Aneh, Buah Ini Tumbuh Di Daunnya


Mungkin masih banyak orang yang tidak tahu tentang buah ini, buah ini beda dengan buah yang lain, melainkan buahnya tumbuh di daun bukan di tangkainya.

Buah ini memiliki nama Butcher’s Broom atau Ruscus aculeatus sebenarnya tanaman semak yang tersebar di Iran, Mediterania, dan Amerika. Tumbuhan ini punya banyak nama alias, antara lain Knee Holly, Jew’s Myrtle, Sweet Broom, dan Pettigree. Namun nama yang paling melekat padanya adalah Butcher’s Broom (sapu tukang daging).

Nama ini diberikan karena tanaman tersebut dulunya sering dipakai oleh para tukang daging untuk membersihkan talenan. Ranting kaku Butcher’s Broom diikat menjadi sapu ijuk, kemudian digunakan untuk menyapu remah-remah daging mentah dari permukaan talenan.

Jika diperhatikan baik-baik, buah berry Butcher’s Broom menyembul dari permukaan bagian bawah daunnya. Walaupun begitu, bukan berarti Butcher’s Broom termasuk tumbuhan abnormal. Sebab daun tumbuhan ini ternyata memang memiliki fungsi ganda sebagai daun dan batang.

Tumbuhan Butcher’s Broom memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi. Buahnya sudah digunakan sebagai obat pencahar, wasir, varises, gatal, bengkak, dan diuretik selama lebih dari 2.000 tahun.

Penelitian yang dilakukan pada tahun 1950 menemukan bukti bahwa ekstrak Butcher’s Broom efektif untuk meringankan berbagai penyakit yang berhubungan dengan sirkulasi darah.


Tunasnya yang masih muda bisa disantap seperti rebung atau asparagus. Tumbuhan ini juga sering dijadikan tanaman hias di kebun atau halaman rumah.
Demikian informasi di atas, sekian dan terimakasih.

Sumber https://www.pgrionline.com/

Belum ada Komentar untuk "Aneh, Buah Ini Tumbuh Di Daunnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel