CONTOH KARYA TULIS TENTANG DAMPAK BERMAIN GAME BAGI PELAJAR

DAMPAK BERMAIN GAME BAGI PELAJAR

  

ABSTRAK
     
       Karya Ilmiah yang berjudul “Dampak Bermain Game Bagi Pelajar “.
Dalam karya ilmiah ini, terdapat banyak para remaja senang meluangkan waktunya untuk bermain game, dari pada  melakukan aktivitas yang bermanfaat.Tujuan penulisan karya tulis ilmiah ini adalah untuk memberitahukan  kepada pelajar – pelajar yang nantinya akan menjadi penerus bangsa.  Bahwa bermain game itu bukanlah hal yang baik apabila  untuk di jadikan kebiasaan karena, bermain game itu dapat menjadikan pelajar – pelajar malas dengan kewajiban - kewajiban yang harus di laksanakan. Metode yang kami gunakan  dalam karya tulis ilmiah adalah dengan teknik wawancara.
  
KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum wr. Wb
    Alhamdulillahirobbil’alamin, puji syukur kehadirat Allah swt. Atas rahmat dan hidayah-Nya yang diberikan sehingga penulisan hasil penelitian ini dapat diselesaikan. Penelitian dengan judul “Dampak Bermain Game Bagi Pelajar”.Dipersiapkan untuk mengikuti tugas ujian praktik Bahasa Indonesia.Dalam penyelesaian karya ilmiah ini, berkat bimbingan dan bantuan dari berbagai pihak, karya ilmiah ini dapat terselesaikan karena itu, peneliti mengucapkan terima kasih kepada:
1.DARIS WIBOWO M.Ag, selaku Kepala MTs  Muhammadiyah Tempurrejo.
2.AGUS SURONO S .pd, selaku Guru pembimbing dalam karya tulis ini.
3.Bapak dan Ibu Guru MTs Muhammadiyah Tempurrejo.
4. Orang tua kami yang banyak memberikan dukungan.
5.Narasumber dalam penelitian ini yang sudah memberikan  waktunya    untuk di wawancarai.
   Kami sadar, sebagai seorang pelajar yang masih banyak kekurangannya.Oleh karena itu, kami sangat mengharap adanya kritik dan saran yang bersifat positif,guna penulisan karya ilmiah yang lebih baik lagi di masa yang akan dating. Harap kami, semoga karya ilmiah yang sederhana ini, dapat memberi  manfaat .
                                            
                                                                                                 Tim Penulis

LEMBAR PENGESAHAN
   Karya tulis yang berjudul “Dampak Bermain Game Bagi Pelajar” telah di setujui dan di sahkan pada 14 Maret 2012.
 

Pembimbing I

AGUS SURONO S. p.d
NBM.1092472


Mengetahui
Plh . Kepala Madrasah

DARIS WIBOWO.M.Ag
NBM . 916728

  
                                                          DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL....................................................................................... i
LEMBAR PENGESAHAN............................................................................. ii
KATA PENGANTAR..................................................................................... iii     
DAFTAR ISI.................................................................................................... iv
ABTRAKSI...................................................................................................... v
BAB I. PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang ................................................................................ 1
B.     Rumusan Masalah............................................................................ 2
C.     tujuan Penelitian............................................................................... 2
D.    Manfaat Penelitian........................................................................... 2
BAB II. KAJIAN PUSTAKA
         A.Pengertian Game ................................................................................. 3
BAB III.METODE PENELITIAN
  1. Teknik Penelitian ................................................................................. 5
  2. Rancangan Waktu................................................................................. 5
  3. Sampel.................................................................................................. 5
  4. Instrumen Penelitian............................................................................. 5
  5. Prosedur Penelitian............................................................................... 5



BAB IV. DAMPAK BERMAIN GAME BAGI PELAJAR
  1. Dampak main game.............................................................................. 6
  2. Hasil penelitian..................................................................................... 6

BAB V PENUTUP
  1. Kesimpulan .......................................................................................... 7
  2. Saran .................................................................................................... 7
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
BIODATA PENELITI
BAB I
PENDAHULUAN
A.  LATAR BELAKANG
       Di zaman Globalisasi ini, para pelajar dari SD sampai SMA yang sangat di gemari adalah “Game”.Pada zaman dahulu game – game sudah ada tapi game yang tidak perlu mengeluarkan biya /  listrik.
Contoh game tradisional:main kelereng,main petak umpet, baksodor dan yang lainnya,dengan seiring perkembangan tahun, game – game tradisonalpun mulai di tinggalkan oleh kalangan pelajar.
Yang mereka gemari sekarang ini , adalah game –game  yang moderen seperti:Game Online, game yang di rental – rental yang di sebut plestesion, maupu game- game yang ada di Hp.Dan di tiap – tiap kota maupun desa, banyak terdapat tempat game, game online maupun plestesion.Dan akibat para pelajar yang serig bermai game – game moderen akan mwnjadikan pelajar menjadi malas  untuk melakukan kegiatan – kegiatannya sehari hari.
B. RUMUSAN MASALAH
     Dari latar belakang di atas, peneliti membuat rumusan masalah yang berisi sebagai berikut:
1.Apa pengertian game ?
2.Apa dampak dari bermain game bagi pelar ?
C. TUJUAN PENELITIAN`
    Kami meneliti ini, bertujuan untuk memberi motifasi kepada para pelajar yang sering bermain game moderen.
D. MANFAAT PENILITIAN
Agar para pelajar dapat mengetahui apa saja dampak dalam bermain game moderen.


BAB II
KAJIAN PUSTAKA
A.PENGERTIAN GAME

Di dalam KBBI Main berarti:melakukan permainan untuk menyenangkan hati . Dalam pengertian yang luas game berarti:”Hiburan”sementara game dapat di artikan :sebagai arena keputusan dan aksi pemainnya andang ismail (2009:26)menuturkan bahwa  permainan ada 2 pengertian yaitu:
1.Permainan adalah sebuah aktivitas bermain yang murni mencari kesenangan tanpa mencari menang / kalah.
2.Pemain adalah sebagai aktivitas bermain yang di lakukan dalam rangka mencari kesenangandan kepuasan .
> Menurut Kimpraswil (dalam As’adi Muhammad 2009:26)
Mengatakan bahwa definisi permainan adalah : usaha oleh diri (oleh pikiran dan oleh fisik) yang sangat bermanfaatbagi peningkatan dan
pengembangan motivasi, kinerja, dan prestasi dalam melaksanakan tugas dan kepentingan organisasi dengan lebih baik.
>Menurut  Joan Fream dan Utami munadar(dalam andang ismail2009:27) mendefinisikan permainan sebagai suatu aktivitas yang membantu anak mencapai perkembangan yang utuh, baik fisik intelektual, social, moral dan emosional.
> Menurut Hans Daeng(dalam andang ismail, 2009:17) sebagian mutlak dari kehidupan anak dan permainan merupakan bagian integral dari proses pembentukan kepribadian anak.
> Sejarah  dari game yang pertama muncul dari ATARI 2.600 merupakan console game yang sukses di masanya di rilis pada Oktober 1977 game elektronik pada generasi ke 2 muncul ATARI 7800 konsol di rilis pada juni 1986.Game berasal dari kata bahasa inggris yang memiliki arti :dasar permainan. Permaina dalam hal menuju pada pengertian “kelincahan intelektual”.
Di dalam WIKIPEDIA  BAHASA INDONESIA, “Permainan” adalah sebuah aktivitas rekreasi dengan tujuan bersenang – senang, mengisi waktu luang.
  
BAB III
METODE PENELITIAN
A.Teknik Penelitian
     Teknik yang di gunakan dalam penelitian ini adalah dengan wawancara, wawancara adalah:suatu cara untuk mengumpulkan data dengan mengajukan pertanyaan langsung kepada seorang informan atau seorang autoritas atau seorang ahli yang berwewenang dalam suatu masalah .
B. Rancangan Waktu
       1.Massa Persiapan                             :21 -  28 Januari 2012
       2.Massa Penelitian Lapangan           :20  -  21Februari 2012.
       3.Massa Pengolahan Data                :8  - 15 Februari 2012.
       4.Massa Penyusun  Laporan            :16 - 23 Februari 2012.
C. Sampel
    Jumlah sempel penelitian kami, 8 orang pelajar MIM dan MTsM Tempurrejo.
D.Instrumen Penelitian
    Istrumen Penelitian ini, kami melakukan pertama kali berupa pertanyaan – pertanyaan yang berkaitan dengan permainan game.
E. Prosedur Penelitian
       1. Membuat daftar pertanyaan
       2. Lngkah selanjutnya wawancara
        3. Mencatat hasil wawancara.

BAB IV
DAMPAK BERMAIN GAME
A.Dampak Bermain Game

     Dampak yang akan dirasakan bagi pemain  game :
       1.Iama kelamaan mata akan terasa sakit
       2.Kepala akan terasa pusing
       3.Kaki akan terasa sakit (kesemutan)
      4. Leher terasa sakit 
B.Hasil Penelitian
Para pelajar yang kami wawancarai kebanyakan sering sekali bermain game hanya satu yang menjawab tidak pernah dari 10 sempel yang kami wawancarai rata-rata mereka bermain sampai  2 jam, perjamnya mereka harus mengeluarkan uang Rp 2000.00 / jam ada juga yang mengaku bermain sampai 4 jam mereka mengatakan bahwa  bermai game itu sangat ngasyikkan dan  untuk hiburan karena  mereka merasa bosan di rumah, orang tua mereka tidak melarang mereka untuk bermain game. Mereka bermain game 1 minggu sekali, 1 bulan  2 kali. Setelah bermain game tidak merasakan keluhan apapun tetapi, ada juga yang Merasakan pegal – pegal ataupun matanya sakit karena, terlalu lama bermain game, Mereka biasanya bermain game
di rental game dekat dengan rumah mereka, uang di digunakan untuk bermain
       game biasanya dari orang tua mereka ataupun mereka mengumpulkan uang saku mereka, game yang sering di mainkan oleh para pelajar adalah: sepak bola, gitar hero, balap mobil.
6
BAB V
PENUTUP
A.Kesimpulan.
         Dari uraian diatas ,kita sebagai pelajar jangan terlalu sering bermain              
Game, walaupun ada  game yang  dapat memberi manfaat bagi anak yang baru
Belajar mengenal angka, huruf dan lain-lain. 
B. Saran
       Seharusnya, para pelajar hendaknya memehami bahwa mencari uang
Itu tidak mudah, dan seharusnya para remaja itu mengingat kewajibannya
Sebagai seorang pelajar, tetapi bermain game itu boleh saja, asal tidak
terlalu sering, sebaiknya para pelajar beralih ke membaca buku, majalah supanya menambah ilmu pengetahuan, belajar membaca buku pelajaran ataupun menonton tv dirumah tetapi menonton yang ada manfaatnya saja seperti : berita, edukasen, da’ i muda pilihan dan lainnya. 
Tapi menonton tv  harus tau jadwal  jamny, dan jangan menonton tv terus.
  
 LAMPIRAN
Tanggal: 22 Februari 2015.
      Wawancara I
1. Apakah anda pernah main game?
      Ya.
2. Biasanya berapa jam bermain game?
     2 jam
3. Berapa biayanya?
    Rp 2000 perjam jadi saya  Rp 4000
4.Apa bermain gme itu mengasyikkan?
    Ya.
5.Mengapa anda senang bermain game?
   Karena bosan di rumah.
6.Apakah orang tua anda yidak memarahi?
   Tidak.
7.Dalam satu mionggu berapa kali?
   1 kali.
8.Adakah keluhan bermain game?
   Tidak.
9.Dimana tempat bermain game? 
Bintang
10. Uang dari mana?
Uang saku dikumpulkan
11.Kalau tidak dikasih jadi main?
Gak jadi
12.Permainan apa saja yang sering anda mainkan?
Sepak bola
> Wawancara 2
1. Apakah anda pernah bermain game?
     Tidak.
> Wawancara 3
1. Apakah anda pernah bermain game?
    Ya.
2. Biasanya berapaa jam mainnya?
     1 jam
3.Berapa biaya perjamnya?
    Rp 2000.
4. Apakah bermain game itu mengasyikkan?
    Ya tentu.
5. Mengapa anda senang bermain game?
   Karena bosan di rum
 6. Apakah orang tua anda tidak melarang anda?
    Tidak
7. Dalam satu minggu berapa kali?
    Tidak pasti (jarang)
8. Adakah keluhan setelah bermain game?
    Tidak.
9. Di mana anda biasanya bermain game?
    Rental dekat rumah.
10. Uangnya dari mana?
     Orang tua.
11. Kalau tidak di kasih jadi main?
     Tidak.
12. Permainan apakah yang sering anda mainkan?
     GTA.
> Wawancara 4.
1. Apakah anda pernah main game?
    Ya.
2. Biasanya sampai berapa jam?
    Gak pasti.
3. Berapa biaya perjamnya?
     Geratis.
4. Apakah main game itu mengasyikkan?
Ya.
5. Mengapa anda senang bermain gme?
   Karena mengasyikkan.
6. Apakah orang tua anda tidak melarang anda?
   Tidak.
7. Dalam satu minggu berapa kali?
    2 kli.
8. Adakah keluhan  bermain game?
    Ada.
9. Dimana anda biasanya bermain game?
     Di rumah.
 10. Uang dari mana?
    Geratis.
11. kalau tidak di beri uang jadi main?
    Jadi kan di rumah .
12. Permainan apa yang anda mainkan?
     Super Mario.
> Wawancara 5.
1. Apakah anda pernah bermain game?
    Pernah.
2. Biasanya berapa jam?
   4 jam.
3. berapa biaya perjamnya?
   Rp 2.500
4. Apakah bermain game itu mengasyikkan?
    Ya.
5. Mengapa anda suka bermain game?
    Karena seru.
6. Apakah  orang tua anda tidak melarang anda?
    Kadang – kadang.
7. Dalam satu minggu berapa kali?
    1 bulan 2 kali.
8. Adakah keluhan bermain gme?
     Ada.
9. Dimana tempat anda bermain game?
   Rental dekat rumah.
10. Uang dari mana?
    Kakak saya.
11. Kalau tidak di kasih jadi main?
    Jadi iyuran sama teman .
12. Permainan apa yang anda mainkan?
    Sepak bola.
> Wawancara 6.       
1. Apakah anda pernah bermain game?
     Pernah.
 2. Biasanya sampai berapa jam?
     2 jam
3. Berapa biaya perjamnya?
    Rp 4000.
4. Apakah bermain game itu mengasykkan?
  Ya.
5. Mengapa anda  senang bermain game?
   Menghilangkan bosan.
6. Apakah orang tua anda tidak melarang anda?
    Tidak.
7. Dalam satu minggu berapa kali?
    1 kali.
8. Adakah keluhan bermain game?
   Tidak.
9. Di mana biasanya bermain game?
    Rental bintang.
10. Uang dari mana?
     Nabung.
11. Kalau tidak di beri jadi main?
     Tidak.
12. Permainan apa yang sering anda mainkan?
    Petualang, sepak bola, balap mobil..


> Wawancara7.
1. Apakah anda pernah bermain game?
    Penah.
2. Biasanya sampai berapa jam?         
    2 jam.
3. Berapa biaya perjamnya?
    Rp 2000.
4. Apakah bermain game itu mengasyikkan?
    Ya.
5. Mengapa senang bermain game?
    Menyenangkan.
6. Apakah orang tua anda tidak melarang?
   Ya.
7. Dalam satu minggu berapa kali?
   Sering.
8. Adakah keluhan bermain game?
    Ada
9. Dimana tempat anda bermain game?
    Rental bintang.
10. Uang dari mana?
     Orang tua.
11. Kalau tidak di beri jadi main?
     Jadi iyuran.
12. Permaina apa yang sering anda mainkan?
     Sepak bola.
> Wawancara 8.
1. Pernahkah anda bermain game?
     Pernah
2. Biasanya sampai berapa jam ?
    1 jam.
3. Berapa biaya perjamnya?
    Rp 2000.
4. Apakah main game itu mengasyikkan?
    Ya asyik.
5. Mengapa senang bermain game?
   Bosan di rumah.
6. Apakah orang tua anda tidak melarang anda?
    Ya.dimarahi.
7. Dalam satu minggu berapa kali?
    Jarang.
8. Adakah keluhan bermain game?
    Ada.
9. Di mana biasanya anda bermain game?
    Rental bintang.
10. Uangnya dari mana?
     Uang saku di kumpulkan.
11. Kalau tidak di kasih uang jadi main game?
    Gak jadi.
12. Permainan apa yang sering anda mainkan?
    Sepak bola.
 


DAFTAR PUSTAKA

http// cakrawalamaya.blogspot.com/2012/03/ pengertian game-hlml.
http// bahasa.kemdiknas.go.id/kbbi/ index.php.
keraf,gorys.1979.komposisi ende flores: Nusa Indah.
http// id.wikipedia.org/ wiki/ permainan.                                                           

Sumber http://www.teoripendidikan.com/

Belum ada Komentar untuk "CONTOH KARYA TULIS TENTANG DAMPAK BERMAIN GAME BAGI PELAJAR"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel