Modifikasi Peraturan Permainan Sepak Bola Wanita

Sepak bola tidak hanya dimainkan oleh kaum pria saja, wanita pun bisa memainkannya. Minat kaum wanita untuk bermain sepak bola ternyata cukup tinggi. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya klub-klub sepak bola wanita yang tersebar di seluruh nusantara. Tidak terdengarnya adanya klub-klub sepak bola wanita karena kurangnya ekspose dari media masa tentang sepak bola wanita. Hal ini mungkin karena sepak bola wanita hanya muncul dalam ivent-ivent peringatan hari besar seperti hari kemerdekaan Indonesia, dan belum ada kompetisi nasional yang mempertandingkannya. Kalaupun ada gaungnya pun masih belum seperti sepak bola laki-laki yang banyak diliput oleh stasiun televise.

Modifikasi Peraturan Permainan Sepak Bola  Wanita

Meski dimainkan oleh wanita, permainan sepak bola secara teknik dasar tentu sama dengan sepak bola pada umumnya. Hanya saja pada peraturannya pada sepak bola wanita ada yang dimodifikasi misalnya mengenai lama permainan dan luas lapangan. Ini mungkin disebabkan oleh kondisi fisik kaum wanita yang tidak sama dengan kaum pria.  Dari semua perturan sepak bola yang ada, yang dapat di modifikasi untuk permainan sepak bola wanita adalah; 1) waktu atau lama permainan, 2) Ukuran lapangan, Modifikasi Peraturan permainan sepak bola untuk wanita adalah sebagai berikut:

1.       Lapangan
Lapangan sepak bola wanita berbentuk empat persegi panjang dengan ukuran:
-          Panjang 65 – 90 meter
-          Lebar 45 – 70 meter
2.       Ukuran Gawang
-          Tinggi 2 meter
-          Lebar 5 meter
-          Diameter tiang dan palang 10 cm
-           Mata jarring 10 cm
3.       Lama permainan Sepak Bola Wanita
-          Lama permainan sepak bola wanita dapat dimodifikasi menjadi 2 X 25 dibagi menjadi 2 babak. Masing-masing babak 25 menit dengan diselingi waktu istirehat  10 menit
-          Jika dalam pertandingan berakhir seri, maka di beri tambahan waktu 2 X 10 menit
-          Setelah perpanjangan waktu selama 2 X 10menit dan keadaan masih kosong-kosong, maka diadakan adu penalty untuk menentukan siapa pemenangnya.


Sebenarnya peraturan-peraturan sepak bola wanita sama dengan sepak bola laki-laki. Hanya ke tiga seperti disebutkan di atas saja mungkin yang berbeda. Hal ini karena disesuaikan dengan kekuatan fisik kaum wanita. Untuk peraturan yang lain seperti tendangan bebas, lemparan ke dalam, tendangan sudut, off side, dan lain sebagainya semuanya sama dengan sepak bola laki-laki.

Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Belum ada Komentar untuk "Modifikasi Peraturan Permainan Sepak Bola Wanita"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel