4 Cara Sukses Hadapi Akreditasi Sekolah
Blog IndoINT.com menyediakan format contoh SK Tim Akreditasi Sekolah untuk Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menegah Atas (SMA) dan juga Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Namun sebelum menuju topik, kami akan mengulas sedikit tentang bagaimana agar kegiatan Akreditasi di sekolah berjalan dengan lancar sehingga mendapatkan nilai yang baik atau memenuhi target dalam artian sukses. Nah melalui posting ini kami akan berbagi sedikit pengalaman tentang Akreditasi Sekolah.
Akreditasi sekolah itu apa sih?, sahabat pendidik Akreditasi sekolah adalah kegiatan penilaian (asesmen) sekolah secara sistematis dan komprehensif melalui kegiatan evaluasi diri dan evaluasi eksternal (visitasi) untuk menentukan kelayakan dan kinerja sekolah. Sekarang ada Sebuah pertanyaan Sederhana, Mengapa perlu membentuk Tim Akreditasi? Karena ada 8 standar perangkat akreditasi sekolah yang harus dipersiapkan. Masing-masing standar itu terdiri dari 1 sd 50 pertanyaan dan setiap pertanyaan yang dijawab harus dilampiri dengan bukti fisik, nah jika tidak membentuk tim , maka akan kesulitan untuk menyelesaikannya.
Untuk lebih jelasnya berikut kunci sukses akreditasi sekolah yang bisa bapak ibu terapkan
Salah satu mengapa sekolah sering gagal atau kesulitan pada saat pelaksanaan kegiatan akreditasi sekolah adalah tidak adanya tim sehingga saat kegiatan berlangsung sekolah bingung dan masih mencari kesana kemari berkas yang diminta pengawas, yang lebih parah berkas tidak ditemukan sehingga tidak ada bukti fisik, kalau sudah begini pasti dapat nilai nol. Oleh karena itu persiapkanlah mulai dari sekarang SK Tim Akreditasi, ingat ini tugas kepala sekolah
2. Adakan Rapat Kecil Tim Akreditasi SekolahSetelah SK dibuat artinya tim akreditasi telah terbentuk. berikutnya adakan rapat kecil untuk menjelaskan bagaimana proses kerja tim agar berjalan dengan baik. Berdasarkan pengalaman admin yang pernah menjadi tim akreditasi, semua tim diberikan Format/blangko masing-masing standar berupa pertanyaan tentang bukti-bukti fisik yang perlu dipersiapkan sehingga nantinya semua tim paham tugasnya.
Baca Juga
KOMPONEN | NO. BUTIR | BUKTI FISIK | KETERANGAN |
1.STANDAR ISI Buku I KSTP (landasan) Terdiri dari: BAB I Pendahuluan a. Latar Belakang b. Tujuan c. Prinsip KTSP (sesuai karakteristik sekolah/ madrasah) BAB II Tujuan a. Tujuan Pend b. Visi c. Misi d. Tujuan Sekolah/ Madrasah BAB III Struktur dan Muatan KTSP a. Mapel b. Mulok c. Kegiatan Pengem-bangan Diri d. Pengaturan beban belajar e. Ketuntasan belajar f. Kenaikan kelas dan kelulusan g. Pend.Kecakapan hidup h. Pendidikan berbasis keunggulan lokal dan global BAB IV Kalender Akademik | 1 | Buku Dokumen I KTSP | |
2 | Berita Acara Pengembangan Kurikulum dilampiri undangan, daftar hadir, risalah SK Tim Pengembang Kuikulum | ||
3 | Buku I KSTP | ||
4 | 1. Berita Acara Rapat Perencanaan Penyusunan KTSP dilampiri undangan, daftar hadir, risalah. 2. BA Pelaksanaan Workshop penyusunan KTSP dilampiri undangan, daftar hadir, risalah. 3. BA Reviu dan Revisi dilampiri undangan, daftar hadir, risalah. 4. BA Finalisasi KTSP dilampiri undangan, daftar hadir, risalah. 5. BA Pemantapan dan Penilaian dilampiri undangan, daftar hadir, risalah. 6. BA pendokumentasian dilampiri dokumen, print out KTSP dan softcopy. | ||
5 | 1. Dokumen pelaksanaan pengembangan diri: 2. Dokumen pengajian, pramuka, PMR, remidi, dokumen pembelajaran di luar kelas/di alam, kegiatan sosial, budaya. 3. Buku KTSP | ||
6 | Buku sumber mapel Mulok Kabupaten harus tim penyusunnya melibatkan instansi terkait, Dewan Pendidikan, Ketua PGRI. | ||
7 | 4 jenis layanan BK | ||
8 | Program Ekstrakurikuler (minimal 4 jenis kegiatan ekstra). | ||
9 | Silabus kesesuaian SK, KD, Indikator. | ||
10 | 1. Jadwal pelajaran RPP, jurnal mengajar. 2. Catata satu jam tatap muka 35 menit 3. Jumlah jam pelajaran per minggu kelas I – III = 29-32 jam; kelas IV-VI = 34 jam 4. Jumlah minggu efektif per tahun 34 – 38 minggu | ||
11 | Dokumen tugas terstuktur dan tidak terstruktur hasilnya yang telah ditandatangani OT dan telah dinilai (bila media memungkinkan dan nilai) | ||
12 | 1. Dokumen II KTSP, Silabus, RPP 2. Permendiknas 22 dan 23 Tahun 2008. 3. BA penyusunan KTSP dan risalahnya | ||
13 | 1. Silabus setiap kelas, lihat aspek yang termuat dalam silabus (ada 7 langkah) 2. SK dan KD, Materi pokok, kegiatan pembelajaran, indikator jenis penilaian yang digunakan alokasi waktu sumber belajar. | ||
14 | Silabus setiap mapel disusun oleh guru |
15 | Silabus setiap mapel (sekolah harus punya) | ||
16 | BA rapat dewan guru yang membahas KKM dilampiri daftar haidr, dan risalah rapat. | ||
17 | 1. Dokumen proses penentuan KKM (risalah rapat) harus memuat unsur: 2. Karakteristik siswa, karakteristik mapel, kondisi satuan pendidikan | ||
18 | 1. Kalender kademik sekolah, minimal ada 4 kegiatan: a. Awal tahun b. Minggu efektif c. Waktu pembelajaran efektif d. Hari libur 2. Idealnya rinci semua kegiatan yang dilakukan sekolah/madrasah | ||
II.STANDAR PROSES | 19 | RPP setiap maple | 10 A, 7-9 B, 4-6 C |
20 | RPP penyusunannya memperhatikan 6 prinsip | 76% lebih A, 51-75 B, 26-50 C, 1-25 D | |
21 | Observasi pembelajaran, harus memenuhi 4 syarat: 1) jumlah PD/kelas 28, 2) beban mengajar guru minimal 24 jam tatap muka dalam satu minggu, 3) buku teks pemilihannya lewat rapat guru dengan pertimbangan komite (lampiran BA, rapat pemilihan buku) yang diketahui komite, rasio ini didampingi oleh buku pengayaan (LKS), referensi sumber lainnya dan, 4) pengelolaan kelas mengikuti kaidah: a-k | ||
22 | Hasil supervisi kepala sekolah (instrumen yang telah terisi hasil supervisi) | Persentase = no 20 | |
23 | Buku II (RPP), dilihat apakah kelas I-III menggunakan pendekatan tematik | 3 kelas tematik A | |
24 | Buku II (RPP), dilihat apakah kelas IV-VI menggunakan pendekatan maple | 3 kelas mapel A | |
25 | 1. Program pengawasan kepala sekolah 2. Buku tamu kelas 3. Hasil pemantauan/monitoring PBM oleh sekolah yang meliputi: perencanaan, pelaksanaan, penilaian hasil belajar | ||
26 | Laporan pelaksanaan supervisi pembelajaran yang meliputi: perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dengan 4 cara: pemberian contoh, diskusi, pelatihan, konsultasi. | ||
27 | Dokumen hasil evaluasi proses pembelajaran oleh kepala sekolah | ||
28 | Laporan pengawasan proses pembelajaran kepada pemangku kepentingan | ||
29 | Dokumen tindak lanjut (memberikan reword, panishment, pemberian kesempatan para guru mengikuti pelatihan/penataran | Persentase = no 20 | |
III.STANDAR KELULUSAN | 30 | Buku I KTSP (lihat KKM kelompok mapel (IPTEK)) | KKM 75/lebih A, 70-74,99 B, 65-69,99 C. 60-64,99 D |
31 | Dokumen pemanfaatan bahan ajar, buku teks, perpustakaan, laboratorium, internet | ||
32 | RPP IPA dan RPPS IPS | ||
33 | Dokumen mengunjungi perpustakaan, mengakses internet, ke museum, cagar budaya, dan lain-lain Misalnya beupa surat permohonan ke pengelola museum, cagar budaya, dan lain-lain | ||
34 | RPP semua mapel (membaca dan menulis) | Persentase = no 20 | |
35 | RPP semua mapel (menunjukkan kecintaan dan kepedulian terhadap lingkungan sosial dan fisik) | ||
36 | Dokumen kegiatan seni dan budaya (foto) Pentas seni, pameran lukisan, latihan tari, latihan musik, keterampilan membuat karya seni | 4 jenis kegiatan A | |
37 | - Tata tertib sekolah - Dokumen sosialisasi tata tertib sekolah - Catatan pelanggaran tata tertib sekolah | Tidak ada PD yang melanggar A | |
38 | Dokumen kegiatan satu tahun tentang: - Peringatan hari besar nasional - Peringatan hari besar agama - Pentas seni budaya berbagai negara - Peringatan bulan bahasa nasional & internasional | 4 jenis kegiatan A 3 jenis kegiatan B 2 jenis kegiatan C 1 jenis kegiatan D | |
39 | - Dokumen pelaksanaan kegiatan kebersihan yang dilaksanakan setiap minggu sekali. Misal Jum'at bersih. - Program sekolah tentang 5K - Tempat cuci tangan setiap kelas/ruang - Program dan tempat menggosok gigi PD - Tempat sampah di setiap ruang | ||
40 | Dokumen kegiatan menjalankan ajaran agama: - Pembiasaan memberi salam - Pembiasaan membaca doa - Pembiasaan beribadah - Sholat dhuhur berjamaah - Infaq Jum'at - Kegiatan lain bernuansa keagamaan | Setiap minggu 4 jenis kegiatan A 3 jenis kegiatan B 2 jenis kegiatan C 1 jenis kegiatan D | |
41 | Dokumen kegiatan satu tahun tentang: - Peringatan hari besar nasional - Peringatan hari besar agama - Pentas seni budaya berbagai negara - Peringatan bulan bahasa nasional & internasional | 4 jenis kegiatan A 3 jenis kegiatan B 2 jenis kegiatan C 1 jenis kegiatan D | |
42 | RPP semua mapel (memuat metode cooperatif, learning) | Persentase = no 20 | |
43 | RPP semua mapel (memuat metode problem solving) | Persentase = no 20 | |
44 | Karya tulis PD, misalnya portofolio PD, karya PD di Mading, laporan hasil wisata PD, buletin inretnal PD, dokumen presentasi dan lain-lain | ||
45 | Dokumen hasil karya PD yang memperoleh penghargaan, seperti keterampilan menyimak, berbicara, membaca, menulis, berhitung | ||
46 | Dokumentasi UASBN (amati rata-ratanya) | Lebih dari 8,00 A. 7,01-8,00 B 6,01-7,00 C 5,01-6,00 D Di bawah 5,01 E | |
IV.STANDAR PENDIDIKAN DAN TENAGA KEPENDIDIKAN | 47 | Foto copy ijazah yang dimiliki pendidik | |
48 | Foto copy ijazah yang dimiliki seua pendidik sesuai dengan mata pelajaran yang dijarkan atau tidak | ||
49 | RPP disesuaikan dengan prinsip-prinsip pembelajar Dokumen penilaian kompetensi pedagogik guru oleh kepala sekolah | ||
50 | Dokumen pengaduan dari masyarakat DP3 guru Dokumen penilaian kompetensi, kepribadian guru oleh kepala sekolah | ||
51 | BA rapat dewan guru yang dilampiri undangan, daftar hadir, risalah rapat | ||
52 | Daftar hadir gur dan karyawan | ||
53 | Sertifikat pendidik, SK kepala sekolah, dan jadwal mengajar | ||
54 | Foto copy Ijazah Kepala Sekolah dan PT terakareditasi | ||
55 | Surat keterangan pengalaman mengajar | ||
56 | Dokumen penilaian kompetensi, kepribadian dari atasan langsung | ||
57 | Data lulusan yang diterima di SMP/MTs | ||
58 | Buku keuangan koperasi sekolah, kantin sekolah, dokumen penggalangan dana dan DUDI (kemampuan dalam membiayai kegiatan esktra) | ||
59 | Surat perjanjian kerjasama dengan pihak lain | ||
60 | Jadwal supervisi dan hasil pelaksanaan supervisi Buku supervisi guru kelas/guru mapel | ||
61 | Foto copy ijazah tenaga administrasi dan pendidikan menengah | ||
62 | Kesesuaian ijazah dengan bidang tugas | ||
63 | Foto copy Ijazah tenaga perpustakaan dan pendidikan menengah | ||
64 | Surat penugasan sebagai pustakawan | ||
65 | SK Kepala Sekolah: - Penjaga sekolah - Tukang kebun - Tenaga kebersihan - Pengemudi - Pesuruh | ||
V.STANDAR SARANA DAN PRASARANA | 66 | Inventaris lahan/tanah | |
67 | Sarana kesehatan, keselamatan, kemudahan akses penyelamatan dalam keadaan darurat | ||
68 | Lokasi sekolah (terhindar dari gangguan pencemaran air, udara, tanah dan kebisingan) | ||
69 | Surat kepemilikan tanah/surat kewenangan penggunaan tanah, IMB | ||
70 | Luas lantai dengan jumlah PD 3,8m2/PD Luas bangunan 6 ruang kelas min 400 m2 | ||
71 | Bangunan sekolah yang kokoh dilengkapi pencegah kebakaran dan petir | ||
72 | Sanitasi yang meliputi: - Kebutuhan air bersih - Saluran limbah - Tempat sampah, saluran air hujan | ||
73 | Ventilasi ruangan cukup terang | ||
74 | Instalasi listrik 900 watt | ||
75 | IMB dan ijin penggunaan bangunan | ||
76 | Dokumen alokasi biaya pemeliharaan sekolah 5 tahun terakhir | ||
77 | Memiliki ruang kelas, pepustakaan, lab IPA, ruang pimpinan, ruang guru, tempat ibadah, ruang UKS, jamban, gudang, ruang sirkulasi, tempat bermain/ olahraga | ||
78 | Ruang kelas yang sesuai ketentuan | ||
79 | Ruang perpustakaan | ||
80 | BSE buku cetak lainnya perbandingannya dengan PD 1 : 1 | ||
81 | Buku yang digunakan guru dan PD sama dengan yang ditetapkan Permendiknas Kondisi bukunya | ||
82 | Keadaan laboratorium IPA | ||
83 | Keadaan ruang pimpinan | ||
84 | Keadaan ruang guru | ||
85 | Keadaan tempat ibadah | ||
86 | Keadaan ruang UKS | ||
87 | Keadaan jamban | ||
88 | Keadaan gudang | ||
89 | Keadaan ruang sirkulasi | ||
90 | Keadaan tempat bermain/berolahraga | ||
VI.STANDAR PENGELOLAAN | 91 | Visi sekolah - Terpampang dengan jelas dan mudah dibaca - Dokumen sosialisasi cisi misi sekolah | |
92 | Misi sekolah - Terpampang dengan jelas dan mudah dibaca - Dokumen sosialisasi cisi misi sekolah | ||
93 | Tujuan lembaga sekolah - Terpampang dengan jelas dan mudah dibaca - Dokumen sosialisasi cisi misi sekolah | ||
94 | RKS/M 4 tahunan dan RKTtahunan | ||
95 | Pedoman yang mengatur pengelolaan secara tertulis tentang: KTSP, Kaldik, Struktur Organisasi Sekolah, pendayagunaan pendidik/tenaga kependidikan, peraturan akademik, tatib sekolah, kode etik sekolah, BOS. | ||
96 | Bagian struktur organisasi sekolah dan uraian tugasnya | ||
97 | Laporan pelaksanaan kegiatan RKT tahunan | ||
98 | Dokumen pelaksanaan kegiatan kesiswaan: - Layanan konseling - Ekstrakurikuler - Pembinaan prestasi unggulan - Daftar alumni | ||
99 | Dokumen pelaksanaan pemgebangan kurikulum dan pembelajaran yang meliputi: KTSP, Kaldik, program pembelajaran, peraturan akademik | ||
100 | Jadwal pelajaran, piagam, sistem penghargaan, promosi, dan penempatan, mutasi | ||
101 | Program pengelolaan sarpras yang minimal memuat: Perencanaan Pemenuhan sarpras Pendayagunaan sarpras Evaluasi dan pemeliharaan sarpras | ||
102 | Program pengelolaan pembiayaan pendiikan minimal memuat: Sumber pemasukan Sumber pengeluaran Jumlah danah yang dikelola | ||
103 | Dokumen kegiatan sekolah yang menciptakan suasana, iklim, dan lingkungan yang kondusif. Misalnya: Kegiatan upacara bendera Budaya jabat tangan antara siswa dan guru Menutup pintu gerbang sekolah setelah pukul 7.00 Melaksanakan baris di depan kelas sebelum masuk | ||
104 | BA rapat penyusunan RKS/Mdilampiri dengan: - Undangan kepada tokoh masyarakat - Undangan kepada lembaga lain Pelaksanaan program kegiatan sekolah Dokumen bantuan dan masyarakat (tenaga, material) MoU dengan lembaga lain | ||
105 | Program kepengawasan: BA sosialisasi program kepengawasan dilampiri: Daftar hadir dan risalah sosialisasi | ||
106 | Dokumen laporan evaluasi diri per semester | ||
107 | Dokumen laporan kinerja pendidik dan tendik | ||
108 | Buku I, II, III,dan IV perangkat akreditas Tim persiapan akreditasi Bukti fisik dokumen Sarpras yang dibutuhkan akreditasi | ||
109 | Buku agenda kasek tentang pelaksanaan tupoksi kepala sekolah | ||
110 | Sistem informasi manajemen sekolah Misalnya: Papan informasi kegiatan sekolah, BOS, pelaksanaan pembelajaran dan lain-lain | ||
VII.STANDAR PEMBIAYAAN | 111 | Catatan tahunan tentang inventaris sarpras | |
112 | SPJ Pembiayaan | ||
113 | Buku kas dan RKAS/M | ||
114 | Daftar penerimaan gaji pendidik Daftar penerimaan honor pendidik Daftar penerimaan insentif pendidik | ||
115 | Daftar penerimaan tenaga kependidikan Daftar penerimaan honor tenaga kependidikan Daftar penerimaan insentif tendik | ||
116 | Dokumen pembelajaran dari alokasi pembelajaran (SPJ keuangan sekolah, RKAS/M) | ||
117 | Dokumen pmbelajaran dari alokasi kegiatan kesiswaan (SPJ keuangan sekolah, RKAS/M) | ||
118 | Dokumen pembelajaran dari alokasi pengadaan alat tulis untuk pembelajaran (SPJ keuangan sekolah, RKAS/M) | ||
119 | Dokumen pembelajaran dari alokasi pengadaan bahan habis pakai untuk pembelajaran (SPJ keuangan sekolah, RKAS/M) | ||
120 | Dokumen pembelajaran dari alokasi pengadaan Alat habis pakai untuk pembelajaran (SPJ keuangan sekolah, RKAS/M) | ||
121 | Dokumen pembelajaran dari alokasi pengadaan rapat (SPJ keuangan sekolah, RKAS/M) | ||
122 | Dokumen pembelajaran dari alokasi pengadaan transport dan perjalanan dinas (SPJ keuangan sekolah, RKAS/M) | ||
123 | Dokumen pembelajaran dari alokasi penggandaan soal-soal ulangan/ujian (SPJ keuangan sekolah, RKAS/M) | ||
124 | Dokumen pembelajaran dari alokasi pengadaan daya dan jasa (SPJ keuangan sekolah, RKAS/M) | ||
125 | Dokumen pembelajaran dari alokasi anggaran kegiatan operasi tidak langsung misal: uang lembur, konsumsi, asuransi dan lain-lain (SPJ keuangan sekolah, RKAS/M) | ||
126 | Dokumen pembelajaran dari alokasi biaya operasi sekolah yang meliputi Kesra warga sekolah Pengembangan pendidik dan tendik Sarpras Pengembagnan kurikulum dalam PBM Kegiatan ke-TU-an (SPJ keuangan sekolah, RKAS/M) | ||
127 | SK Kepala Sekolah tentang ada/tidaknya iuran | ||
128 | Surat edaran/pengumuman tentang tidak adanya biaya pendaftaran ulang | ||
129 | Daftar PD penerima bantuan/pembebasan biaya sekolah | ||
130 | Daftar iuran, jika PD bebas dari semua biaya | ||
131 | BA rapat pengambilan keputusan, daftar hadir rapat | ||
132 | RKAS/M, papan informasi, dana sekolah | ||
133 | Buku pedoman pengelolaan keuangan | ||
134 | RKAS/M | ||
135 | SPJ keuangan sekolah | ||
VIII.STANDAR PENILAIAN | 136 | Rancangan kriteria penilaian dan silabus BA sosialisasi kriteria penilaian pada PD | |
137 | Silabus setiap mapel memuat teknik: Penilaian yang sesuai, KD dan indikator teknik penilaiannya sesuai/tidak | ||
138 | Perangkat tes buatan guru | ||
139 | Arsip tes, nilai tes, nilai pengamatan, nilai tugas, terstuktur maupun mandiri | ||
140 | Buku analisis hasil belajar PD | ||
141 | Buku penghubung guru dan orang tua, hasil kerja siswa yang telah ditandatangani OT | ||
142 | Program remidi dan pengayaan Revisi perangkat pembelajaran | ||
143 | Buku rapor | ||
144 | Nilai akhlak (buku rapot) | ||
145 | Nilai kepribadian | ||
146 | BA rapat koordinasi tentang hasil UTS, US, UKK Dilampiri undangan, risalah | ||
147 | BA rapat penentuan kriteria kenaikan kelas Dilampiri undangan, risalah | ||
148 | BA rapat penentuan nilai akhir untuk kelompok mapel estetika, penjasorkes Dilampiri undangan, risalah | ||
149 | BA rapat penentuan nilai akhir untuk kelompok mapel agama, PKn Dilampiri undangan, risalah | ||
150 | Buku rapor | ||
151 | Dokumen daya serap dan pencapaian target Setiap akhir semester dilaporkan ke Dinas Pendidikan Kabupaten | ||
152 | BA rapat penentuan kelulusan bersama-sama dengan guru kelas, guru mapel dan kasek Dilampiri undangan, risalah | ||
153 | BA rapat penentuan rata-rata sebagai kriteria kelulusan US/UN. Dilampiri undangan, risalah | ||
154 | BA rapat penentuan nilai minimal mapel sebagai kriteria kelulusan UASBN Dilampiri undangan, risalah | ||
155 | Bukti penerimaan SKHUASBN | ||
156 | Bukti penyerahan Ijazah kepada PD yang lulus | ||
157 | BA rapat penentuan PPDB Dilampiri undangan, risalah |
Sekedar saran dan penjelasan singkat, siapkan 8 kotak (kardus) dan map plastik, tiap kardus di beri label nama standar, dan tiap map plastik diisi pertanyaan, jika pertanyaan telah dijawab lampiran bukti fisik dimasukkan ke dalam map tersebut sehingga berkas tidak akan hilang. misal anda ada di tim Standar pendidik dan tenaga kependidikan, tugas anda disini adalah memberi label pertanyaan pada setiap map beserta bukti fisik, nah ketika pengawas bertanya, anda tidak kesulitan lagi menyiapkan berkasnya. Semoga dipahami
Nah itulah mengapa SK Tim Akreditasi sekolah menjadi penentu utama sukses atau tidaknya akreditasi sekolah anda. nah berikutnya silahkan di download SK dan perangkat akreditasi sekolah lainnya melalui tautan yang kami sematkan dibawah
1. Download SK Tim Akreditasi SD Disini
2. Download SK Tim Akreditasi SMP Disini
3. Download SK Tim Akreditasi SMA Disini
4. Download SK Tim Akreditasi SMK Disini
5. Download Perangkat Akreditasi Sekolah SD, SMP, SMA Lengkap Disini
5. Download Aplikasi Penskoran Akreditasi Sekolah SD, SMP, SMA Disini
Demikian tentang Akreditasi Sekolah. Semoga bermanfaat dan mendapat nilai yang bagus, Berikut silahkan cek nilai akreditasi sekolah Disini
Sumber https://www.guru-id.com/
Belum ada Komentar untuk "4 Cara Sukses Hadapi Akreditasi Sekolah"
Posting Komentar