RPP K-13 KELAS 1,TEMA DIRIKU, SUB, TEMA AKU DAN TEMAN BARU, Pembelajaran 1
KURIKULUM 2013
Perangkat Pembelajaran
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
TEMA 1 : DIRIKU
Nama Sekolah : _______________________________
Kelas / Semester : I (Satu) / 1
Nama Guru : _______________________________
NIP / NIK : _______________________________
RPP K-13 KELAS 1,TEMA DIRIKU, SUB, TEMA AKU DAN TEMAN BARU,Revisi 2017 Pembelajaran 1 2 3 4
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
>>>>>>DOWNLOAD DIBAWAH INI<<<<<<
RPP K-13 TEMA DIRIKU SUB TEMA AKU DAN TEMAN BARU
RPP-K-13-kelas-1tema-diriku-sub-tema
RPP-K-13-kelas-2-tema-hidup-rukun-sub
RPP-K-13-kelas-3tema-sayangi-hewan-dan.html
RPP-K-13-kelas-4tema-indahnya
RPP-K-13-kelas-5tema-benda-benda-di
Indikator :
Download RPP SILABUS Kurikulum 2013 Kelas I Semester 1 dan 2 Revisi 2016
>>>>>>DOWNLOAD DIBAWAH INI<<<<<<
RPP K-13 TEMA DIRIKU SUB TEMA AKU DAN TEMAN BARU
Berikut adalah RPP Kelas 1 Yang Sudah Revisi 2017
Satuan Pendidikan : _________________________________
Kelas / Semester : I (Satu) / 1
Tema 1 : Diriku
Sub Tema 1 : Aku dan Teman Baru
Pembelajaran : 1
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan (6 x 35 menit)
A.KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3 :Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
KI 4 :Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B.KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD) :
3.4. Mengenal teks cerita diri/personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
4.4. Menyampaikan teks cerita diri/personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
Indikator :
Mengidentifikasi cara cara memperkenalkan diri
Memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama lengkap
Memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama panggilan
Menyebutkan nama temannya
PPKn
Kompetensi Dasar (KD) :
3.2. Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah
4.2. Melaksanakan tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah
Indikator :
Mengidentifikasi aturan permainan di sekolah
Menjalankan peraturan pada permainan di sekolah
BACA JUGA
BACA JUGA
RPP-K-13-kelas-1tema-diriku-sub-tema
RPP-K-13-kelas-2-tema-hidup-rukun-sub
RPP-K-13-kelas-3tema-sayangi-hewan-dan.html
RPP-K-13-kelas-4tema-indahnya
RPP-K-13-kelas-5tema-benda-benda-di
PJOK
Kompetensi Dasar (KD) :
3.3 Mengetahui konsep gerak dasar manipulatif sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
4.3 Mempraktikkan pola gerak dasar manipulatif sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
Indikator :
Mengidentifikasi gerakan melempar bola sebagai gerak manipulatif
Melakukan gerakan melempar bola
Melakukan gerakan menangkap bola
SBdP
Kompetensi Dasar (KD) :
3.1. Mengenal cara dan hasil karya seni ekspresi
4.1. Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna dan bentuk berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar
Indikator :
Mengidentifikasikan cara menghias kartu nama
Memberi hiasan pada kartu nama
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Teman Baru
Setelah mengikuti permainan lembar bola, siswa dapat memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama panggilan secara benar.
Dengan melakukan permainan siswa dapat menyebutkan nama lengkap dengan benar.
Menghias Kartu Nama
Setelah mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat menghias kartu nama dengan rapi.
E. MATERI PEMBELAJARAN
Perkenalan diri
Peraturan permainan
Permainan memperkenalkan diri
Gerakan melempar dan menangkap
Menghias gambar kartu nama
Lirik lagu “Siapa Namamu”
F. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan : Saintifik
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan | Deskripsi Kegiatan | Alokasi Waktu |
Pendahuluan | Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran. Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Aku dan Teman Baru”. Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan. | 10 menit |
Inti | Teman Baru Pada awal pelajaran, guru memperkenalkan diri kepada siswa. (Mengasosiasi) Guru meminta siswa membuka buku siswa hal. 1-3. (Mengamati) Guru menunjukkan cara berkenalan, seperti yang dilakukan Edo dan Beni di buku siswa hal. 3. (Mengekplorasi) Siswa diajak untuk saling berkenalan melalui sebuah permainan lempar bola dan guru menjelaskan aturan bermainnya. (siswa diminta melingkar, boleh duduk atau berdiri, dan guru mencontohkan cara melempar dan menangkap bola dengan tepat). (Mengekplorasi) Permainan dimulai dari guru dengan memperke-nalkan diri, ”Selamat pagi, nama saya Ibu/ Bapak... nama panjang.... biasa dipanggil Ibu/ Bapak.... kemudian, melempar bola pada salah satu siswa (hindari pelemparan bola dengan keras) (Mengekplorasi) Siswa yang berhasil menangkap bola harus menyebutkan nama lengkap dan nama panggil an. Kemudian, dia melempar kepada teman lain. Teman yang menangkap lemparan bola, menyebutkan nama lengkap dan nama panggilan. (Mengekplorasi) Setelah semua memperkenalkan diri, guru mengajak siswa untuk bernyanyi sambil mengingat kembali nama-nama teman di kelas. Guru bisa menggunakan lagu yang ada di buku siswa. (Mengkomunikasikan) Lirik lagu “Siapa Namamu” Ciptaan A.T. Mahmud 1 2 / 3 . / 3 4 / 5 ./ Sia pa kah na ma mu 5 4 / 3 . / 3 3 /1 . // Na ma ku ............. (sebutkan nama anak) Siswa tetap berada pada posisi lingkaran. Guru menyanyi sambil menepuk salah satu siswa, lalu siswa itu menyebutkan namanya. Lalu siswa tersebut sambil menyanyi “Siapakah Namamu” menepuk teman di sebelahnya dan teman tersebut menyebutkan namanya sambil mengikuti irama lagunya dan seterusnya. (Mengkomunikasikan) Kegiatan ditutup dengan diskusi pentingnya saling mengenal, karena tak kenal maka tak sayang, upayakan guru memberikan penguatan tentang pentingnya saling mengenal. (Mengasosiasi) Setelah diskusi tentang pentingnya saling mengenal, guru menjelaskan bahwa untuk dapat mengenal nama teman, kita bisa juga menggunakan kartu nama. (Mengkomunikasikan) Menghias Kartu Nama Guru menyampaikan bahwa siswa akan membuat kartu nama mereka masing-masing. Guru membagikan potongan-potongan karton seukuran kartu nama. Guru membagikan kertas bertuliskan nama siswa kepada masing-masing siswa untuk dijadikan contoh untuk menulis. Lalu, Siswa diminta menuliskan namanya di karton kartu nama dan menghias atau mewarnai kartu nama mereka masing-masing. Setelah itu, guru menjelaskan bahwa kartu nama tersebut akan digunakan selama berada di sekolah atau dipajang di kelas. | 35 Menit X 30 JP |
Penutup | Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi) Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti. Melakukan penilaian hasil belajar Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) | 15 menit |
H. SUMBER, ALAT DAN MEDIA PEMBELAJARAN
Buku Siswa Tema : Diriku Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2014, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
Bola plastik atau bola dari kertas bekas yang dibuat menjadi bentuk bola
Karton/kertas/kardus bekas yang sudah dipotong-potong dan diberi nama masing-masing siswa
Pensil warna/spidol yang bisa digunakan untuk menghias kartu yang sudah disediakan
Tali/peniti/alat lain untuk memasangkan kartu nama
I. PENILAIAN PEMBELAJARAN
1. Penilaian Sikap
No | Nama Siswa | Perubahan Tingkah Laku | |||||||||||
Percaya Diri | Disiplin | Bekerjasama | |||||||||||
BT | MT | MB | SM | BT | MT | MB | SM | BT | MT | MB | SM | ||
1 | Agus | ||||||||||||
2 | Lina | ||||||||||||
3 | Fajar | ||||||||||||
4 | ……… |
Keterangan:
BT : Belum Terlihat
MT :Mulai Terlihat
MB :Mulai Berkembang
SM :Sudah Membudaya
Berilah tanda centang (V) pada kolom yang sesuai
2. Penilaian Pengetahuan
Instrumen penilaian: tes tertulis (lembar kerja)
3. Penilaian Pengetahuan
a. Penilaian : Unjuk Kerja
Memperkenalkan diri lewat permainan
No | Kriteria | Baik Sekali 4 | Baik 3 | Cukup 2 | Perlu Bimbi- ngan 1 |
1. | Kemampuan memperkenal-kan diri | Siswa mampu menyebutkan nama panjang dan nama panggilan | Siswa mampu menyebutkan nama panjang | Siswa hanya mampu Menyebutkan nama panggilan | Siswa belum mampu memperkenalkan diri |
2. | Kemampuan menjalankan peraturan pada permainan | Siswa mampu melakukan permainan sesuai dengan instruksi tanpa pengarahan ulang | Siswa mampu melakukan permainan sesuai aturan tetapi dengan 1 kali arahan ulang | Siswa mampu melakukan permainan sesuai aturan, tetapi dengan lebih dari 1 kali arahan ulang | Siswa belum mampu melakukan permainan sesuai dengan aturan |
3. | Kemampuan melakukan gerakan melempar dan menangkap | Siswa mampu melempar dan menangkap bola dengan akurat (tidak pernah meleset) | Siswa melempar dan menangkap bola, tetapi 1-2 kali meleset | Siswa melempar dan menangkap bola, tetapi lebih dari 3 kali meleset | Siswa belum mampu melempar dan menangkap bola |
b. Penilaian : Unjuk Kerja
Rubrik Penilaian Membuat Kartu Nama
No | Kriteria | Baik Sekali 4 | Baik 3 | Cukup 2 | Perlu Bimbi- ngan 1 |
1. | Komponen kartu nama | Memenuhi 3 komponen (gambar/foto diri, hiasan, dan bentuk yang unik) | Memenuhi 2 dari 3 komponen | Hanya memnuhi 1 dari 3 komponen | Tidak memenuhi 3 komponen |
2. | Jumlah warna yang digunakan | Menggunakan 4 warna atau lebih | Menggunakan 3 warna | Menggunakan 2 warna | Menggunakan 1 warna |
Mengetahui ......, ........................ 20 .....
Kepala Sekolah, Guru Kelas 1
( ___________________ ) ( ___________________ )
NIP .................................. NIP ..................................
Download RPP SILABUS Kurikulum 2013 Kelas I Semester 1 dan 2 Revisi 2016
DAPAT ANDA DOWNLOAD PADA LINK BAWAH INI
Belum ada Komentar untuk "RPP K-13 KELAS 1,TEMA DIRIKU, SUB, TEMA AKU DAN TEMAN BARU, Pembelajaran 1"
Posting Komentar