Manfaat Bertanya dalam Belajar
Apakah anda sering bertanya di kelas ketika belajar berlangsung?
Atau apakah anda pernah bertanya para diri anda sendiri tentang suatu hal?. Banyak orang yang menganggap bahwa banyak bertanya itu disangka "KEPO", padahal pada dasarnya pengetahuan selalu diawali dari bertanya. Issac Newton menemukan teori gravitasi awalnya dari mengamati kemudian bertanya pada diri sendiri "mengapa apel jatuhnya ke bawah tidak ke atas?". Dalam konteks belajar di sekolah, melalui bertanya siswa akan mampu menjadi pemikir yang handal dan mandiri. Mereka dirangsang untuk mampu mengembangkan ide dan pengujian baru yang inovatif, mengembangkan metode dan teknik bertanya, bertukar pendapat dan berinteraksi. Proses pembelajaran memungkinkan untuk dapat mengembangkan kebebasan mengeluarkan aspirasi, berupa pertanyaan dan jawaban baik siswa maupun guru bahkan menguji suatu ide atau teori maupun praktik penyelenggarannya sesuai dengan fakta dan penalaran. Hal ini akan membantu untuk membentuk pola pikir ilmiah. Pertanyaan dapat memicu timbulnya kegiatan belajar. Manfaat emngajukan pertanyaan antara lain:
Atau apakah anda pernah bertanya para diri anda sendiri tentang suatu hal?. Banyak orang yang menganggap bahwa banyak bertanya itu disangka "KEPO", padahal pada dasarnya pengetahuan selalu diawali dari bertanya. Issac Newton menemukan teori gravitasi awalnya dari mengamati kemudian bertanya pada diri sendiri "mengapa apel jatuhnya ke bawah tidak ke atas?". Dalam konteks belajar di sekolah, melalui bertanya siswa akan mampu menjadi pemikir yang handal dan mandiri. Mereka dirangsang untuk mampu mengembangkan ide dan pengujian baru yang inovatif, mengembangkan metode dan teknik bertanya, bertukar pendapat dan berinteraksi. Proses pembelajaran memungkinkan untuk dapat mengembangkan kebebasan mengeluarkan aspirasi, berupa pertanyaan dan jawaban baik siswa maupun guru bahkan menguji suatu ide atau teori maupun praktik penyelenggarannya sesuai dengan fakta dan penalaran. Hal ini akan membantu untuk membentuk pola pikir ilmiah. Pertanyaan dapat memicu timbulnya kegiatan belajar. Manfaat emngajukan pertanyaan antara lain:
1. Memperluas wawasan berfikir.
Jika seseorang selalu menerima ide atau teori tanpa mempertanyakan maka pengetahuannya terbatas pada apa yang diterima semata. Tapi jika bertanya dan mempertanyakan tentang hal tersebut maka akan mendapatkan lebih banyak penjelasan bahkan dapat dihubungkan dengan teori lain. Selanjutnya mungkin siswa yang bersangkutan dapat mengasosiasikan pengetahuan yang dimiliki sebelumnya dengan ide atau teori yang sedang dibahas.
2. Mengundang reinforcement (penguatan)
Pada umumnya seorang siswa merasa puas jika ia mengetahui bahwa jawaban yang dikemukakan untuk menjawab pertanyaan guru disetujui atau pertanyaan yang diajukan relevan dan dapat mengundang pembahasan lebih lanjut. Guru sepatutnya menunjukkan sikap setuju itu dengan ucapan, anggukan atau kerlingan mata (gestur). Hal in dapat dirasakan sebagai suatu hadiah (reward) yang dapat menguatkan pemahaman siswa yang bersangkutan terhadap materi pembelajaran yang dibahas.
3. Memberi motivasi atau mendorong siswa untuk belajar lebih jauh
Dengan mengajukan pertanyaa maka secara langsung akan mendorong siswa untuk selalu bersikap tidak menerima suatu pendapat, ide atau teori secara mentah. Ini dapat mendorong sikap selalu ingin mengetahui dan mendalami (curiosity) berbagai macam teori dan dan mendorong untuk belajar lebih jauh dan mendalam.
Itulah beberapa manfaat dari bertanya, jadi mari biasakan bertanya ketika belajar di kelas. Bertanya untuk membuka pengetahuan dan ilmu seluas-luasnya. Albert Einstein pernah berkata
"one most important thing in this life is not to stop to questioning"
"one most important thing in this life is not to stop to questioning"
Sumber dan Gambar:
Lukmanul Hakim. Perencanaan Pembelajaran.
Sumber https://geograph88.blogspot.com/
Belum ada Komentar untuk "Manfaat Bertanya dalam Belajar"
Posting Komentar