Teknik Dasar Latihan Kecepatan Bagi Pemain Sepak Bola

Hingga saat ini sepak bola adalah cabang olahraga yang paling banyak penggemarnya di seluruh dunia. Sepak bola adalah olahraga universal, sehingga dalam sepakbola tidak lagi mengenal gender, warna kulit, perbedaan strata sosial, agama, bahasa maupun negara. Sepabkola menjadi alat pemersatu perbedaan-perbedaan yang ada. Event-event penyelenggaraan sepak bola dimanapun dapat menjadi magnet bagi siapa saja untuk sekedar menyaksikan dan menikmati setiap ketegangan yang terjadi dalam pertandingan.

Namun untuk menjadi pemain sepak bola yang handal, haruslah mempunyai kemampuan kecepatan dan ketahanan fisik yang handal disamping kemampuan skill dalam memainkan bola dan strategi permainan. Kecepatan adalah suatu komponen terpenting bagi pemain sepak bola. Apalagi jika posisinya berada di ujung tombak atau straiker yang sering menerima umpan-umpan ke depan. Dia harus berpacu dengan kecepatan lari dengan pemain bertahan musuh yang akan merebut bola.

Hingga saat ini sepak bola adalah cabang olahraga yang paling banyak penggemarnya di selur Teknik Dasar Latihan Kecepatan Bagi Pemain Sepak Bola


Latihan-latihan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kecepatan pemain sepak bola adalah:

A. Lakukan pemanasan secara dinamis sebelum pelatihan

Sebelum melakukan latihan, lakukan pemanasan antara 10 – 15 menit. Tujuannya adalah untuk mempersiapkan fisik dan kelenturan tubuh anda pada saat melakukan latihan. Pemanasan dapat mengurangi resiko cedera.

B. Gerakan inti latihan kecepatan

Bagaimanakah cara meningkatkan kecepatan gerak?

Kecepatan gerak seseorang dapat dilatih dan ditingkatkan melalui latihan-latihan yang intensif dan terprogram.

Berikut ini bentuk-bentuk latihan untuk meningkatkan kecepatan gerak.
  1. Lari cepat dengan jarak 40 sampai 60 meter
  2. Lari dengan mengubah-ubah kecepatan (Dari  lambat dipercepat secara mendadak, kemudian melambatlagi, dipercepat lagi, dan seterusnya)
  3. Lari sprint berulang-ulang lima kali dengan jarak 10 meter
  4. Lari sprint berulangulang tiga kali dengan jarak 20 meter
  5. Lari sprint berulang-ulang dua kali dengan jarak 25 meter
  6. Lari naik turun bukit
  7. Lari menaiki tangga.
Latihan ini dapat dilakukan seminggu tiga sampai lima kali dan menambah kecepatan sprint. Latihan dapat dilakukan tidak atau sambil menggiring bola.

Untuk menjadi pemain sepak bola yang handal tidaklah terlepas dari kemampuan yang di sebut dengan DK5, yaitu daya tahan tubuh, kekuatan, kelentukan, kecepatan, dan kelincahan. Kelima faktor ini harus dimiliki para pemain untuk mengembangkan ke posisi puncak. Dari kelima faktor tersebut yang menarik untuk dikaji  adalah faktor kecepatan dan kelincahan. Meski kecepatan dan kelincahan ini dapat dibentuk dari dalam diri (pembawaan) atau dari luar diri (karena mampu mengkombinasikan dari segala teknik yang dimiliki).

Bila  teknik dasar di atas didukung dengan kelincahan dan kecepatan, maka semakin sempurna kemampuan seseorang. Sebagai contoh, kita lihat saja bintang-bintang sepak bola dunia Cristiano Ronaldo dan Leonel Messi. Keduanya, memiliki skill dan kecepatan di atas rata-rata, pengolahan dengan dan tanpa bolanya begitu memikat dan ditunjang dengan kelincahan dan kecepatan yang dimilikinya, meski sedang berada di depan sendirian mereka sangat sulit dihentikan oleh pemain bertahan lawan.

Tak dapat dipungkiri dalam permainan sepak bola, factor kecepatan ini menjadi masalah bagi siapapun pesepakbola saat ini. Pergerakan yang lambat menjadi kelemahan paling menonjol bagi pemain sepak bola. Untuk memperoleh kelincahan dan kecepatan dalam bermain sepakbola dengan baik diperlukan daya tahan yang baik pula. Semakin seseorang memiliki daya tahan tubuh yang kuat, maka semakin mudah pula kelincahan dan kecepatan itu diperoleh. Daya tahan, kelincahan dan kecepatan bisa didapatkan dengan melakukan  latihan yang rutin dan terprogram.


Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Belum ada Komentar untuk "Teknik Dasar Latihan Kecepatan Bagi Pemain Sepak Bola"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel