Di Daerah Ini Semua Guru Harus Ikuti Pelatihan Minimal 1 Tahun Sekali


Meski nilai rata-rata saat uji kompetensi guru (UKG) yang dilaksanakan pada akhir 2015 lalu masih diatas rata-rata nasional. Namun jika dibandingkan dengan Kabupaten/Kota lainnya. Nilai Blora berada di peringkat 32 dari 35 Kabupaten/Kota.

“Melihat hasil itu maka butuh langkah serius agar kualitas guru di Blora semakin meningkat,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Blora Achmad Wardoyo melalui Kabid Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) Sunaryo.

Saat ini menurutnya Dindikpora membuat rencana strategis pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB). Agar semua guru di Blora bisa ikut pelatihan. Melihat saat ini jumlah guru yang cukup besar maka sulit bagi guru tiap tahun ikut pelatihan peningkatan kompetensi.

“Saat ini sedang disiapkan nantinya guru wajib mengikuti pelatihan setahun sekali,” terang Sunarnyo.



Dalam perencanaan itu Dindikpora akan didampingi oleh USAID Prioritas. Untuk melatih semua guru itu saat ini memang terkenda dana. Jika mengandalkan APBD maka tidak cukup butuh waktu lama setiap guru ikut pelatihan. Nantinya sumber dana bisa dari BOS serta tunjangan profesi pendidik (TPP).


“Guru ideal adalah guru yang terus menerus belajar dan mengembangkan diri di setiap saat dan di manapun. Ketika seorang guru memutuskan untuk berhenti atau tidak mau belajar, maka pada saat itu dia berhenti menjadi guru atau pendidik,” terang Sunaryo.


Sumber https://www.pgrionline.com/

Belum ada Komentar untuk "Di Daerah Ini Semua Guru Harus Ikuti Pelatihan Minimal 1 Tahun Sekali"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel