Mencegah Penyakit Mata Katarak

Penyakit mata katarak adalah dimana lensa mata yang tertutup oleh lendir atau kotoran yang lain sehingga cahaya atau penglihatan tidak dapat menembusnya. Katarak biasanya berlangsung perlahan-lahan, namun demikian katarak dapat menyebabkan penderita kehilangan penglihatan dan berpotensi menyebabkan kebutaan  jika katarak terlalu tebal. Katarak biasanya diawali dengan satu mata, namun selanjutnya dapat mempengaruhi yang lain sehingga kedua mata terkena katarak.

Gejala Penyakit Mata Katarak

Penyakit mata katarak adalah dimana lensa mata yang tertutup oleh lendir atau kotoran yang Mencegah Penyakit Mata Katarak

Katarak biasanya tumbuh secara perlahan dan tidak menyebabkan rasa sakit. Pada tahap awal kondisi ini hanya akan mempengaruhi sebagian kecil bagian dari lensa mata anda dan mungkin saja tidak akan mempengaruhi pandangan anda. Saat katarak tumbuh lebih besar maka noda putih akan mulai menutupi lensa mata dan mengganggu masuknya cahaya ke mata. Pada akhirnya pandangan mata anda akan kabur, mudah silau oleh cahaya, dan kemampuan penglihatan berkurang. Secara rinci gejala mata katarak antara lain:

  1. Pandangan mata yang kabur, suram atau seperti ada bayangan awan atau asap.
  2. Sulit melihat pada malam hari
  3. Sensitif pada cahaya
  4. Terdapat lingkaran cahaya saat memandang sinar
  5. Membutuhkan cahaya terang untuk membaca atau ketika beraktifitas
  6. Sering mengganti kacamata atau lensa kontak karena ketidaknyamanan tersebut
  7. Warna memudar atau cenderung menguning saat melihat
  8. Pandangan ganda jika melihat dengan satu mata

Penyebab Penyakit Mata Katarak

1. Usia.
Usia adalah penyebab utama penyakit katarak. Hal ini disebabkan karena seiring bertambah lanjutnya usia pasokan protein lensa Anda akan semakin menurun.

2. Genetika
Faktor genetika juga merupakan salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya katarak. Sebab kelainan kromosom mampu mempengaruhi kualitas lensa mata Anda.

3. Diabetes
Diabetes kerap kali dituding menjadi penyakit yang dapat menyebabkan katarak. Sebab enzim aldosa reduktase yang ada di dalam tubuh penderita diabetes mampu memicu timbulnya penyakit katarak.

4. Infeksi
Jenis infeksi tertentu seperti kusta, toksoplasmosis, dan cysticercosis dapat memicu timbulnya katarak. Oleh karena itu apabila Anda mengalaminya, sebaiknya segera obati penyakit tersebut sebelum infeksi penyakit ini menyebar.

5. Penyakit kulit
Beberapa penyakit kulit tertentu mampu mempengaruhi kesehatan lensa mata Anda sepertii dermatitis atopik, ichthyosis, pemfigus, dan eksim.

6. Efek Samping Penggunaan obat tertentu
Ada beberapa jenis obat tertentu yang mampu mempengaruhi penglihatan mata Anda. Obat-obatan seperti kortikosteroid terbukti mampu menyebabkan timbulnya katarak.

7. Trauma
Trauma akan mengakibatkan pembengkakan, penebalan, dan munculnya warna putih di serat lensa. Warna putih yang terbentuk pada akhirnya dapat menyebabkan katarak.



Pencegahan Penyakit Katarak

1. Minum segelas jus wortel setelah makan siang bisa membantu mencegah perkembangan gejala menjadi lebih parah. Jus wortel mengandung beta karoten yang membantu tubuh memproduksi vitamin A.

2. Meningkatkan konsumsi bayam atau sayuran dari rumput laut sangat baik untuk meningkatkan kesehatan mata dan memperlancar aliran darah.

3. Kunyit dan jahe bersifat antioksidan kuat anti peradangan serta mampu menekan perkembangan lebih lanjut pada mata katarak

4. Hindari kebiasaan merokok

5. Makanlah makanan dengan gizi seimbang

6. Lindungi mata anda dari pancaran sinar matahari secara langsung

7. Menjaga kesehatan tubuh secara umum setiap hari

Beberapa buah yang berkhasiat mencegah penyakit katarak:

1. Buah alpukat

2. Bawang putih

3. Tomat

4. Cokelat hitam

5. Brokoli

Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Belum ada Komentar untuk "Mencegah Penyakit Mata Katarak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel