Profil Negara Indonesia

Tak lengkap rasanya bila tidak menulis profil negara kita tercinta Indonesia di blog ini, berikut rangkuman singkatnya.
a. Kondisi geografis dan geomorfologis
Indonesia merupakan negara kepulauan yang terletak di wilayah khatulistiwa dan beribukota di Jakarta. Luas negara Indonesia adalah 1.904.569 km2 dan terdiri dari kurang lebih 13.500 pulau baik itu yang berpenghuni maupun tidak berpenghuni. Batas geografis negara Indonesia adalah sebagai berikut
Utara         : Malaysia, Filipina
Timur : Papua Nugini
Selatan : Samudera Hindia, Australia
Barat         : Samudera Hindia

Peta Indonesia
Kepulauan Indonesia berada di zona Ring of Fire Pasifik yang mengakibatkan banyak terdapat gunung api aktif di sepanjang zona subduksi. Indonesia memiliki sekitar 127 gunung api aktif yang tersebar dari Sumatera, Jawa, Bali, Nusa Tenggara Maluku hingga Sulawesi. Erupsi gunung api mengakibatkan tanah Indonesia menjadi subur dan kaya akan sumber daya alam khususnya mineral tambang. Pulau utama yang tidak memiliki gunung api aktif hanya Kalimantan dan Papua. Kondisi geomorfologi Indonesia sangat bervariasi mulai dari dataran rendah, dataran tinggi, pantai hingga rawa. Setiap daerah memiliki karakteristik masing-masing dan berkaitan dengan perbedaan potensi sumber daya alam.
b. Kondisi iklim dan vegetasi
Secara umum kondisi iklim Indonesia termasuk ke dalam kategori tropis karena letaknya yang berada di wilayah equator. Ciri utama dari iklim tropis adalah hanya memiliki dua musim yaitu musim penghujan dan musim kemarau. Namun penyebaran musim di berbagai daerah di Indonesia tidaklah sama karena terdapat faktor lain yang berpengaruh  seperti ketinggian, jauh tidaknya dari laut dan pergerakan angin muson. Iklim di Indonesia juga dipengaruhi oleh pergerakan angina musim/monsoon yang bergerak setiap enam bulan sekali. Rata-rata suhu udara di berbagai kota di Indonesia tergolong tinggi yaitu 27˚C. Berbagai macam jenis tumbuhan banyak hidup di wilayah Indonesia karena tanahnya yang relatif subur. 
Gunung Sinabung Meletus
c. Sumber Daya Alam
Indonesia terkenal sebagai zamrud khatulistiwa dikarenakan kekayaan sumber daya hayati dan non hayatinya. Sejak zaman dahulu Indonesia menjadi incaran negara asing untuk dijajah dan dikeruk sumber daya alamnya. Komoditas pertanian Indonesia sangat beragam mulai dari padi, buah-buahan, sayur-sayuran dan hortikultur tersebar di setiap daerah. Pulau Jawa merupakan lumbung padi Indonesia dan merupakan pulau terpadat penduduknya. Dari segi bahan galian Indonesia memiliki berbagai macam mineral seperti batu bara, emas, perak, tembaga, timah, bijih besi dan lainnya. Cebakan minyak dan gas alam dalam jumlah besar juga terindikasi di beberapa lokasi seperti Dumai, Cepu, Arun dan Bontang.  
Kelimpahan sumber daya alam tersebut hingga saat ini belum dioptimalkan sebagai sepenuhnya oleh Indonesia karena keterbatasan sumber daya manusia dan teknologi menyebabkan kegiatan eksploitasi masih harus bertumpu pada pihak asing. Indonesia memiliki tambang tembaga dan emas terbesar di Asia bahakan dunia yaitu Freeport Papua. Tambang tersebut dikuasai oleh pihak Amerika Serikat sehingga keuntungan hasil tambang bagi Indonesia hanya sedikit. Hal tersebut merupakan sebuah kerugian mengingat Indonesia sebagai tuan rumah hanya bisa melihat tanahnya terus dikeruk oleh negara lain.
d. Kondisi sosial ekonomi
Penduduk Indonesia terdiri dari ratusan jenis etnis dan suku yang tersebar dari mulai Sumatera hingga Papua. Tercatat lebih dari 1200 suku bangsa bermukim di Indonesia. Beberapa suku bangsa memiliki jumlah yang besar diantaranya Jawa (45% dati total penduduk Indonesia), Sunda (14%), Madura (8%) dan Batak (7%). Total penduduk Indonesia menurut data Sensus penduduk terkahir tahun 2010 adalah 235 juta jiwa atau menempati peringkat keempat terbesar di dunia. Kepercayaan asli nenek moyang penduduk Indonesia adalah animisme dan dinamisme namun sidat masyarakat Indonesia yang terbuka membuat berbagai macam agama  tumbuh dan berkembang. Mayoritas penduduk Indonesia beragama Islam (>85%) sedangkan agama lainnya yang diantut penduduk Indonesia antar alian Katholik, Protestan, Hindu, Budha dan Khonghucu. Mata pencaharian penduduk  Indonesia sebagai besar berada di sektor agraris sisanya bergerak di sektor industri dan jasa. Sekitar 60% penduduk Indonesia bermukim di Pulau Jawa sehingga pemerataan penduduk masih menjadi kendala pembangunan. Indonesia memiliki beragam jenis budaya lokal yang menjadi salah satu bagian kekayaan bangsa. Sifat masyarakat Indonesia pada umumnya memiliki kekeluargaan yang erat, ramah dan berjiwa gotong royong. 

Rumah Adat Minang

Sumber https://geograph88.blogspot.com/

Belum ada Komentar untuk "Profil Negara Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel