7 Tips Unik Untuk Pola Hidup Sehat

Sehat sampai akhir hayat adalah dambaan setiap orang. Usaha untuk memelihara kesehatan tidak akan berhasil jika tidak ada perubahan sikap, mental, dan prilaku. Dari berbagai macam penyakit yang ada saat ini, sumbernya akibat dari pola hidup yang keliru. Jika kita menjalani pola hidup yang baik dan benar, insyaAllah penyakit akan jauh dari kita.

Pola hidup yang kita jalani sekarang ini akan berpengaruh terhadap kondisi jasmani kita pada saat sekarang dan masa yang akan datang.  Kebiasaan sehat yang anda lakukan mulai hari ini, akan memiliki manfaat untuk hari ini dan dimasa depan. Sebaiknya tidak usah menunda-nunda waktu lagi, marilah kebiasaan dan pola hidup sehat itu dimulai dari sekarang.

Keberhasilan seseorang dalam menjalani pola hidup sehat tidak lepas dari sikap disiplin. Memiliki visi dan disiplin yang tinggi merupakan langkah awal untuk mendapatkan kesehatan yang berkelanjutan di masa mendatang. Terlalu banyak jika kita sebutkan semuanya bagaimana kebiasaan sehat yang musti kita jalani untuk menuju pola hidup sehat. Berikut ini saya sebutkan 7 kebiasaan yang dapat mengarahkan kita kepada pola hidup sehat:

  1. Selalu konsiten untuk menjaga kebersihan, yaitu kebersihan diri dan lingkungan, kebersihan makanan, kebersihan tangan saat akan memegang makanan. 
  2. Senang berolahraga atau gerak badan. Rajin berolahraga dapat mengembangkan tingkat kebugaran seseorang. Jantung menjadi lebih sehat dan peredaran darah menjadi lebih lancar. Sehingga dapat menambah system kekebalan tubuh terhadap penyakit.
  3. Memperhatikan menu makanan yang dikonsumsi setiap hari. Sudahkah memenuhi gizi yang seimbang? Jika dulu disebut dengan empat sehat lima sempurna. Sekarang diganti dengan gizi berimbang. Menyediakan menu dengan gizi yang berimbang tidak harus dengan yang mahal-mahal. Misalnya lauk pauk tidak harus daging, tapi bias diganti dengan ikan asin. Buah tidak harus buah pir, namun bias diganti dengan pisang. Dan lain sebagainya.
  4. Selalu punya motivasi untuk mempraktikkan gaya hidup sehat setiap hari. Bagi yang sudah mempraktikkan pola hidup sehat, selalu ingin terus mempertahankannya.
  5. Mudah menerima saran dari orang lain. Terutama bila saran itu relevan dan bersifat membangun untuk pola hidup sehat, dia selalu menanggapi dengan positif tanpa ada perasaan tinggi hati atau merasa lebih pandai dari yang lain
  6. Suka mengikuti perkembangan ilmu kesehatan. Dalam hal ini misalnya suka membaca buku, majalah, atau media yang lain yang menerangkan tentang pengembangan kesehatan dan kebugaran.
  7. Berfikir bahwa Pola hidup sehat adalah untuk mendapatkan tubuh yang lebih fit, bugar dan semakin sehat setiap saat. Bagi yang mempunyai berat badan di atas ideal, Jangan selalu berfikir untuk penurunan berat badan. Karena yang namanya pola hidup sehat adalah bertujuan untuk mendapatkan tubuh yang lebih fit, bugar dan semakin sehat setiap hari dan setiap waktu.

Manusia adalah satu kesatuan yang utuh antara jasmani dan rohani, dan mental yang saling terkait dan tak dapat dipisahkan sehingga apa yang mempengaruhi pikiran juga mempengaruhi jasmaninya. Kondisi kerohaniahan kita juga berpengaruh terhadap kesehatan jasmani kita. Begitu juga sebaliknya. Sebagai contoh. Orang yang hidupnya berbahagia mempunyai system kekebalan tubuh yang bagus disbanding dengan orang yang mempunyai masalah. Kita dapat menolong tubuh kita dari ancaman penyakit, yaitu dengan kegembiraan. Ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang erat antara pikiran seseorang dan tubuh.


Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Belum ada Komentar untuk "7 Tips Unik Untuk Pola Hidup Sehat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel