Menentukan Lokasi Usaha Untuk Mendulang Emas

Dalam geografi lokasi memainkan peranan penting dalam menjelaskan sebuah fenomena. Salam halnya dengan membangun sebuah bisnis/usaha, tidak ada teori tunggal yang bisa menetapkan dimana lokasi kegiatan produksi.usaha itu sebaiknya dipilih. Jika anda bisa menentukan lokasi yang tepat maka tentunya emas akan berdatanganan dengan cepat. Untuk menetapkan lokasi suatu industri (skala besar) secara komperhensif diperlukan gabungan dari beberapa pengetahuan dan disiplin. Pengusaha berlevel internasional pada umumnya memilih lokasi yang memungkinkan menjangkau pasar yang luas dan investasi itu akan aman dalam jangka waktu yang lama. 
Faktor yang dipertimbangkan dalam penentuan lokasi unit usaha antara lain ketersediaan bahan baku, upah buruh, jaminan keamanan, fasilitas penunjang, daya serap pasar lokal dan aksesibilitas dari tempat produksi ke wilayah pemasaran yang dituju. Akhir-akhir ini situasi politik suatu negara menjadi faktor penting bagi pertimbangan investor karena berkaitan dengan prospek usaha jangka panjangnya. 

Lokasi Pas Emas pun Merapat
Pada tingkat pemilihan site, penetapan lokasi industri terkait dengan dua sudut pandang yaitu sudut pandang pengusaha dan sudut pandang pemerintah. Pengusaha melihat lokasi dari sudut keuntungan maksimum jangka panjang yang dapat diraih. Sementara itu pemerintah lebih mengarah pada efisiensi pemakaian ruang. Pemerintah mungkin membuat peraturan untuk pembangunan unit usaha tertentu di daerahnya dengan batasan-batasan tertentu pula.
Menetapkan site sebuah usaha memang sangat krusial, dan satu hal yang perlu dipelajari pengusaha adalah tentang peraturan yang ada. Terkadang ada pilihan antara berlokasi di kawasan industri yang sudah mendapat izin dari pemerintah atau di luar kawasan industri. Kedua pilihan itu harus dihitung dahulu kerugian dan keuntungannya bukan hanya dari sudut pandang keuangan namun juga dari sudut keamanan atau sikap masyarakat setempat jangan sampai memciu konflik. Perhitungan yang tepat juga diperlukan untuk membentuk harga produk itu sendiri. Jadi memang mencari emas itu sangat sulit dan perlu usaha yang keras mulai dari perencanaan lokasi saja. 

Gambar: disini

Sumber https://geograph88.blogspot.com/

Belum ada Komentar untuk "Menentukan Lokasi Usaha Untuk Mendulang Emas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel