CONTOH SILABUS EVALUASI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA SUNDA
SILABUS
1. IDENTITAS MATA KULIAH
Nama Mata Kuliah : Evaluasi Pendidikan Bahasa dan Sastra Sunda
Kode Mata Kuliah : DR 501
Bobot : 2 SKS
Semester/Jenjang : 5/S1
Kelompok Mata Kuliah : MKKP
Jurusan/Prodi : Pendidikan Bahasa Daerah
Status Mata Kuliah : Wajib
Prasyarat : Telah lulus MKKDP dan MKKBS,
Dosen : Drs. Usep Kuswari, M.Pd.
2. TUJUAN
Setelah menyelesaikan perkuliahan ini diharapkan mahasiswa Program Pendidikan Bahasa dan sastra Sunda memiliki kompetensi dalam merancang, menyusun, melaksanakan, dan melaporkan hasil evaluasi belajar serta menggunakannya untuk perbaikan pembelajaran.
3. DESKRIPSI
Mata kuliah Evaluasi Pendidikan ini merupakan salah satu Mata Kuliah Dasar Keahlian Pedagodik. Mata kuliah ini membahas materi perkuliahan yang mengarah kepada pembentukan pengetahuan dan keterampilan dalam evaluasi pendidikan bagi para calon guru.
Materi dasar yang dibahas adalah (1) konsep dasar evaluasi pendidikan bahasa, (2) peranan evaluasi pendidikan, (3) teknik-teknik konstruksi tes bahasa, (4) uji-coba tes hasil belajar, (5) pengolahaan hasil uji coba tes hasil belajar bahasa, (6) analisis tes hasil belajar, dan (7) pembakuan tes hasil belajar bahasa Sunda.
4. PENDEKATAN PEMBELAJARAN
Pendekatan : Ekspositori dan Komunikatif
Metode : ceramah, tanya jawab, diskusi, dan pemecahan masalah
Tugas : Laporan buku atau bab, penyusunan berbagai alat evaluasi
Media : OHP, LCD
5. EVALUASI
· Kehadiran (minimal 80%)
· Laporan buku
· Penyusunan Proposal Penelitian
· Penyajian dan diskusi
· Acuan : PAP/CRE 75% atau SKBM = B (2,75)
· Nilai Akhir :
6. RINCIAN MATERI PERKULIAHAN TIPA PERTEMUAN
Pertemuan ke- | Kompetensi Dasar | |
1 dan 2 | 1. Memahami konsep dan penerapan dasar-dasar pengukuran dan penilaian:
| |
3 dan 4 | 2. Memahami dan menerapkan konsep perencanaan penyusunan Evaluasi Hasil Belajar
Pembahasan metode penyusunan kisi-kisi evaluasi hasil belajar | |
5 dan 6 | 3. Memahami dan menerapkan konsep instrument evaluasi hasil belajar. · Pembahasan jenis tagihan dan intsrumen penilaian. · Pembahasan syarat-syarat penyusunan jenis tagihan dan instrument penilaian · Berlatih menyusun berbagai jenis tagihan dan bentuk instrument penilaian. | |
7 | · Pembahasan berbagai jenis instrument evaluasi. · Pembahasan bentuk-bentuk tes : objektif dan non-objektif · Pembahasan bentuk-bentuk soal objektif: Benar-Salah, Pilihan Ganda, Menjodokan, Isian Singkat · Pembahasan bentuk soal uraian (eseai) Berlatih menyusun berbagai bentuk soal tes hasil belajar. | |
8 | UTS | |
9 | Menyusun intrumen penilaian berbagai kompetensi atau indicator pencapaian hasil belajar
| |
10 dan 11 | Mengolah hasil evaluasi
Berlatih mengolah skor menjadi nilai standar | |
12 dan 13 | Memahami dan menerapkan konsep mutu alat evaluasi hasil belajar
| |
14 | · Menyusun laporan hasil evaluasi hasil relajar · Pengisian rapor · Pelaporan tingkat ketuntasan belajar · Pelaporan hasil analisis tingkat keterpahaman dan ketuntasan | |
15 | Memahami cara pemanfaatan hasil evaluasi untuk perbaikan pembelajaran | |
16 | UAS | |
7. DAFTAR BUKU
Arikunto, Suharsimi. 1984. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Yogyarakta: PT Bina
Aksara.
Gronlund, Norman E. (1985) Meassurement and Evaluation. 5 th ed. New York :
Mcmillan Publishing Company, Inc.
Nurgiyantoro, Burhan (1988). Penilaian dalam Pendidikan Bahasa dan Sastra. Yogyakarta :
YPPE
Popham, W, James. 1978. Evalution in Education: Current Applications. Los
Angeles: University of California
Puwanto, M. Ngalim. 2001. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran.
Ross, C.C. and Stanley, Julian C. 1954. Measurument in Today Schools. 3rd ed. New
Belum ada Komentar untuk "CONTOH SILABUS EVALUASI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA SUNDA"
Posting Komentar