3 TEKNIK DASAR DRIBBLING BOLA BASKET

Dribbling atau menggiring bola adalah kemampuan yang harus dikuasai oleh pemain bola basket untuk memenangkan pertandingan. Kemampuan dribbling adalah kemampuan individu. Ini sangat menunjang bagi sebuah tim untuk bekerja sama dan dapat menguasai bola dalam pertandingan bola basket. Ada tiga tujuan seorang pemain bola basket melakukan dribbling;

1. Untuk membawa bola ke depan

2. Untuk membobol pertahanan lawan

3. Untuk menyelamatkan bola dari lawan

Adapun untuk latihan mendribbling bola basket yang baik diperlukan suatu teknik dasar yang benar. Berikut ini 3 teknik dasar dribbling bola basket:

Bagian 1. Latihan Dasar Dribbling
  1. Dribbing bola basket adalah dilakukan dengan jari-jari tangan, bukan dengan telapak tangan. Cara memantulkan bola dengan menyentuh bola dengan ujung-ujung jari dan bukan dengan menampar. Kontrolah pantulan bola dengan baik serta jaga keseimbangan badan agar dapat memainkan dribbling bola dengan tenang tanpa kehilangan keseimbangan badan. 
  2. Sikap badan ketika melakukan dribbling adalah seperti orang duduk di kursi, namun badan dan kepala dalam posisi tegak. Jangan terlalu condong ke depan seperti orang yang mau mengambil sesuatu di lantai. Bukalah kaki selebar bahu. Pantulkan bola dengan ujung-ujung jari yang terbuka lebar. Pantulan jangan terlalu tinggi. Jaga keseimbangan tubuh.
  3. Bagi pemula atau yang masih pertama melakukan latihan dribbling, pandangan mata boleh mengarah pada bola. Setelah lancar dalam mendribble bola pandangan tidak boleh melihat bola. Anda harus selalu mengawasi sekitar anda agar dapat terhindar dari musuh yang akan merebut bola. Pantulkan bola dengan santai kemudian mulailah dengan berjalan ke depan sambil memantul-mantulkan bola di lantai. Mulailah dengan pelan-pelan kemudian dipercepat. Lakukan latihan ini sampai anda hafal dengan ketrampilan mendribbling bola basket.
  4. Pada saat mendribble bola, konsentrasikan diri untuk mengontrol bola. Kendalikan bola agar bola tidak semakin jauh dari anda yang akibatnya anda tidak dapat mengendalikan lagi. Jagalah bola dengan memposisikan telapak tangan dan jari-jari anda saat bola memantul ke atas dan kembali lagi ke bawah dengan dorongan telapak tangan dan jari-jari anda. 
  5. Berlatihlah mendrible bola dengan pantulan rendah. Ini bermanfaat untuk membawa bola menerobos pertahanan lawan. Pantulan bola yang rendah dan cepat akan sulit untuk direbut oleh lawan. Namun jangan menggiring bola terlalu rendah, sampai anda harus membungkukkan badan, karena ini akan menyulitkan anda sendiri. Titik pantulan bola rendah adalah kira-kira setinggi pinggang.
Bagian 2 : Menggiring Bola di Lapangan Bola Basket
  1. Pada bagian dua ini anda berlatih mendribbling bola sambil melihat situasi di sekitar anda. Selama mendribbling bola anda harus memperhatikan posisi teman anda satu tim, memperhatikan posisi musuh dan mencari ruang kosong dimana anda dapat menerobos masuk ke daerah lawan untuk memasukkan bola ke keranjang. Latihan serius adalah satu-satunya cara untuk mendapatkan kepercayaan diri dalam kemampuan dribbling Anda. Ketika Anda bermain basket, Anda tidak bisa membuang-buang waktu dengan fokus pada hal-hal kecil teknik dribbling Anda. Dribbling harus sifat kedua - Anda harus mampu untuk "percaya" bahwa bola akan kembali ke tangan Anda tanpa melihatnya.
  2. Anda harus Sadar, ketika Anda dribbling selama pertandingan, cara Anda mendribel bola harus berubah berdasarkan posisi pemain dan kondisi di sekitar Anda. 
  3. Memposisikan tubuh Anda antara bek dan bola. Hal ini dilakukan ketika anda dicegat oleh bek atau pemain bertahan musuh dan mereka ingin mencuri bola dari tangan anda. Dalam situasi ini anda dapat melindungi bola dengan cara memposisikan badan anda antara bola dan pemain lawan yang akan merebut bola. Hal ini dapat anda lakukan untuk mengamankan bola. Lawan tidak boleh mendorong anda dari belakang karena itu adalah suatu pelanggaran. 
  4. Jangan berhenti ketika mendribble bola basket . Dalam permainan basket, pemain ofensif diperbolehkan untuk memulai dan menghentikan giringan mereka hanya sekali setiap kali mereka memiliki bola. Jika Anda berhenti dribbling, pilihan Anda adalah mengoper bola dan menembak bola.
  5. Anda harus tahu kapan harus mengoper bola. Ini penting untuk dilakukan kerena membawa bola ke depan tidak harus melalui cara mendribbing. Cara mendribble dilakukan jika memungkinkan, namun jika pertahanan lawan sangat ketat dan harus mengoper bola maka pemain harus mengambil tindakan terbaiknya. Karena permainan bola basket adalah permainan tim dan bukan permainan individu. 
  6. Hindari dribbling pelanggaran. Ada aturan-aturan dasar tertentu yang menentukan cara Anda menggiring bola di basket. Anda harus tahu aturan ini! Pelanggaran dribbling dapat mengakibatkan penalty. Macam macam pelanggaran dalam mendribbling bola basket antara lain:
  • Traveling: Yaitu bergerak dengan bola tanpa dribbling. Yang termasuk pelanggaran traveling adalah : 1) Mengambil langkah tambahan, melompat, hop, atau menyeret kaki Anda, 2) Membawa bola saat Anda berjalan atau berlari, 3) Memindahkan atau mengubah kaki pivot Anda (set kaki) ketika stasioner.
  • Dribble ganda: Yang termasuk dribbling ganda adalah: 1) Dribbling dengan kedua tangan secara bersamaan, 2) Dribbling, menghentikan dribble Anda (menangkap atau menahan bola), dan kemudian mulai menggiring bola lagi. Penangkapan bola dengan satu tangan dan kemudian terus menggiring bola (tanpa menghentikan gerakan dribbling). Tangan Anda membuat kontak dengan bagian bawah bola, kemudian membalik bola melewati dalam tindakan dribbling.
Bagian 3: Latihan Lanjutan Teknik Dasar Dribbling Bola Basket
  1. Mempraktekkan "Crossover" teknik. A "Crossover" adalah teknik dribbling yang digunakan untuk mengacaukan dan menyesatkan bek. Pemain menggiring bola di depan tubuhnya, memindahkannya antara tangan dalam bentuk "V". Dengan "menjual" nya gerakan, pemain bisa mendapatkan bek untuk bergerak ke arah bola sementara itu di satu tangan, lalu cepat-cepat menyeberangi bola ke sisi lain, yang memungkinkan pemain untuk cepat menggiring bola di sekitar bek atau mengoper bola.
  2. Latihan mendribble bola di belakang punggung. Ketrampilan ini berguna untuk mengecoh pemain bertahan lawan agar tidak dapat merebut bola. 
  3. Latihan dribbling antara kaki Anda. Yaitu menggiring bola diantara kedua kaki bahkan melewati slakangan. Cara ini sering dilakukan oleh pemain-pemain bola basket yang sudah mahir yang tujuannnya agar lawan atau pemain bertahan musuh tidak dapat merebut bola dari tangan anda.

Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Belum ada Komentar untuk "3 TEKNIK DASAR DRIBBLING BOLA BASKET"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel