO | NIM | NAMA | Nilai Ujian Praktek Mengajar | Nilai Ujian Praktek Mengajar ( Nup ) | |||||
Mata Pelajaran 1 | Mata Pelajaran 2 | ||||||||
AKPG 1 ( R ) | AKPG 2 ( K ) | Nilai Ujian1 ( NU ) | AKPG 1 ( R ) | AKPG 2 ( K ) | Nilai Ujian 2 ( NU ) | ||||
1 | 814658385 | BASIRIN,AMa.Pd | |||||||
Mengetahui
|
Kepala UPBJJ – UT : BANDAR LAMPUNG Supervisor
…………………………………… ………………………….
NIP : ……………………………. NIP :……………………
Lampiran 10
LEMBAR PENGAMATAN
KEGIATAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN
MATA PELAJARAN :
KELAS :
HARI/TANGGAL :
FOKUS OBSERVASI :
No | Perilaku guru yang diobservasi | Kemunculan | Komentator | |
Tidak ada | ||||
Pengamat
………………………
ALAT PENILAIAN LAPORAN – PKP
( APL – PKP )
LEMBAR PENILAIAN
LAPORAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN
NAMA GURU / MAHASISWA : BASIRIN,A.Ma.Pd N I M : 814658XXXX TEMPAT MENGAJAR : SDN TIMBULREJO KELAS : IV MATA PELAJARAN : MATEMATIKA WAKTU : 2 X 35 MENIT TANGGAL : 25 APRIL 2010 |
A. Pendahuluan
` Kompetensi yang dikembangkan melalui mata kuliah PKP adalah kemampuan melaksanakan perbaikan pembelajaran melalui Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) untuk mencapai kemampuan tersebut mahasiswa diwajibkan berlatih melaksanakan PTK dalam rangka perbaikan pembelajaran di kelas sendiri. Selama melaksanakan PTK di kelas mahasiswa dibimbing oleh supervisor/guru pamong dari sekolah tempat mahasiswa mengajar. Penguasaan mahasiswa terhadap mata kuliah PTK dinilai dari laporan perbaikan pembelajaran PKP dan ujian praktek mengajar.
B. Pedoman Penskoran
Pedoman Penilaian Laporan PKP berikut ini untuk menilai laporan PKP.
VARIABEL / DESKRIPTOR | Skor Maks | Nilai |
1. PENDAHULUAN | 22 | |
A. Latar belakang masalah | ||
1. Mencantumkan latar belakang masalah | 2 | |
- | ||
- | ||
- | ||
2. Identifikasi masalah | 7 | |
a. Adanya informasi tentang : | ||
1) data/hal-hal yang terkait dengan masalah pembelajaran (2) | ||
2) alasan penilaian masalah yang akan di atasi dengan PTK : | ||
a) logis dan jelas (2) | ||
b) kurang logis dan kurang jelas (1) | ||
b. Mencantumkan identifikasi masalah | ||
- Proses identifikasi masalah jelas dan logis (2) | ||
- Proses identifikasi masalah kurang jelas dan kurang logis(1) | ||
c. Mencantumkan informasi tentang pihak yang membantu (1) | ||
3. Analisis masalah | 5 | |
a. Menyampaikan proses analisis masalah | ||
- proses analisis logis dan jelas (2) | ||
- menyampaikan faktor-faktor penyebab munculnya masalah(2) | ||
b. |
SEKOLAH DASAR NEGERI TIMBULREJO KECAMATAN BANGUNREJO
EVALUASI PEMBELAJARAN 2010
NAMA :……………………………………………
KELAS: IV( EMPAT )
Tulislah bilangan Bulat berikut dalam bentuk panjang
1. 65.900 =……………………………………………………………..
2. 76.008 =……………………………………………………………..
3. 33.415 =……………………………………………………………..
4. 82.371 =……………………………………………………………..
5. 27.259 =……………………………………………………………..
Tulislah lambang bilanganBulat berdasarkan nilai tempat
1. 4 ditempat puluhan ribu =………………………………………
3 ditempat satuan =………………………………………
7 ditempat ribuan =………………………………………
2. 5 ditempat puluhan ribu =………………………………………
1 ditempat ribuan =………………………………………
3. 3 ditempat ribuan =………………………………………
4 ditempat puluhan =………………………………………
3 ditempat puluhan ribu =………………………………………
9 ditempat satuan =………………………………………
SEKOLAH DASAR NEGERI TIMBULREJO KECAMATAN BANGUNREJO
EVALUASI PEMBELAJARAN 2010
NAMA :……………………………………………
KELAS: IV( EMPAT )
Tulislah bilangan Bulat berikut dalam bentuk panjang
1. 43.900 =………………………………………
2. 95.008 =………………………………………
3. 32.415 =………………………………………
4. 99.370 =………………………………………
5. 67.659 =………………………………………
Tulislah lambang bilanganBulat berdasarkan nilai tempat
1. 3 ditempat puluhan ribu =………………………………………
2 ditempat satuan =………………………………………
3 ditempat ribuan =………………………………………
2. 9 ditempat puluhan ribu =………………………………………
5 ditempat ribuan =………………………………………
3. 6 ditempat ribuan =………………………………………
7 ditempat puluhan =………………………………………
6 ditempat puluhan ribu =………………………………………
9 ditempat satuan =………………………………………
SEKOLAH DASAR NEGERI TIMBULREJO KECAMATAN BANGUNREJO
EVALUASI PEMBELAJARAN 2010
NAMA :……………………………………………
KELAS: IV( EMPAT )
Tulislah bilangan Bulat berikut dalam bentuk panjang
1. 63.900 =………………………………………
2. 75.008 =………………………………………
3. 31.415 =………………………………………
4. 92.370 =………………………………………
5. 17.659 =………………………………………
Tulislah lambang bilanganBulat berdasarkan nilai tempat
1. 6 ditempat puluhan ribu =………………………………………
1 ditempat satuan =………………………………………
7 ditempat ribuan =………………………………………
2. 8 ditempat puluhan ribu =………………………………………
7 ditempat ribuan =………………………………………
3. 6 ditempat ribuan =………………………………………
4 ditempat puluhan =………………………………………
6 ditempat puluhan ribu =………………………………………
1 ditempat satuan =………………………………………
Belum ada Komentar untuk "PEMANTAPAN KEMAMPUAN PROFESIONAL (PKP) TENTANG"
Posting Komentar