Macam-Macam Manfaat Jambu Biji Untuk Kesehatan Tubuh

Jambu Biji (Psidium guajava) adalah tanaman tropis yang berasal dari Brazil. Jambu biji disebut juga dengan Jambu batu  atau jambu klutuk. Tanaman Jambu Biji masuk ke Indonesia  melalui Thailand. Jambu biji memiliki buah yang berwarna hijau dengan daging buah berwarna putih atau merah dan berasa asam-manis. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa Buah jambu biji memiliki kandungan vitamin C yang paling tinggi dibandingkan dengan buah yang lain.

Di Indonesia, tanaman jambu biji dapat tumbuh subur di mana saja. Bisa kita tanam di depan rumah, di pekarangan belakang rumah, bahkan walaupun tidak di tanam kita bisa menemukan di sekitar rumah atau di dekat sungai. Jambu biji yang dulunya tidak laku dijual, kini setelah diketahui banyak manfaatnya untuk kesehatan. Sekarang dapat kita temukan banyak dijual di pedagang-pedagang buah di pinggir jalan.

Dari berbagai sumber menyebutkan beberapa manfaat jambu biji untuk kesehatan tubuh antara lain:

  1. Jambu Biji Bemanfaat Untuk Antioksidan . Jambu biji mengandung Vitamin C tinggi yang bertindak sebagai antioksidan. Selain itu, vitamin C juga dibutuhkan untuk sintesis kolagen dalam tubuh. Kolagen adalah protein struktural utama dalam tubuh manusia, yang diperlukan untuk menjaga integritas pembuluh darah, kulit, organ, dan tulang. Senyawa antioksidan kuat lainnya dalam jambu biji adalah polivenol dan flavonoid seperti beta karoten, likopen, lutein dan cryptoxanthin. Senyawa-senyawa antioksidan tersebut terkait dengan pengurangan resiko kanker tertentu, dan pencegahan dampak kerusakan sel akibat radikal bebas. 
  2. Meningkatkan imunitas tubuh. Jambu adalah buah yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Sebab jambu mengandung vitamin C tinggi yang bisa mencegah tubuh Anda dari serangan berbagai penyakit.
  3. Anti-tumor dan anti-inflamasi. Kandungan lycopene di dalam jambu bermanfaat sebagai zat anti-inflamasi dan mencegah pertumbuhan tumor.
  4. Mencegah kanker. Karena jambu biji mengandung zat antioksidan yaitu flavonid dan fitonutrien, maka buah ini efektif untuk mencegah kanker. Kandungan vitamin C dosis tinggi di dalamnya juga bermanfaat untuk menetralkan radikal bebas penyebab kanker.
  5. Menjaga tekanan darah. Jambu biji memiliki manfaat mengagumkan untuk menjaga tekanan darah. Sebab jambu biji mengandung kalium yang bermanfaat untuk melindungi tubuh Anda dari pengaruh eksternal yang bisa merusak kesehatan tekanan darah. Senyawa lainnya yang tak kalah penting yang banyak terdapat dalam jambu biji adalah elektrolit yang bernama Kalium. Kalium bermanfaat untuk membantu menjaga tekanan darah tinggi dengan meredam dampak dari natrium
  6. Mencegah penuaan dini. Kandungan zat antioksidan tinggi dalam jambu mampu menetralkan radikal bebas dan mencegah terjadinya stres oksidatif penyebab penuaan dini.
  7. Baik untuk penderita diabetes. Kandungan serat dalam jambu biji berfungsi sebagai obat alami bagi penderita diabetes. Selain itu secara medis, buah ini juga terbukti untuk mencegah lonjakan gula.
  8. Menyehatkan kulit. Jambu biji mengandung vitamin A, nutrisi yang penting untuk meningkatkan kesehatan kulit. Buah ini juga bermanfaat untuk mengeluarkan antioksidan yang bisa membuat kulit Anda terlihat segar kembali.
  9. Mendukung kesehatan mata. Kandungan vitamin A dalam jambu biji sekali lagi mampu mencegah infeksi mata dan penyakit mata. Jambu biji merah mengandung betakaroten dan Vitamin A tinggi, yang memiliki manfaat utama untuk menjaga kesehatan penglihatan yang baik. Manfaat yang sama pada umumnya bisa didapat dari makan makanan berwarna seperti wortel atau ubi jalar. Selain itu, vitamin A juga diperlukan untuk menjaga selaput lendir dan kulit. Mengkonsumsi buah-buahan alami yang kaya akan bekaroten juga dikenal akan melindungi kita dari masalah kanker paru-paru.
  10. Meningkatkan sistem pencernaan. Kandungan lycopene dalam jambu biji sangat baik dalam membantu meningkatkan kesehatan pencernaan. Jambu biji sangat tinggi akan kandungan Serat alami, dimana yang sangat penting untuk menurunkan kadar gula darah. Manfaat lain dari serat adalah untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan, yaitu dengan cara membantu melindungi selaput lendir usus dengan mengurangi waktu paparan racun, serta mengikat bahan kimia penyebab kanker di usus besar dan mengeluarkannya bersama limbah.
  11. Menambah Jumlah Hemoglobin darah. Jambu biji mengandung vitamin E, K, folat, niasain, mangan, tembaga, magnesium, dan asam panthothenic dimana semuanya bermanfaat untuk menambah jumlah sel darah merah Anda.
  12. Membantu kelenjar tiroid. Jambu biji mengandung mineral tembaga, yang sangat baik untuk menjaga fungsi dari kelenjar tiroid. Terganggunya fungsi kelenjar tiroid bisa menyebabkan banyak masalah kesehatan serius. 
  13. Membantu penyerapan nutrisi. Jambu biji kaya akan mineral yang disebut mangan, dimana yang penting untuk membantu tubuh menyerap nutrisi penting lain dari makanan. Kecukupan asupan gizi tubuh kita juga dipengaruhi oleh kualitas penyerapan mereka dari makanan yang kita makan. 
  14. Manfaat Relaksasi. Jambu biji kaya akan magnesium, yang juga berguna sebagai relaksan. Hal ini membantu untuk mengendurkan otot dan saraf tubuh. Jadi setelah kita bekerja kerja keras, jus jambu biji adalah yang Anda butuhkan untuk mengendurkan otot dan memberikan dorongan energi yang bagus.
  15. Meningkatkan Senyawa Nutrisi yang baik untuk saraf dan membantu menjaga fungsi otak. Vitamin B3 da B6 berguna untuk membantu menjaga fungsi otak dengan cara menjaga aliran darah yang baik. Vit B6 atau pyridoxine adalah senyawa nutrisi yang baik untuk saraf, yang membantu membuat saraf Anda rileks.

Manfaat Jambu Biji Untuk Kulit

Kandungan vitamin C dalam buah jambu biji sangat tinggi, sehingga baik untuk kesehatan kulit. Pulp jambu biji sering digunakan dalam pembuatan lotion untuk wajah dan tubuh. Manfaat jambu biji untuk kulit adalah sebagai berikut .
  1. Meningkatkan kulit Wajah : Untuk meningkatkan kebaikan kulit wajah, Anda dapat membuat scrub jambu sederhana di rumah. Untuk keperluan ini, ambil daging beberapa jambu biji kemudian dieskstrak/blender dan dicampur dengan kuning telur. Pergunakan pada wajah secara merata, dan bilas setelah 20 menit dengan air hangat. Jika digunakan sekali atau dua kali seminggu, scrub alami ini akan menghilangkan sel-sel mati dan meringankan kulit Anda.
  2. Perlindungan kulit dari UV : Jambu biji Merah mengandung likopen 2,9 mg atau dua kalinya dari yang terdapat dalam tomat. Likopen adalah antioksidan yang berguna untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV dan polusi lingkungan. Satu buah jambu menyediakan sekitar 2,9 gram likopen .
  3. Anti penuaan : Vitamin A , B , C dan kalium yang banyak ditemukan dari jambu merah biji merupakan antioksidan dan pendetoks yang baik. Manfaat ini akan menjaga kulit tetap segar dan cerah serta bebas dari tanda-tanda penuaan dini seperti keriput dan garis-garis halus. Selain itu, likopen juga memiliki fungsi melindungi sel yang sehat dari racun sisa metabolisme dan pencemaran yang menumpuk dalam tubuh. Racun-racun ini menyebabkan penuaan dini dengan cara merusak DNA.
  4. Toner Kulit  alami: Konsentrasi nutrisi seperti vitamin dan mineral yang tinggi dalam jambu biji efektif untuk meningkatkan tekstur kulit, mengencangkan kulit kendur dan menghidupkan kembali elastisitas kulit yang hilang. Dengan demikian membantu menjaga kulit kita agar tetap kencang, segar dan bebas kerut. Kualitas astringent jambu juga akan menjaga kulit kita terbebas dari flek, jerawat, dan keriput . Mencuci wajah dengan rebusan buah jambu biji yang mentah beserta daunnya bisa mempercantik kulit wajah Anda.
  5. Pengobatan Masalah Kulit : Satu buah jambu menyediakan dua kali lebih banyak vitamin C dari nilai harian yang direkomendasikan. Vitamin ini juga berkontribusi untuk meregenerasi kolagen (substansi yang memberikan ketegasan pada kulit), sehingga sangat baik untuk menyembuhkan berbagai masalah kulit. Selain itu, buah ini juga menyediakan sekitar 1,4 mikrogram vitamin K, yang bermanfaat untuk meningkatkan pembekuan darah. Penurunan ini bisa menyebabkan kulit menjadi kemerahan dan iritasi. Manfaat pengobatan lain termasuk membantu menghilangkan lingkar hitam, Rosaceae, iritasi jerawat dan bintik hitam.

Manfaat Jambu Biji Untuk Kesehatan Rambut

Telah dikatakan diatas jika Jambu biji adalah sumber nutrisi termasuk vitamin A, vitamin C, Vitamin B, kalium, tembaga, mangan, serat, flavonoid dan lainnya. Dengan demikian juga sangat bermanfaat bagi kesehatan rambut, pertumbuhan rambut dan  mengatasi masalah rambut rontok.

Mengandung Vitamin B Kompleks

Buah ini juga merupakan sumber vitamin B kompleks yang cukup baik, seperti asam pantotenat, niasin, dan vitamin B6. Vitamin B kompleks memiliki banyak manfaat yang berbeda bagi kesehatan tubuh.

 adalah tanaman tropis yang berasal dari Brazil Macam-Macam Manfaat Jambu Biji Untuk Kesehatan Tubuh


Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Belum ada Komentar untuk "Macam-Macam Manfaat Jambu Biji Untuk Kesehatan Tubuh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel