SISTEM APLIKASI DAPODIK PAUD

Aplikasi dapodik memberikan fasilitas layanan data yang terintegrasi di PDSP dalam bentuk replikasi dari semua unit utama (PAUDNI, DIKDAS, DIKMEN dan Kebudayaan). Data replikasi tersebut bisa memiliki hubungan atau keterkaitan satu sama lain ( relasional) baik
antar komponen dapodik (satuan pendidikan, PTK dan peserta didik) maupun antar jenis dan jenjang pendidikan (PAUD, SD, SMP, SMA/ SMK serta PKBM dan lembaga kursus). Semua data tersebut diintegrasikan melalui data referensi (referensi wilayah, lembaga, kelompook belajar, pendidik, peserta didik, sarana prasarana dll). Pengembangan sistem PAUD-DIKMAS yang terintegrasi dapat digambarkan sebagai berikut.



Aplikasi Dapodik PAUD-DIKMAS meliputi semua satuan pendidikan yang ada pada program: (1) PAUD, (2) DIKMAS dan (3) Kursus dan pelatihan. Aplikasi tersebut terdiri atas aplikasi front-end yang digunakan oleh satuan pendidikan untuk melakukan penginputan data. Aplikasi sinkronisasi data yang digunakan untuk pengintegrasian DAPODIK antara aplikasi lembaga dengan server Kemdikbud. 

Aplikasi Back-end digunakan untuk integrasi data antara DAPODIK PAUDDIKMAS dengan PDSP. Aplikasi manajemen digunakan oleh tim DAPODIK kabupaten/kota, provinsi dan direktorat jenderal untuk memonitor perkembangan data serta penyiapan prefi ll (data awal) satuan pendidikan. Aplikasi manajemen layanan digunakan untuk memberikan tanggapan terhadap sanggahan/keluhan, pertanyaan dan pemecahan permasalah yang dialami oleh tim DAPODIK di satuan pendidikan, dinas pendidikan kabupaten/kota dan dinas pendidikan provinsi. 

Manajemen layanan ini dibuat bertingkat supaya  penanganan masalah tidak bertumpuk di pusat ataupun di daerah.  Sistem aplikasi DAPODIK PAUD-DIKMAS berperan untuk mengintegrasikan data pokok di setiap jenis dan jenjang pendidikan terutama data referensi. Aplikasi tersebut meliputi: DAPODIK PAUD, DAPODIK DIKMAS, DAPODIK LKP.

Sumber https://www.pgrionline.com/

Belum ada Komentar untuk "SISTEM APLIKASI DAPODIK PAUD"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel