Mengobati Sakit Mata Merah Dengan Tumbuhan Cocor Bebek

Dari sekian banyak obat sakit mata salah satunya adalah tumbuhan cocor bebek. Tumbuhan ini banyak digunakan untuk tanaman hias di taman atau halaman rumah. Namun tumbuhan cocor bebek juga mempunyai khasiat untuk mengobati mata merah. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Ambilah daun cocor bebek 2 atau 3 lembar
  2. Rebus dengan air putih
  3. Pakailah air rebusan untuk membasuh muka sehingga air masuk ke dalam mata, atau teteskan air rebusan ke mata yang sedang sakit.
  4. Lakukan 2-3 kali dalam sehari
  5. Atau lakukan saat menjelang tidur dan sehabis bangun tidur
Dari sekian banyak obat sakit mata salah satunya adalah tumbuhan cocor bebek Mengobati Sakit Mata Merah Dengan Tumbuhan Cocor Bebek

Cocor bebek mempunyai nama latin "Kalanchoe pinnata syn". Tumbuhan cocor bebek berkembang biak melalui tunas daun (tunas/adventif). Cocor bebek memiliki batang yang lunak dan beruas. Daunnya tebal berdaging dan mengandung banyak air. Warna daun hijau muda (kadang kadang abu-abu). Bunga majemuk, buah kotak. Bila dimakan cocor bebek rasanya agak asam dan dingin.


Tumbuhan cocor bebek mengandung asam malat, damar, zat lendir, magnesium malat, kalsium oksalat, asam formiat, dan tanin. Selain berkhasiat untuk mengobati penyakit mata merah akibat iritasi, Cocor bebek digunakan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan sakit kepala, batuk, sakit dada, borok, dan penyakit kulit lainnya, menyembuhkan demam, memperlancar haid yang tidak teratur, obat luka, dan sakit bisul.

Cocor bebek tumbuh subur di daerah beriklim tropika seperti Asia, Australia, Selandia Baru, India Barat, Makaronesia, Maskarenes, Galapagos, Melanesia, Polinesia, dan Hawaii.  Di banyak daerah tersebut, seperti di Hawaii, tanaman ini dianggap sebagai spesies yang invasif.

Di Indonesia Tumbuhan cocor bebek dapat tumbuh subur di mana saja. Untuk mengembang biakkan cukup dengan meletakkan daunnya di atas tanah yang agak basah, maka cocor bebek akan tumbuh dan berkembang biak.


Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Belum ada Komentar untuk "Mengobati Sakit Mata Merah Dengan Tumbuhan Cocor Bebek"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel