RPP Tematik kelas 3 Tema Lingkungan
Rencanan Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) Tematik
Nama Sekolah : SDN TIMBU
Tema : Lingkungan
Kelas/Semester : III / 1
Alokasi Waktu : 3 minggu
I. STANDAR KOMPETENSI
I. | PKn | |
1. | Mengamalkan makna Sumpah Pemuda | |
II. | IPS | |
1. | Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah | |
III. | Bahasa Indonesia | |
Mendengarkan | ||
1. | Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan | |
Berbicara | ||
2. | Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita dan memberikan tanggapan/ saran | |
IV. | Matematika | |
1. | Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka | |
V. | IPA | |
1. | Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup |
II. KOMPETENSI DASAR
1. PKn : - Mengamalkan makna satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa
- Mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-
sehari
2. IPS : - Menceritakan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan
sekolah
- Membuat denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah
3. B. Indonesia : - Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara
lisan
- Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan
- Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan
kalimat yang runtut dan mudah dipahami
4. Matematika : Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka
5. IPA : - Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup
- Mendeskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dan hal-
hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak
III. TUJUAN PEMBELAJARAN**
1. PKn : - Siswa dapat mengklasifikasi dan membuat daftar tindakan yang dapat
mempersatukan bangsa
- Siswa dapat menyebutkan nama organisasi pemuda di nusantara
- Siswa dapat menyebutkan lima tokoh pemuda yang ikut Kongres Pemuda
- Siswa dapat mengidentifikasikan pengamalan nilai-nilai Sumpah Pemuda di
lingkungan rumah
2. IPS : - Siswa dapat mengidentifikasikan kenampakan alam dan kenampakan
buatan di lingkungan sekitar
- Siswa dapat menjelaskan manfaat kenampakan alam bagi kehidupan
- Siswa dapat menjelaskan manfaat kenampakan buatan bagi kehidupan
- Siswa dapat membuat denah rumah siswa dengan menentukan arah mata
anginnya
3. IPA : - Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup
- Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri makhluk tak hidup
- Siswa dapat menggolongkan tumbuhan berdasarkan bijinya
- Siswa dapat menggolongkan tumbuhan berdasarkan akarnya
- Siswa dapat menggolongkan tumbuhan berdasarkan batangnya
- Siswa dapat menggolongkan tumbuhan berdasarkan daunnya
- Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri pertumbuhan hewan
- Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri pertumbuhan tumbuhan
4. Matematika : - Siswa dapat menulis bilangan secara panjang (ribuan, ratusan, puluhan,
satuan)
- Siswa dapat menentukan nilai tempat sampai dengan ribuan
- Siswa dapat melakukan operasi penjumlahan tanpa menyimpan
- Siswa dapat melakukan operasi penjumlahan dengan menyimpan
- Siswa dapat melakukan operasi pengurangan tanpa meminjam
- Siswa dapat melakukan operasi pengurangan dengan meminjam
5. B . Indonesia : - Siswa dapat menjelaskan petunjuk membuat alat pengukur debu
- Siswa dapat membuat pertanyaan tentang cara menggunakan
- Siswa dapat menyebutkan nama dan sifat tokoh dalam cerita binatang
- Siswa dapat memberikan tanggapan dan alasan tentang tokoh cerita
binatang
- Siswa dapat menceritakan peristiwa alam melalui pengamatan gambar
v Karakter siswa yang diharapkan :
v Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Demokratif , Rasa Ingin tahu, Cinta tanah air, Bersahabat, Menghargai prestasi, Gemar membaca, Peduli lingkungan, Peduli sosial, Tanggung jawab.
Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif :
· Berorientasi tugas dan hasil, Percaya diri, Berani mengambil resiko, Keorisinilan, Berorientasi ke masa depan
IV. Materi Pokok
1. PKn
· Makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa
2. IPS
· Kerja sama di lingkungan rumah
3. IPA
· Ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup dan tak hidup.
· Perubahan pada makhluk hidup
· Sifat-sifat benda
4. Matematika
· Garis bilangan
· Penjumlahan dan pengurangan
· Perkalian dan pembagian
· Uang
· Alat ukur
· Hubungan antar satuan waktu, panjang dan berat.
5. Bahasa Indonesia.
· Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan.
· Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak.
· Menceritakan pengalaman yang mengesankan.
· Memberikan tanggapan dan saran sederhana.
· Menjelaskan isi teks.
V. MetodE Pembelajaran
¨ Informasi
¨ Diskusi
¨ Tanya jawab
¨ Demontrasi
¨ Pemberian tugas
VI. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A. Kegiatan Awal
Apresepsi :
F Mengisi daftar kelas, berdo’a , mempersiapkan materi ajar, model dan alat peraga.
F Memotivasi siswa untuk mengeluarkan pendapat.
F Mengajukan beberapa pertanyaan materi minggu yang lalu
B. Kegiatan Inti
Minggu I
Pertemuan pertama : 6 X 35 menit (IPA, PKN, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
IPA
F Siswa diminta membedakan makhluk hidup dan makhluk tak hidup
F Guru menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup dan makhluk tak hidup
F Siswa mengamati dan mencatat ciri-ciri makhluk hidup
PKn
F Guru menerangkan tentang negara Indonesia
F Siswa mencatat kegiatan sehari-hari yang mempersatukan bangsa
F Menjelaskan pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa
Matematika
F Menjelaskan cara panjang penulisan bilangan
F Menguji keterampilan siswa dengan menguraikan bilangan
Pertemuan ke dua 6 X 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
F Siswa mendengarkan petunjuk cara mendeteksi udara sekitar
F Guru menjelaskan cara menggunakan alat pengukur debu
F Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan guru
IPS
F Tanya jawab dengan siswa mengenai apa yang dilihat di lingkungan sekitar
F Mengajak siswa mengamati gambar sungai, danau, laut, gunung, lembah dan pegunungan
F Siswa menuliskan manfaat kenampakan alam bagi kehidupan
Matematika
F Memperagakan dekak-dekak
F Memasukan biji-bijian pada dekak-dekak
F Menentukan nilai tempat sampai ribuan
Pertemuan ke tiga 4 X 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika, IPA)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
F Guru membacakan cerita binatang
F Siswa menyebutkan nama tokoh-tokoh cerita binatang
F Guru menjelaskan sifat-sifat tokoh dalam cerita
Matematika
F Menjelaskan penjumlahan dua bilangan tanpa teknik menyimpan
F Menguji keterampilan siswa dengan soal penjumlahan dua bilangan
F Membahas soal yang dikerjakan siswa
IPA
F Guru menjelaskan penggolongan tumbuhan berdasarkan bijinya
F Guru menjelaskan penggolongan tumbuhan berdasarkan akarnya
F Siswa diminta mengamati biji salak dan biji jambu air
Minggu II
Pertemuan pertama : 6 x 35 menit (IPA, PKn, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
IPA
F Guru menjelaskan penggolongan tumbuhan berdasarkan batangnya
F Siswa mencatat nama-nama tumbuhan berdasarkan penggolongan batangnya dalam bentuk tabel
F Guru menjelaskan penggolongan tumbuhan berdasarkan daunnya
F Siswa mengamati macam-macam daun
PKn
F Guru menjelaskan bahwa Indonesia terdiri dari beberapa suku
F Menyebutkan organisasi pemuda tiap-tiap daerah di nusantara
F Menjelaskan bahwa persatuan merupakan sumber kekuatan
Matematika
F Guru menjelaskan penjumlahan dua bilangan dengan teknik menyimpan
F Guru menguji keterampilan siswa dengan soal penjumlahan dua bilangan
F Membahas soal yang tela dikerjakan siswa
Pertemuan kedua : 6 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
F Guru menjelaskan cara menanggapi sifat-sifat tokoh dalam cerita
F Guru menjelaskan cara menyanggah sebuah pernyataan
F Siswa menanggapi cerita
IPS
F Menyebutkan contoh yang termasuk kenampakan buatan
F Menyebutkan manfaat kenampakan buatan bagi kehidupan
Matematika
F Menjelaskan pengurangan dua buah bilangan dengan teknik meminjam
F Menguji keterampilan siswa mengurangi dua buah bilangan dengan teknik meminjam
Pertemuan ke tiga : 6 x 35 menit (Bahasa Indonesia, IPA, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
F Siswa mengamati dua buah gambar
F Siswa menuliskan perbedaan dari kedua gambar tersebut
IPA
F Guru menjelaskan penggolongan tumbuhan berdasarkan daunnya
F Siswa mengamati macam-macam daun
Matematika
F Menjelaskan pengurangan tiga bilangan dengan tanpa teknik meminjam
F Siswa mengerjakan soal-soal latihan
Minggu III
Pertemuan pertama : 6 x 35 menit (IPA, PKn, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
IPA
F Guru menjelaskan tentang pertumbuhan hewan
F Guru menjelaskan tujuan perkembangbiakan pada hewan
F Siswa mendiskusikan pertumbuhan hewan
PKn
F Menjelaskan waktu dan tempat kongres pemuda
F Menyebutkan lima tokoh yang menghadiri kongres pemuda
F Menjelaskan usulan tiap-tiap tokoh dalam kongres pemuda
F Menyebutkan perumus isi sumpah pemuda pada kongres pemuda
Matematika
F Siswa mengingat kembali pengurangan dua buah bilangan
F Guru menjelaskan cara mengurangi dua buah bilangan tanpa meminjam
F Menguji keterampilan siswa dengan soal pengurangan
Pertemuan kedua : 6 x 35 menit (Bahasa Indonesia, IPS, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
F Siswa menceritakan pengalaman mengesankan di depan kelas
F Siswa menanggapi pengalaman teman
IPS
F Guru menjelaskan tiga bagian pokok pada denah yaitu gambar utama, keterangan gambar dan arah mata angin
F Melakukan tanya jawab dengan siswa mengenai kegunaan setiap bagian utama denah rumah
F Memaparkan bentuk penyajian mata angin pada denah rumah
F Siswa membuat denah rumah masing-masing
Matematika
F Menjelaskan pengurangan tiga bilangan
F Siswa mengerjakan soal-soal latihan
Pertemuan ke tiga : 6 x 35 menit (Bahasa Indonesia, IPA, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
F Mengamati gambar peristiwa alam
F Menceritakan peristiwa alam melalui pengamatan gambar
IPA
F Menjelaskan ciri-ciri pertumbuhan pada tumbuhan
F Mendiskusikan pertumbuhan pada tumbuhan
F Melaporkan hasil diskusi
Matematika
F Menjelaskan pengurangan dua buah bilangan dengan teknik meminjam
F Menguji keterampilan siswa mengurangi dua buah bilangan dengan teknik meminjam
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
C. Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan Akhir, guru:
F Guru mengajukan pertanyaan sekitar materi yang diajarkan
F Siswa mengumpulkan tugas sesuai materi yang diajarkan
F Guru dan siswa menyimpulkan materi yang diajarkan
VII. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
Sumber belajar :
F Buku Pendidikan Kewarganegaraan
F Buku IPA
F Buku Matematika
F Buku Bahasa Indonesia
F Buku IPS
F Eksiklopedia
F Kamus Bahasa Indonesia
F Pedoman EYD
F Koran dan majalah
F Media elektronik
Alat Peraga
F Gambar kenampakan alam
F Gambar kenampakan buatan
F Gambar peristiwa alam
F Teks cerita binatang
VII. PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||
· Disiplin : Tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan · Kerja keras : Perilaku yang menunjukkan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar dan tugas,serta menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya · Kreatif : Berpikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari sesuatu yang telah dimiliki · Demokratif ; Cara berfikir, bersikap, dan bertindak yang menilai sama hak dan kewajiban dirinya dan orang lain · Rasa Ingin tah : Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajarinya, dilihat, dan didengar · Cinta tanah air : Cara berfikir, bersikap, dan berbuat yang menunjukkan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan yang tinggi terhadap bahasa, lingkungan fisik, sosial, budaya,ekonomi, dan politik bangsa · Bersahabat: Tindakan yang memperlihatkan rasa senang berbicara, bergaul, dan bekerja sama dengan orang lain · Menghargai prestasi: Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, dan mengakui, serta menghormati keberhasilan orang lain · Gemar membaca: Kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca berbagai bacaan yang memberikan kebajikan bagi dirinya · Peduli lingkungan: Sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya, dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi · Peduli sosial: Sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuan pada orang lain dan masyarakat yang membutuhkan Tanggung jawab : Sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam,sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa | 1. PKn : § Mengklasifikasi dan membuat daftar tindakan yang dapat mempersatukan bangsa § Menyebutkan nama organisasi pemuda di nusantara § Menyebutkan § Mengidentifikasikan pengamalan nilai-nilai Sumpah Pemuda di lingkungan rumah 2. IPS : § Mengidentifikasikan kenampakan alam dan kenampakan buatan di lingkungan sekitar § Menjelaskan manfaat kenampakan alam bagi kehidupan § Menjelaskan manfaat kenampakan buatan bagi kehidupan § Membuat denah rumah siswa dengan menentukan arah mata anginnya 3. IPA : § Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup § Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk tak hidup § Menggolongkan tumbuhan berdasarkan bijinya § Menggolongkan tumbuhan berdasarkan akarnya § Menggolongkan tumbuhan berdasarkan batangnya § Menggolongkan tumbuhan berdasarkan daunnya § Menyebutkan ciri-ciri pertumbuhan hewan § Menyebutkan ciri-ciri pertumbuhan tumbuhan 4. Matematika : § Menulis bilangan secara panjang (ribuan, ratusan, puluhan, satuan) § Menentukan nilai tempat sampai dengan ribuan § Melakukan operasi penjumlahan tanpa menyimpan § Melakukan operasi penjumlahan dengan menyimpan § Melakukan operasi pengurangan tanpa meminjam § Melakukan operasi pengurangan dengan meminjam 5. B. Indonesia : § Menjelaskan petunjuk membuat alat pengukur debu § Membuat pertanyaan tentang cara menggunakan § Menyebutkan nama dan sifat tokoh dalam cerita binatang § Memberikan tanggapan dan alasan tentang tokoh cerita binatang § Menceritakan peristiwa alam melalui pengamatan gambar | Tes lisan Tes tertulis | uraian isian | 1. PKn : § Jelaskanlah dan membuat daftar tindakan yang dapat mempersatukan bangsa § Sebutkan nama organisasi pemuda di nusantara § Sebutkan § Jelaskanlah pengamalan nilai-nilai Sumpah Pemuda di lingkungan rumah 2. IPS : § Jelaskanlah kenampakan alam dan kenampakan buatan di lingkungan sekitar § Jelaskanlah manfaat kenampakan alam bagi kehidupan § Jelaskanlah manfaat kenampakan buatan bagi kehidupan § Buatkanlah denah rumah siswa dengan menentukan arah mata anginnya 3. IPA : § Jelaskanlah ciri-ciri makhluk hidup § Jelaskanlah ciri-ciri makhluk tak hidup § Jelaskanlah golongkan tumbuhan berdasarkan bijinya § Jelaskanlah golongkan tumbuhan berdasarkan akarnya § Jelaskanlah golongkan tumbuhan berdasarkan batangnya § Jelaskanlah golongkan tumbuhan berdasarkan daunnya § Sebutkan ciri-ciri pertumbuhan hewan § Sebutkan ciri-ciri pertumbuhan tumbuhan 4. Matematika : § Tuliskanlah bilangan secara panjang (ribuan, ratusan, puluhan, satuan) § Tentukan nilai tempat sampai dengan ribuan § Jelaskanlah melakukan operasi penjumlahan tanpa menyimpan § Jelaskanlah melakukan operasi penjumlahan dengan menyimpan § Jelaskanlah melakukan operasi pengurangan tanpa meminjam § Jelaskanlah melakukan operasi pengurangan dengan meminjam 5. B. Indonesia : § Jelaskanlah petunjuk membuat alat pengukur debu § Buatkanlah pertanyaan tentang cara menggunakan § Sebutkan nama dan sifat tokoh dalam cerita binatang § Berikan tanggapan dan alasan tentang tokoh cerita binatang § Ceritakan peristiwa alam melalui pengamatan gambar · LKS · Lmbar observasi. |
v Kriteria Penilaian
1. Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
2. Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. | Kerjasama Partisipasi | * bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama * aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif | 4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | |
Kerjasama | Partisipasi | |||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. |
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
Mengetahui Kepala Sekolah SD ( MARTONO,S.Pd ) NIP : 19670705199xxxxx | Timbulrejo,……………….2018. Guru Tematik Kelas III ( ASITRIN,S.Pd) |
Belum ada Komentar untuk "RPP Tematik kelas 3 Tema Lingkungan"
Posting Komentar