Teknik Mengoper Bola Pada Teman Yang Berada Di Muka Gawang Permainan Sepak Bola

Sering kali seorang pemain mendapatkan kesempatan untuk mencetak gol namun gagal karena tidak dapat memanfaatkan bola yang sedang dikuasai dengan baik, atau  kurangnya kerja sama dengan teman satu tim. Kesempatan untuk menembak bola di depan gawang merupakan kesempatan emas untuk mencetak gol. ini bisa dilakukan dengan menendang menggunakan kaki atau dengan sundulan kepala. Namun tendangan itu hanya didapat dilakukan bila ada operan  dari teman sendiri.

Untuk mempraktikkan operan bola yang baik, yang dapat melewati pertahanan lawan tidaklah mudah. Dibutuhkan keterampilan bekerja sama yang baik dengan teman satu tim. Keterampilan itu dapat dilatih ketika pemain sedang melakukan latihan. Agar ketika melakukan permainan yang sesungguhnya dapat mempraktikkan operan-operan di depan gawang untuk mencetak gol.

Latihan teknik mengoper bola pada teman yang berada di muka gawang  dapat dilakukan sebagai berikut:

  1. Orang yang akan memberi operan berdiri lebih kurang 15 meter dari orang yang akan diberi operan
  2. Teman yang akan mengoper harus menggunakan tendangan passing
  3. Sebelum melakukan operan pada temannya, di depan gawang kira-kira 5 meter  di tempat bola harus dibuat dinding buatan . Dinding itu terdiri dari dua bendera sudut yang di pasang pada sepotong kanvas atau material lain yang berukuran 6 X 8 meter.  Bila bola telah diterima dengan baik, maka bola dikontrol sedikit dan langsung ditendang. Ini bisa dilakukan berulang-ulang. Dan bila ini sudah baik, maka bola tidak harus jatuh terlebih dahulu, ketika bola masih melayang dan jatuh setinggi lutut bisa dilakukan tendangan voly di depan gawang. Artinya bola langsung ditendang tanpa menunggu bola jatuh di tanah atau tanpa menggunakan kontrol terlebih dahulu.
Untuk mematangkan keterampilan para pemain, latihan harus dilakukan secara berulang ulang baik tidak menggunakan rintangan maupun dengan menggunakan rintangan yang bertindak sebagai musuh. Untuk menjadi pemain sepak bola yang handal tidaklah mudah. Pemain-pemain yang telah ternama pun karena gigihnya latihan dengan pantang menyerah. Sekarang mereka telah memperoleh hasilnya yaitu menjadi pemain yang mahir dan punya nilai tawar yang tinggi.

Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Belum ada Komentar untuk "Teknik Mengoper Bola Pada Teman Yang Berada Di Muka Gawang Permainan Sepak Bola"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel