Mengenal NISN Serta Fungsi dan Kegunaan


NISN menjadi pembicaraan di media online akhir-akhir ini. Apa itu NISN ? Kepanjangan NISN adalah Nomor Induk Siswa Nasional.

Sebenarnya NISN mirip KTP. Kedua kartu ini sama-sama memiliki nomor yang bisa dipakai sebagai identitas diri. Nomor NISN dibuat unik sehingga hanya bisa digunakan oleh satu orang saja.

NISN berlaku seumur hidup hanya bagi satu orang siswa mulai dari siswa sekolah dasar dan menengah di seluruh Indonesia.

Tidak hanya digunakan untuk sekolah dasar dan menengah, Nomor induk ini juga bisa dipakai ketika ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi.

Lalu apa pentingnya NISN ? tentu saja penting karena dengan nomor induk ini data siswa bisa didata dengan rapi. Dengan kata lain NISN adalah sistem pendataan siswa skala nasional.

Simak 3 keuntungan dari memiliki NSIN :
  1. NISN berlaku seumur Hidup. Memiliki nomor Induk bisa digunakan untuk semua jenjang pendidikan tanpa harus membuat NISN lagi.
  2. Riwayat data siswa terekam dengan baik. Memiliki NSIN penting karena perkembangan siswa selama menempuh pendidikan di SD dan SMP tercatat dan mudah dilakukan pemantauan.
  3. Berguna untuk siswa pendidikan non formal. Memiliki NISN memudahkan siswa non formal melanjutkan ke pendidikan formal di perguruan tinggi.
Lebih lanjut mengenai pendidikan non formal, Ketua Asosiasi Sekolah Rumah dan Pendidikan Alternatif (Asah Pena) DIY, Ir Kusnanto MM, mengatakan bahwa NISN sangatlah dibutuhkan.

Karena berlaku seumur hidup, menurut Kusnanto, siswa yang menempuh pendidikan non formal tidak akan kesulitan mendaftar ke perguruan tinggi.

NISN ini sangat dibutuhkan siswa siswi dari pendidikan non formal ketika akan pindah ke jalur pendidikan formal,” katanya kepada salah satu media online nasional, Senin (29/2/2016).


Untuk mengecek data kesiswaan NISN secara online, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ‘kemendikbud’ menyediakan fasilitas melalui website yang bisa dilihat di sini nisn.data.kemdikbud.go.id.

Sumber https://www.pgrionline.com/

Belum ada Komentar untuk "Mengenal NISN Serta Fungsi dan Kegunaan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel