OLAH RAGA BELUM SELESAI NAMUN SUDAH KELELAHAN, INI TIPSNYA



Olahraga sangat penting untuk menjaga kebugaran tubuh. Bahkan saat tubuh sedang tidak benar-benar bugar, olahraga tetap dibutuhkan meski memang harus benar-benar terukur agar tidak tumbang lalu sakit.

Pada prinsipnya, seseorang harus mengenali batas kemampuan tubuhnya saat berolahraga. Kondisi tubuh tidak selalu bisa dipaksakan, kadang-kadang memang butuh diistirahatkan.

Namun melewatkan jadwal olahraga juga bukan tanpa risiko. Bagi beberapa orang, sekali saja absen olahraga maka ritme tubuhnya bisa kacau atau keterusan untuk tidak rutin lagi berolahraga. Dalam kondisi badan sedang kelelahan atau tidak bugar, maka dibutuhkan sedikit kompromi.

Beberapa tips yang bisa dicoba saat tubuh kelelahan tapi tetap harus olahraga adalah sebagai berikut :



1. Pilih olahraga yang praktis
Jika hanya memungkinkan untuk melatih satu kelompok otot saja saat berolahraga, pilihlah kaki. Demikian saran sejumlah pakar kesehatan. Dan untuk pilihan yang satu ini, jalan cepat bisa menjadi alternatif. Tidak terlalu melelahkan, tetapi cukup intens membakar kalori.



2. Manfaatkan berat badan sebagai beban
Bagi yang biasa melakukan olahraga angkat beban, kali ini lakukan tanpa beban tambahan. Tentunya dengan memodifikasi gerakan agar lebih menantang. Tidak perlu menggunakan alat, lakukan saja gerakan-gerakan seperti squat dan push up. Manfaatkan berat badan sendiri untuk melatih otot-otot tubuh.



3. Perpendek durasi olahraga
Pola yang sama seperti biasa bisa saja digunakan saat berolahraga dengan kondisi kelelahan. Beban dan intensitasnya tidak dikurangi, tetapi durasinya diperpendek. Tidak perlu berlebihan, yang penting cukup untuk menjaga laju metabolisme basal dan kepadatan tulang.



4. HIIT
Saat tubuh dalam kondisi kelelahan, maka yang dibutuhkan adalah sesegera mungkin beristirahat. Jika ingin tetap berolahraga, HIIT (High Intensity Interval Training) bisa menjadi pilihan. Intensitasnya tinggi dengan banyak variasi gerakan, namun efisien dari sisi waktu.



5. Tidak usah olahraga sama sekali
Dengarkan suara tubuh, jika memang benar-benar kelelahan sebaiknya jangan dipaksakan. Bagaimanapun tubuh juga butuh waktu untuk recovery atau memulihkan diri dari kondisi kelelahan. Jika masih khawatir keenakan lalu ritme olahraganya bakal kacau balau, maka kuncinya ada pada komitmen. Perbaiki komitmen untuk hidup lebih sehat, maka istirahat sekali waktu tidak akan menjadi soal.

sekian, semoga informasi di atas bermanfaat untuk anda. 

Sumber https://www.pgrionline.com/

Belum ada Komentar untuk "OLAH RAGA BELUM SELESAI NAMUN SUDAH KELELAHAN, INI TIPSNYA"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel