Latihan Koordinasi Gerakan Renang Gaya Bebas

Latihan koordinasi gerak renang gaya bebas adalah latihan yang terpadu dari semua unsur gerak yang ada dalam renang gaya bebas. Yaitu mulai dari gerakan meluncur yang dilanjutkan dengan gerakan kaki, gerakan lengan, dan gerakan pernapasan dengan seksama, sehingga terwujudlah suatu renang gaya bebas yang baik. Yang terpenting dalam gerakan renang gaya bebas adalah koordinasi gerakan. Ini merupakan pengatur keseimbangan dan tenga penggerak atau pendorong.

Dalam renang gaya bebas lengan dan kaki tidak bekerja sendiri-sendiri, irama gerakan kaki harus disesuaikan dengan irama gerakan lengan. Pada gaya bebas ada beberapa macam gerakan koordinasi yang dihitung dari berapa kali gerakan kaki dalam suatu gerakan lengan lengkap kiri dan kanan. Ada perenang yang menggunakan dua kali pukulan, empat kali pukulan, enam kali pukulan, dan delapan kali pukulan. Namun yang paling umum sering digunakan adalah enam kali pukulan. Artinya setiap tiga kali (tiga pukulan) gerakan kaki satu kali gerakan lengan.

Bentuk-bentuk latihan koordinasi

Latihan diawali dari posisi berdiri di air, pada kedalaman setinggi dada. Lakukan luncuran dengan telungkup ke depan dan gerak dasar menarik tangan. Perhatian diarahkan pada ketepatan mengambil napas sambil melakukan gerakan lengan. Lakukan pengambilan napas dari sisi lengan yang melakukn gerakan. Buanglah napas saat  muka berada di dalam air. Usahakan jangan menahan napas terus-menerus.

Ada beberapa variasi yang dapat dilakukan dalam latihan koordinasi gerakan renang gaya bebas, yaitu:

  1. Lakukan latihan belajar di atas air/di permukaan air. Latihan ditekankan pada ketepatan mengambil napas dengan gerak lengan.
  2. Latihan dapat dilakukan dengan bantuan pelampung
  3. Setelah dapat melakukan gerakan di atas dengan baik. Lakukan latihan tanpa menggunakan pelampung.
  4. Lanjutkan latihan dengan gerakan kaki menendang
  5. Latihan awal dapat dilakukan di kolam dangkal. Setelah mahir, lakukan latihan di kolam yang dalam.
Rangkaian gerakan latihan koordinasi renang gaya bebas secara keseluruhan adalah terdiri dari:
  1. Posisi badan
  2. Gerakan kaki
  3. Gerakan lengan
  4. Gerakan pengambilan napas
  5. Dan rangkaian gerakan melepaskan napas
Itulah panduan yang perlu diketahui sebelum melakukan latihan renang gaya bebas. Ada baiknya sebelum anda latihan renang gaya bebas sebaiknya mengetahui terlebih dahulu bagaimana teori dalam renang gaya bebas, terutama koordinasi gerakannya.

Latihan koordinasi gerak renang gaya bebas adalah latihan yang terpadu dari semua unsur ge Latihan Koordinasi Gerakan Renang Gaya Bebas


Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Belum ada Komentar untuk "Latihan Koordinasi Gerakan Renang Gaya Bebas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel