Macam-Macam Teknik Dasar Tenis Meja

Pada dasarnya teknik dasar permainan tenis meja dapat dibagi menjadi empat. Yaitu; 1. Teknik memegang bet (grip), 2. Teknik siap sedia (stance), 3. Teknik gerakan kaki (footwork), dan 4. Teknik pukulan (stroke).

Penjelasan masing-masing teknik adalah sebagai berikut:

1. Teknik memegang bet (grip). 
Dalam permainan tenis meja, cara memegang bet adalah sesuatu yang sangat penting. Secara garis besar cara memegang bet dapat di bagi menjadi dua,

  • (shakehand grip) pegangan seperti berjabat tangan. Pegangan ini sangat popular terutama dinegara-negara eropa atau di Negara-negara barat. Kelebihan pegangan ini adalah pemain dapat menggunakan kedua sisi bet.
  • (penholdgrip) pegangan seperti memegang pena. Penhold grip dikenal sebagai pegangan asia, karena cara memegang bet seperti ini banyak digunakan oleh orang asia terutama di China. Meski pegangan penhold grip di kenal sebagai pegangan asia, namun banyak juga orang asia yang menggunakan pegangan shakehand grip atau pegangan jabat tangan. Pada pegangan penhold grip hanya satu sisi bet yang dapat digunakan.

2. Latihan Teknik Siap Sedia (stance)
Stance berarti posisi kaki, badan, dan tangan pada saat menunggu bola atau saat memukul bola. Ada dua macam stance utama yang biasa digunakan pada tenis meja, yaitu;

  • Square stance. Adalah posisi badan menghadap penuh ke meja. Biasanya posisi badan ini digunakan untuk menerima servis dari lawan atau siap kembali setelah menerima pukulan dari lawan. Dengan satu langkah pukulan ke samping kiri, kanan, atau ke depan, ke belakang, dan gerakan diagonal. Posisi badan yang benar bertujuan agar pemain dapat mengembalikan setiap bola yang dating dari lawan.
  • Side stance. Adalah posisi badan menyamping, baik ke samping kiri maupun ke samping kanan. Pada side stance jarak antara bahu ke meja atau ke net lebih dekat. Misalnya untuk pukulan fore hand, bahu kiri dan kaki kiri harus lebih dekat dengan meja. Sebaliknya stance untuk pukulan back hand bagi pemain tangan kanan, bahu kanan beserta tangan kanan harus dekat dengan meja. 
3. Latihan Teknik Gerakan Kaki (footwork). 
Pada dasarnya, teknik gerakan kaki pada permainan tenis meja dibedakan untuk permainan nomor ganda dan nomor tunggal. Teknik gerakan kaki yang digunakan pada nomor tunggal otomatis digunakan dalam nomor ganda. Jika dilihat dari banyaknya langkah, untuk tunggal dapat dibedakan menjadi satu langkah, dua langkah dan tiga langkah atau lebih. Arah pergerakannya bias ke depan, ke belakang, samping kiri, samping kanan, atau diagonal.

Penggunaan langkah disesuaikan dengan jarak yang harus ditempuh dan bola yang dating kepada pemain. Jika jaraknya sangat dekat, mungkin tidak perlu melangkahkan kaki, atau hanya perlu satu langkah saja. Jika bola yang dating jaraknya jauh dengan pemain harus dicapai dengan beberapa langkah.

4. Teknik Pukulan
Terdapat beberapa teknik pukulan dasar dalam permainan tenis meja. Antara lain; 1) Push, 2) Drive, 3) Block, 4) Chop, 5) Service. Kelima jenis pukulan tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut;

  • Push. Adalah teknik memukul bola dengan gerakan mendorong dan sikap yang terbuka. Push biasanya digunakan untuk mengembalikan pukulan Push dan pukulan Chop lawan
  • Drive. Adalah teknik pukulan yang dilakukan dengan gerakan bet dari bawah serong ke atas dan sikap bet tertutup. Drive dapat digunakan sebagai pukulan serangan atau dapat juga kita control sesuai keinginan.
  • Block. Adalah teknik memukul bola dengan gerakan menghentikan atau membendung bola dengan sikap bet tertutup. Block biasanya digunakan untuk mengembalikan bola drive atau bola dengan putaran atas (top spin).
  • Chop. Adalah teknik memukul bola dengan gerakan menebang dengan kapak atau disebut juga gerakan membacok. Pukulan chop dapat digunakan untuk mengembalikan pukulan bola yang bermacam-macam.
  • Service. Adalah gerakan memukul bola pertama dalam permainan dengan cara melambungkan terlebih dahulu bola ke atas minimal 10 cm. Kemudian dipukul. Dan bola harus melewati atas net dan akhirnya memantul dimeja lawan.

Keempat teknik tersebut di atas adalah teknik dasar yang harus dikuasai oleh para pemain tenis meja. Tingkat kemahiran seseorang dalam permainan tenis meja adalah tergantung dari seberapa rajin mereka melakukan latihan. Latihan harus menggunakan teknik yang benar. Penggunaan teknik yang benar dalam latihan tenis meja dapat meningkatkan kemampuan seorang pemain tenis meja. Setelah seseorang dapat menguasai teknik dasar dengan trampil dan benar. Barulah dia dapat belajar strategi permainan untuk dapat memenangkan setiap pertandingan.


Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Belum ada Komentar untuk "Macam-Macam Teknik Dasar Tenis Meja"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel