Tehnik Metode Ruqyah


Ruqyah menurut bahasa adalah bacaan, jampi-jampi atau mantra. Sedangkan menurut syariat islam, ruqyah adalah bacaan yang terdiri dari ayat al-Qur’an, asma’ul husna (nama-nama Allah Swt) dan do’a-doa yang dicontohkan Nabi saw berdasarkan hadits yang shahih untuk memohon pertolongan kepada Allah akan kesembuhan orang sakit yang dikenal dengan Ruqyah Syariyyah. Berikut adalah beberapa tehnik metode dalam ruqyah sebagaimana yang saya kutip dari  Hijamah/Bekam Cara yang lainnya adalah dengan hijamah (berbekam) pada anggota tubuh yang terasa sakit akibat pengaruh sihir, karena sihir bisa berpengaruh pada tubuh, dan melemahkannya.

5. Obat-obatan

Pengobatan sihir dapat juga dilakukan dengan menggunakan obat-obatan yang mubah (dibolehkan) seperti dengan memberi kurma Ajwah kepada si penderita.

Diriwayatkan dari Amir bin Sa'ad dari bapaknya bahwasanya Rasulullah saw bersabda,"Barangsiapa setiap pagi hari memakan kurma Ajwah maka tidak akan membahayakan dirinya baik racun maupun sihir pada hari itu hingga malam hari." (HR. Bukhari)

Tentang keistimewaan kurma ini Imam Al-Khattabi berkata: Kurma Ajwah memiliki hasiat dan manfaat yaitu bisa menjadi penangkal racun dan sihir karena berkat do'a Rasulullah saw terhadap kurma Madinah, dan bukan karena keistimewaan kurma itu sendiri.

6. Ruqyah Syar’iyyah

Cara yang lainnya yang dapat dilakukan untuk mengeluarkan sihir adalah dengan membacakan ruqyah syar’iyyah (pengobatan melaui bacaan Al-Quran, zikir dan do'a).

Imam Ibnu Qayyim mengatakan: Diantara obat yang paling mujarab untuk melawan sihir akibat pengaruh jahat setan adalah dengan pengobatan syar'i yaitu dengan zikir, do'a dan bacaan-bacaan yang bersumber dari Al-Qur'an. Jiwa seseorang apabila dipenuhi dengan zikir, wirid dan mensucikan nama Allah niscaya akan terhalangi dari pengaruh sihir. Orang yang terkena sihir bisa sembuh dengan membaca ruqyah sendiri atau dari orang lain dengan ditiupkan pada dada atau tubuh yang sakit sambil membaca zikir dan do'a.

7.Sama’atul Qur’an ( pesakit wajib mendengar bacaan al-Qur’an setiap hari)

Imam Ibnu Qayyim mengatakan : Diantara obat yang paling mujarab untuk melawan sihir akibat pengaruh jahat setan adalah dengan pengobatan syar’i yaitu dengan zikir, do’a dan bacaan-bacaan yang bersumber dari Al-Qur’an. Jiwa seseorang apabila dipenuhi dengan zikir, wirid dan mensucikan nama Allah niscaya akan terhalangi dari pengaruh sihir. Orang yang terkena sihir bisa sembuh dengan membaca ruqyah sendiri atau dari orang lain dengan ditiupkan pada dada atau tubuh yang sakit sambil membaca zikir dan do’a.

8. Qiraatul Qur’an bil jahriah ( bacaan al-qur’an dengan jelas di hadapan pasien )

Cara yang lainnya yang dapat dilakukan untuk mengeluarkan sihir adalah dengan membacakan ruqyah syar’iyyah (pengobatan melaui bacaan Al-Qur’an, zikir dan do’a).

9. Al-Khutbah ( bacaan khutbah )

Ialah kita berkhutbah menda’wahi jin yang berada dalam tubuh pasieh agar mau bertaubah dan masuk kedalam agama islam.

10. At Taataru bil Quran (Pakai minyak wangi dibacakan al Quran)

Ialah dengan membacakan ayat suci al-qur’an pada minyak wangi (usahakan minyak wangi yang disunnahkan seperti misiq, kasturi dll) lalu dioleskan dibaju atau tubuh pasien.

11. Al Mashu bil Quran (Sapu air atau minyak yang dibaca Al Quran)

Ialah dengan membacakan ayat suci Al-qur’an pada air atau minyak (zaitun/habbatusauda) atau obat cair (sirup, jamu dll) untuk dioleskan ditempat yang sakit.

Demikian penjelasan seputar metode dan tehnik dalam ruqyah, semoga bisa menjadi referensi anda.

Sumber http://www.zulfanafdhilla.com/

Belum ada Komentar untuk "Tehnik Metode Ruqyah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel