Jumlah PNS Akan Dikurangi Mencapai 1 Juta Orang



Tidak terhitung jumlah sarjana negeri ini yang menanti beredarnya lowongan CPNS resmi. Alih-alih mengabarkan lowongam Menteri Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Yuddy Chrisnandi, justru akan mengurangi 1 juta PNS hingga 2019 mendatang.

Pemerintahan ini dibangun dengan rasionalitas, tentu menentukan kebutuhan pegawai pun harus rasional. Perhatikan kapasitas anggaran masing-masing. Masa anggaran belanja pegawai jauh lebih besar dari belanja publik?. Pemerintahan ada untuk mensejahterakan publik. Pegawai itu alatnya, bagaimana roda pemerintahan bisa dijalankan,” sebut Yuddy seperti tertera di laman resmi (18/3).

Sekarang menurut Yuddy ada 244 kabupaten/kota yang komposisi belanja aparatur pada APBD-nya di atas 50 persen. Fenomena ini menurutnya perlu ditanggulangi.

“Karena itu harus ada rasionalisasi pegawai. Diawali audit organisasi, dilanjutkan pemetaan pegawai, serta nantinya berujung pada pengurangan pegawai secara proporsional sesuai dengan kondisi objektif masing-masing,” katanya.

Namun, rencana rasionalisasi hingga saat ini masih dalam pengkajian jajaran Kementerian PAN-RB. Diharapkan tidak lama lagi Kementerian PAN-RB akan mengeluarkan aturan teknis untuk memetakan SDM di daerah.

“Dengan target menurunkan sekira 5 persen belanja pegawai, baik pusat maupun daerah, diproyeksikan jumlah pegawai yang akan dirasionalisasi sekitar satu juta orang sampai tahun 2019,” imbuhnya seperti diwartakan merdeka.com.


Sumber : http://pewartaekbis.com

Sumber https://www.pgrionline.com/

Belum ada Komentar untuk "Jumlah PNS Akan Dikurangi Mencapai 1 Juta Orang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel