Teknik Dasar Smash Semi(Ketinggian Bola Sedang) Bola Voly


Smash dalam permainan bola voly adalah tindakan memukul bola yang diarahkan ke daerah lawan dengan kekuatan besar yang dilakukan dengan cara meloncat. Karena dipukul dengan kerasnya sehingga akan membuat lawan kesulitan untuk menerima bola. Untuk mencapai keberhasilan dalam melakukan smash diperlukan raihan yang tinggi dan kemampuan meloncat yang tinggi dan tepat dengan timing lambungan bola yang akan di smash. Ada beberapa macam smash dalam permainan bola voly menurut umpannya, yaitu;

  • Smash normal,
  • Smash semi,
  • Smash push,
  • Smash pull,
  • Smash pull jalan,
  • Smash pull straight,
  • Smash cekis,
  • Smash langsung, dan
  • Smash dari belakang.

Pokok bahasan kali ini adalah tentang teknik dasar smash semi atau smash dengan umpan bola ketinggian sedang. Cara melakukan latihan adalah:

  1. Lakukan langkah awal dengan kaki  kiri, meloncat dengan kedua kaki dengan serempak. 
  2. Jangan tergesa-gesa melangkah maju sebelum bola diumpan, sehingga pemain meloncat di bawah bola.
  3. Start awalan harus pas/tepat tidak terlalu awal atau terlambat
  4. Meloncat ke atas di bawah bola, sehingga pukulan bola tidak dapat keras dengan penuh tenaga (dinamakan smash semi)
  5. Menyempurnakan irama langkah pengembalian ancang-ancang menambah ketahanan meloncat ke atas berulang-ulang.
  6. Telapak tangan terbuka seperti akan menampar, jari jemari harus rapat jangan ada bercelah
  7. Sebelum mrnyrntuh bola siku dilengkungkan, sedangkan waktu menyentuh bola harus lurus, siku berada di atas pundak dan telapak tangan jauh berada di belakang badan.
  8. Waktu telapak tangan menyentuh bola (smash), kedudukan telapak tangan di muka badan sedikit.
  9. Dari kedudukan kita semula ke titik kita akan melakukan tidak terlalu banyak melangkah.
  10. Langkah terakhir (penting) sebelum melompat, harus cepat dan kuat. Bila kita melakukan smash dengan tangan kanan langkah pertama dilakukan dengan kaki kiri, dan sebaliknya. Langkah-langkah kecil untuk penyesuian , tidak sampai hitungan 2 – 3 langkah di sini.
  11. Kedudukan tangan ketika akan melompat berada sejauh mungkin di belakang badan, ini akan memberikan lompatan yang tinggi, dan ayunan ke depan ketika melompat akan meletakkan kedudukn tangan pada posisi memukul yang terbaik.
  12. Kebanyakan smash dilakukan dengan posisi badan agak miring ke kiri bagi yang memukul dengan tangan kirinya, ini adalah pukulan yang salah. Tangan harus berada sejajar dengan garis lurus badan kita. Kepala tidak boleh miring karena bahu juga tidak miring.
  13. Badan menghadap ke arah bola yang akan dipukul dan tangan terayun sejajar dengan garis lurus badan, tidak boleh menyilang pada lebar badan seperti yang sering dilakukan oleh pemula. Bentuk posisi tubuh disesuaikan  dengan ayunan tangan dan persiapan untuk mendarat setelah melompat.
 Smash dalam permainan bola voly adalah tindakan memukul bola yang diarahkan ke daerah law Teknik Dasar Smash Semi(Ketinggian Bola Sedang) Bola Voly



Itulah beberapa cara atau teknik dasar melakukan smash semi. Yang perlu diperhatikan adalah, ada beberapa kesalahan yang biasanya dilakukan oleh pemain saat melakukan samsh semi, yaitu:

  1. Tangan diputar sebelum memukul bola.
  2. Telapak tangan diayun-ayun seperti akan memukul bola, sebelum memukul bola yang sebenarnya.

Agar kita dapat memukul bola dengan tepat dan sesuai dengan posisi badan dan jarak yang benar. Maka kita harus menunggu bola umpan yang dilontarkan oleh toser. Sementara itu kita siap di titik awal langkah dan masu dengan cepat dan kuat yaitu 2-3 langkah ke titik loncat. Jangan meloncat terlalu panjang ke depan, karena selain mengurangi ketinggian loncatan kita, juga bola sudah dalam posisi menurun atau terlalu jauh dari tangan kita ketika bola tersentuh.

Kesalahan lain ketika melakukan loncatan pada smash semi adalah bola terlalu dekat dengan net, maka ketika melakukan pukulan, tangan menyentuh net atau diatas net namun melewati batas lapangan. Sedangkan loncatan yang berjarak pendek, bisa menambah tinggi loncatan dan kemungkinan menyentuh net dapat dihindari sekecil mungkin.


Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Belum ada Komentar untuk "Teknik Dasar Smash Semi(Ketinggian Bola Sedang) Bola Voly"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel