Mengobati Penyakit Kulit Panu

Penyakit panu adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur. Gejala penyakit panu yaitu timbulnya bercak-bercak pada kulit. Bercak-bercak itu ada yang berwarna putih, coklat, dan merah tergantung warna kulit penderita. Biasanya kulit yang ditumbuhi panu terasa gatal pada saat tubuh berkeringat. Panu dapat menyerang semua bagian kulit. Penyakit panu juga dapat menular kepada orang lain. Panu dapat tumbuh di kulit punggung, lengan, leher, wajah, kaki, dan perut.

Penyakit panu adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur Mengobati Penyakit Kulit Panu

Penyebab penyakit panu antara lain:
  1. Suhu udara yang terlalu panas membuat keringat keluar sehingga baju yang kita pakai akan meredam air keringat hal ini juga akan menyebabkan pertumbuhan jamur.
  2. Sering mengganti handuk milik orang lain, usahakan kita mempunyai handuk pribadi agar tidak tertular penyakit kulit dari orang lain meskipun saudara kita sendiri.
  3. Suhu udara yang terlalu lembab sehingga baju yang kita pakai akan meredam air dan menyebabkan tumbuhnya jamur panu ini. Dan
  4. Sering berada dibawah sinar terik matahari langsung bisa juga menimbulkan jamur yang menyebabkan terjadinya panu.
  5. Keringat yang berlebihan saat berolahraga sangat mempengaruhi tumbuhnya jamur ini dalam waktu yang singkat.
Penyakit panu bila dibiarkan dapat berkembang hingga ke seluruh anggota tubuh. Selain terasa gatal juga dapat menyebabkan hilangnya kepercayaan diri seseorang. Sebaiknya jika sudah terkena penyakit panu jangan dibiarkan berkembang biak hingga menutupi sebagian besar anggota tubuh. Cepat lakukan pengobatan agar kulit dapat mulus kembali tanpa dihinggapi penyakit panu yang merupakan jamur kulit. Untuk mengobati penyakit panu secara alami simaklah hal-hal berikut ini

1. Bawang Putih
Cara penggunaanya adalah  Ambilah 1 siung bawang putih kemudian potong bawang putih menjadi dua bagian. Gosoklah bagian dalam bawang putih ini pada area panu sampai kulit agak memerah dan terasa sedikit perih. Tahan saja perihnya, bila rasa perih sudah menghilang lanjutkan menggosok lagi sampai kulit memerah dan terasa perih lagi. Setelah itu biarkan sejenak sampai bakteri jamur ini mati. Cara ini akan membuat panu hilang selamanya hanya dalam satu hari.

Kandungan bawah putih mempunyai senyawa anti-bakteri yang mampu membunuh segala jenis jamur dan kuman terutama pada kulit.

2. Lengkuas dan Garam
Cara penggunaanya adalah Ambilah 1 lengkuas untuk dibelah dan gunakan bagian belahan lengkuas ini untuk digosokan pada panu, agar hasil lebih maksimal kita bisa menaburkan sedikit garam pada bagian luar belahan lengkuas tadi. Gosok kulit yang terserang panu sampai kulit agak memerah dan terasa pedih. Lakukan hal ini 3x dalam 1 hari saja maka panu akan menghilang dengan cepat.

Lengkuas mempunyai senyawa kuersetin, amilum dan flavonoid yang berguna untuk mengatasi bakteri serta jamur, lengkuas juga sudah banyak digunakan oleh nenek moyang kita dari dulu untuk mengatasi penyakit kulit seperti panu.

3. Belimbing Wuluh dan Kapur Sirih

Cara penggunaanya adalah Tumbuk halus belimbing wuluh dan campurkan dengan kapur sirih secukupnya lalu oleskan pada bagian panu secara merata sampai mengering dan bilas dengan air bersih.

Kombinasi campuran belimbing wuluh bersama kapur sirih akan menjadi bahan yang sangat efektif dan ampuh untuk mengatasi panu dan jamur.

4. Jeruk Nipis dan Belerang
Cara penggunaanya adalah Tumbuk halus belerang secukupnya dan campurkan dengan perasan air jeruk nipis kemudian aduk rata dan oleskan pada panu. Lakukan cara ini 2-3 kali sehari secara rutin. Maka panu akan menghilang dengan cepat.

Kandungan ekstrak vitamin C jeruk nipis dan mineral pada belerang dapat ampuh membunuh kuman serta jamur yang membandel terutama panu.

Tindakan preventif lebih baik dari pada kuratif, artinya tindakan pencegahan terhadap penyakit itu lebih baik dari pada mengobati. Inilah beberapa tindakan agar tidak  terkena penyakit panu antara
  1. Mandi secara teratur minimal 3x sehari
  2. Jangan berada terlalu lama dibawah sinar matahari langsung
  3. Jangan menggunakan baju yang terlalu ketat
  4. Jangan menggunakan handuk milik orang lain
  5. Gunakan pakaian yang dapat menyerap keringat

Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Belum ada Komentar untuk "Mengobati Penyakit Kulit Panu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel