Hati-Hati Penipuan Yang Mengatasnamakan Bpk.Syamsul Rijal (Warek III UIN Ar-Raniry)

Dr. H. Syamsul Rijal, M.Ag Warek III UIN Ar-Raniry (batik)

Mahasiswa UIN Ar-Raniry harap waspada terhadap berbagai modus penipuan yang dilakukan oleh para oknum tidak dikenal yang mengatasnamakan bapak Syamsul Rijal Wakil Rektor III (Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama) UIN Ar-Raniry.

Pelaku mengunakan berbagai modus untuk meraup untung dari para korban dengan mengatasnamakan Wakil Rektor III.

Tidak terlepas saya sendiri () yang hampir saja menjadi korban penipuan tersebut. Saya sendiri mahasiswa fakultas Ushuluddin dan Filsafat jurusan Ilmu Al-Quran dan Tafsir UIN Ar-Raniry yang sekarang sedang menempuh semester 2 di kampus biru ini.

Kejadianya terjadi 2 jam yang lalu sebelum tulisan ini terposting, atau tepatnya pukul 19.32 WIB. Pelaku menggunakan nomor 081284670077 dan mengaku sebagai Bapak Syamsul Rijal Warek III.

Ketika saya mengangkat telpon, langsung memperkenalkan diri sebagai Warek III Uin Ar-Raniry. Ajaibnya penipu ini juga mengenali nama saya, 'ini benar kan?'.  Sontak dalam hati ada rasa percaya.

Penipu ini kemudian mengabarkan bahwa saya termasuk salah satu dari lima mahasiswa yang dipercaya menemani Rektor UIN untuk mengikuti sebuah seminar dijakarta. Seminar ini adalah seminar nasional yang diadakan dua hari pada tanggal 7 sampai 8 maret, jelasnya. Seminar ini juga punya tema yang panjangnya ma sya Allah, sehingga sayapun lupa.

Sosok ini kemudian menayakan ketersediaan saya untuk mengikuti agenda tersebut. Saya sendiri bingung kenapa seolah-olah begitu mendesak. Lantas saya meminta waktu untuk ketersediaanya, saya juga harus komunikasi dahulu dengan orang tua.

Saya juga menanyakan tentang biaya transportasi. Dijelaskan bahkan transportasi sudah ditanggung sebanyak 4 juta yang mana sistematiknya uang tersebut di transfer ke bank pribadi kami. Nah, pada titik ini saya mulai curiga. Tentu saja, karena sudah memainkan uang. Dan juga pada titik ini saya sendiri tidak berfokus lagi pada topik pembicaraan tentang seminar. Titik fokus saya berada pada bagaimana cara saya memahami permainan yang dimainkan pelaku ini. Pikiran saya sudah melayang-layang menghayal kemana-mana.

Kebetulan saya punya satu rekening denga saldo hanya 200.000,-. Langsung saja saya berikan. Kemudian sosok ini bertanya apabila uang transportasi masuk ke rekenim saya kira-kira saldo saya berapa, begitu kurang lebih. Nah, kali ini saya mengerti. Pada titik ini sosok pelaku ingin mencari informasi jumlah saldo di rekening saya. langsung saja saya katakan, 4.200.000,-.

Kemudian sosok ini mengatakan bahwa secara prosedur saldo di rekening minimal harus 1 juta rupiah, 'saldonya harus minimal satu juta nak, coba kamu cari rekening siapa kawan kamu atau orang tua kamu. Pinjam saja, ini hanya formalitas' begitu katanya. Lantas sontak saya bertambah curiga, bagaimana tidak, sosok warek III tidak mungkin berbicara seperti itu.

Saya mengatakan bahwa saya tidak punya rekening dengan jumlah saldo seperti itu. Rekening orang tua saya ada, tapi saya harus ngomong dahulu dengan mereka. Kemudian saya dipaksa 'pinjam saja nak, komunikasi ini tidak boleh terputus karena ini direkam. Pinjam saja sebentar, ini demi almamater nama baik Universitas kita' paksanya. Saya pun bingung saya harus apa? tidak mungkin juga saya harus mengambil rekening orang tua yanpa komunikasi dahulu.

'Nak, ini beneran saya bapak Syamsul Rijal. Ini bukan permainan, ini benar-benar saya. Astaghfirullah hal 'adjim (logat jawa)'. Jadi pak Syamsul kenapa berlogat Jawa ya? tapi lagipun saya juga tidak pernah mendengan suara asli beliau. Kemudian sosok yang mengaku Bapak Syamsul Rijal beristighfar berulang kali.

Karena saking bingunnya saya, akhirnya saya matikan HP-nya. Saya penasaran, apakah ini hanya penipuan dan apakah benar ini pak Syamsul Rijal? kalau iya saya sudah menyianyiakan kesempatan ikut seminar di Jawa. Tapi kenapa aneh ya?. Yang saya ketahui jika ada pemberitahuan seperti ini setidaknya ada surat pemberitahuan. Dan juga tidak langsung serta merta Warek III yang menelpon mahasiswa yang dituju. Selain itu juga cara berbicaranya yang tidak berwibawa juga membuat saya tambah yakin jika ini penipuan.

Tak berhenti sampai disitu. Saya harus mendapatkan klarifikasi dari beliau langsung. Beruntung kawan saya sudah berteman di facebook dengan beliau. Dan menanyakan kebenanarannya, dan berikut klarifikasi dari Bapak Syamsul Rijal.
banyak informasi seperi itu kpd saya juga ada dalam modus lain harus ada kehati hatian pesan penipuan ... apalagi mhs UIN, sementara saya juga di UIN
Dan akhirnya terbongkar sudah aksi ini hanya sebuah penipuan dan kemudian langsung saya posting disini. Mungkin disana sudah banyak calon korban dari aksi ini. Saya juga mengajak kawan-kawan untuk lebih berhati-hati lagi. Kenali modus penipuan. Demikian singkat jabaran kejadian yang saya alami beberapa jam yang lalu, walaupun tidak tertulis semua dengan lengkap tapi ini menurut saya sudah memadai.

Jika anda mengalami kejadian yang sama mari ceritakan ke kami dengan mengirim ke akhiyzulfan.a@gmail.com dan jangan lupa untuk mengkonfirmasi melalui 085359879916 atau Pin 759EE9C0. Cerita anda akan kami posting di IndoINT.com. Atau anda juga dapat menulisnya di kolom komentaf dibawah ini. Bagaimana pendapat anda tentang  Penipuan Yang Mengatasnamakan Bpk.Syamsul Rijal (Warek III UIN Ar-Raniry) ini? sampaikan unek-unek anda di kolom komentar dibawah ini.

Sumber http://www.zulfanafdhilla.com/

Belum ada Komentar untuk "Hati-Hati Penipuan Yang Mengatasnamakan Bpk.Syamsul Rijal (Warek III UIN Ar-Raniry)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel